Semakin dewasa usia semakin banyak pula masalah yang datang menghampiri. Nah, kamu pernah enggak sih merasa jika urusan uang kadang jadi sumber hal yang membuat kamu galau? Mengelola uang memang gampang-gampang susah. Diperlukan strategi khusus supaya pengaturan uang berjalan dengan lancar.

Namun, dengan bantuan teknologi, kamu bisa banget manfaatkan berbagai macam aplikasi yang bisa membantu kamu mengatur keuangan pribadi kamu, agar tidak boros dan berujung membeli hal-hal yang enggak penting. Kali ini, Boombastis.com akan merekomendasikan 4 aplikasi pengatur keuangan yang bisa membuat kamu lebih hemat.

Money Lover – Money Manager

Money Lover [sumber gambar]
Everybody loves money, ga ada yang enggak suka uang. Bukan ya, bukan itu maksudnya. Money lover ini adalah salah satu aplikasi pengelola keuangan yang bisa mencatat pengeluaran harian kamu, para money lovers. Ada banyak sekali kemudahan yang ia tawarkan. Pertama, pastinya mencatat pengeluaran harian, selain itu, aplikasi ini bisa mengklasifikasikannya berdasarkan kategori, entah itu  makan, transportasi, dan lain sebagainya. Di Money Lover, kamu juga bisa membuat anggaran belanja/budget, mencatat pemasukan, hingga menganalisa pengeluaran yang paling besar berdasarkan kategori. Money Lover ini bisa kamu unduh secara premium atau gratis di Playstore ya, gais.

Monefy

Monefy [sumber gambar]
Aplikasi pengelola keuangan yang tak kalah bagus kedua adalah Monefy. Di Monefy ini kamu akan disugukan dengan visualisasi yang bagus, sehingga para pengguna akan betah menganalisa keuangan melalui aplikasi satu ini. Monefy juga dilengkapi dengan widget sehingga usernya bisa dengan sangat mudah mengatur keuangan hanya dari home screen. Mengklasifikasikan bentuk pengeluaran atau budget juga bisa lebih mudah, dan kamu bisa menyingkronkan datamu ke penyimpanan cloud Dropbox.

Finansialku

Finansialku [sumber gambar]
Finansialku ini merupakan aplikasi dari buatan anak bangsa yang sangat mudah untuk digunakan. Finansialku mempunyai fitur unggulan berupa rencana keuangan untuk keperluan seperti dana pendidikan hingga rencana membeli barang-barang tertentu. Saat menggunakan ini, kamu bisa mencatat transaksi yang kamu lakukan, bahkan menambah dokumentasi berupa foto atau lokasi transaksi. Enak banget kan, gak perlu dicatat lagi dalam buku. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis, ada pula versi premium dan langganan Rp35.000/bulan dan Rp350.000/tahun.

Uangku

Uangku [sumber gambar]
Uangku juga merupakan aplikasi pengatur keuangan yang dibuat oleh anak negeri. Aplikasi satu ini sangat cocok untuk kamu yang baru pertama kali belajar caranya mengatur keuangan. Dengan aplikasi ini, Sahabat Boombastis semua bisa mematok target tabungan dan pengeluaran selama satu bulan. Aplikasi ini juga bisa menghitung batas maksimal pengeluaran kamu. Jadi, kamu benar-benar bisa mencatat dan membuat rencana pemasukan atau pengeluaran di masa depan. Enak dan praktis bukan?

BACA JUGA: Beberapa Kemudahan yang Justru Bikin Boros!

Mengatur keuangan memang merupakan seni. Kalau misalnya kamu mengeluarkan uang tanpa punya rencana, maka yang terjadi adalah di awal bulan, baru gajian, kamu udah terasa bokek lagi. Padahal, kalau misalnya kamu punya cara unik dalam menghitung keluar masuk uang kamu, kamu akan bisa menabung dan enggak misqueen terus kok.