in

Bukti Nusantara Kaya Potensi Alam, Inilah 5 Api Abadi di Indonesia Setelah Mrapen Padam

Setelah sempat meredup kemudian padam meski kemudian menyala kembali, Api Abadi Mrapen yang terletak di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, dikabarkan telah padam total pada Jumat (25/9/2020).

Banyak pihak menduga penyebab padamnya api disebabkan oleh kegiatan pengeboran warga di sekitar yang tengah mencari sumber air baru, hingga memicu semburan gas. Meski Api Abadi Mrapen telah padam, Indonesia masih memiliki api lainnya yang tersebar di beberapa wilayah tanah air. Selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Keunikan Api Tak Kunjung Padam di Pamekasan, Madura

Pengunjung yang membakar jagung di area Api Tak Kunjung Padam, Madura [sumber gambar]
Di antara api abadi lainnya di wilayah Indonesia, Api Tak Kunjung Padam di Pamekasan, Madura ini terbilang unik lantaran bisa padam dan menyala pada kondisi tertentu. Api yang berasal dari dalam tanah itu akan padam jika tersiram oleh air hujan. Namun ketika guyuran telah berhenti, perlahan api akan kembali muncul dan mulai menyala secara perlahan.

Api Biru abadi di Kawah Ijen Banyuwangi yang menjadi tujuan wisata

Pemandangan eksotis di api biru Kawah Ijen [sumber gambar]

Api biru Ijen atau Ijen Blue Fire merupakan salah satu api abadi yang terkenal di Indonesia. Lokasinya menjadi salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan. Mereka yang hendak menikmati pemandangan spektakuler dari api biru di Kawah Ijen, biasanya datang menjelang matahari terbenam atau hari telah gelap. Dari kejauhan, api terlihat sangat indah dengan warna biru yang berkilauan.

Api abadi Sungai Siring Samarinda yang pernah digunakan pada PON 2008

Ilustrasi api abadi [sumber gambar]
Api abadi Sungai Siring Samarinda yang terletak di Dusun Bambu Kuning, Samarinda, Kalimantan Timur, merupakan salah satu andalan pariwisata pemerintah setempat yang sangat khas di seantero Pulau Kalimantan. Api abadi ini juga pernah digunakan sebagai sumber dari api untuk nyala obor di perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII pada 2008.

Api abadi Bekucuk di Mojokerto yang sarat akan legenda

Fenomena kolam di Desa Bekucuk yang juga pernah menimbulkan nyala api [sumber gambar]
Berikutnya adalah Api abadi Bekucuk yang sarat akan kisah-kisah legenda di masa lampau. Sumber api yang ditemukan pada tahun 1993 itu berada di Dusun Bekucuk, Desa Tempuran, Mojokerto, Jawa Timur. Menurut kisah-kisah yang ada, Api abadi Bekucuk muncul dari dasar tanah di sebuah kolam dan dipercaya telah ada sejak zaman kerajaan Majapahit. Api abadi tersebut diyakini kerap digunakan untuk menempa keris dan pusaka.

Api abadi Kayangan yang eksotis

Api abadi kayangan Api [sumber gambar]
Selain Api abadi Bekucuk di Mojokerto, ada pula Api Abadi Kayangan yang terletak di Jawa Timur. Tepatnya di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro. Seperti api abadi pada umumnya, nyalanya berasal dari sumber gas alam yang keluar dari tanah. Api abadi Kayangan ini juga pernah digunakan sebagai nyala obor Pekan Olahraga Nasional (PON) XV Jawa Timur pada tahun 2000 silam.

BACA JUGA: Tak Pernah Padam, Ini 4 Fakta Api Abadi Mrapen yang Digunakan dalam Pawai Asian Games

Padamnya Api Abadi Mrapen tentu sangat disayangkan oleh banyak pihak. Selain nilai historis yang berada di baliknya, api tersebut juga kerap digunakan untuk berbagai acara dan seremonial penting. Mulai dari Pesta Olahraga Internasional Ganefo pada 1 November 1963, Pekan Olahraga Nasional (PON) XVI di tahun 1996, dan upacara Hari Raya Waisak bagi umat Buddha.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Pria Ini Dijuluki ‘Malaikat Tak Bersayap’ karena Diam-diam Lunasi Tagihan Pasien di RS

Mulai Diakui dan Diresmikan, Negara-negara Muslim Ini Pilih Berdamai dengan Israel