in

Begini Reaksi dan Komentar Anak-Anak Amerika Saat Jajal Menu Khas Indonesia

Meski tidak sepopuler makanan Italia atau Prancis yang dianggap dewanya kuliner di seluruh dunia, namun makanan Indonesia cukup punya pamor di mata internasional. Beberapa jenis makanan Indonesia kerap disebut sebagai yang terlezat di dunia karena kekayaan rasa yang berasal dari aneka rempah.

Banyak pula tokoh internasional, entah itu pejabat atau artis yang berkunjung ke Indonesia dan ternyata jatuh cinta dengan kuliner khas Nusantara. Barack Obama, menjadi salah satu orang terkenal yang dengan terang-terangan menunjukkan kesukaannya pada beberapa makanan Indonesia seperti nasi goreng dan sate.

Berbagai jenis makanan Indonesia [Image Source]
Selain kedua menu tersebut, rendang juga menjadi salah satu makanan Indonesia yang dianggap bertaraf dunia dan mampu bersaing dengan kuliner dari negara lain. Bahkan beberapa media kuliner menahbiskan rendang sebagai hidangan ternikmat yang ada di jagat raya.

Uniknya, penilaian berbeda ternyata datang dari anak-anak Amerika yang mencicipi beberapa menu sarapan khas Indonesia. Jika kebanyakan orang dewasa bisa beradaptasi dengan bahan-bahan dan juga rempah khas Indonesia, anak-anak ini ternyata justru tidak doyan bahkan ada yang merasa jijik. Semua ini terekam dalam sebuah video berdurasi 6 menit 45 detik yang diunggah oleh akun WatchCut Video.

Akun ini sering menampilkan berbagai reaksi anak-anak Amerika ketika mencoba menu makanan dari berbagai belahan dunia. Hasilnya, komentar polos dan apa adanya pun terlontar dari mulut anak-anak ini. Simak yuk, apa kata mereka tentang menu-menu sarapan khas Indonesia berikut ini.

Bubur Ayam

Bubur Ayam [Image Source]

Makanan pertama yang disajikan dalam video ini adalah semangkuk bubur ayam, lengkap dengan irisan cakue, suwiran ayam, taburan daun bawang, serta kerupuk. Penampilan dan aroma bubur ayam yang gurih ternyata cukup menarik minat anak-anak Amerika dalam video tersebut. Tapi ternyata, hampir semuanya mengaku bahwa bubur ayam sangat tidak enak karena teksturnya yang lembek dan berair. Sebagian besar dari mereka justru hanya menikmati irisan cakue yang disajikan di atas bubur ayam tanpa mau melanjutkan menyantap buburnya.

Gado-gado

Gado-gado [Image Source]
Gado-gado dikenal sebagai salad khas Indonesia dan banyak disukai oleh masyarakat dari berbagai banyak negara. Selain karena banyaknya sayur dan dilengkapi protein nabati yang menyehatkan berupa tahu serta tempe, saus kacang yang ada di gado-gado juga dianggap sangat unik. Namun sayangnya, anak-anak Amerika dalam video tersebut kebanyakan mundur duluan saat melihat sepiring sayuran dan juga potongan tahu tempe yang disiram bumbu kacang. Lucunya, banyak di antara mereka yang tidak pernah tahu apa itu tahu dan tempe.

Nasi goreng

Nasi Goreng [Image Source]
Nasi goreng memang bukanlah kuliner yang 100 persen asli Indonesia, sebab kabarnya nasi goreng pertama kali ada di dataran Cina dan kemudian terbawa hingga ke Indonesia oleh para pelancong di zaman dahulu. Namun nasi goreng Indonesia memiliki karakterisitik tersendiri dengan banyaknya rempah yang digunakan. Dalam video tersebut, disajikan sepiring nasi goreng lengkap dengan telur mata sapi setengah matang dan juga irisan tomat serta mentimun. Namun ternyata, sebagian besar anak-anak Amerika yang ada di dalam video itu bisa menikmati hidangan yang mereka anggap normal dibanding 2 makanan sebelumnya.

Dadar gulung

Dadar Gulung [Image Source]
Dadar gulung merupakan jajan pasar khas Indonesia yang banyak ditemukan di pulau Jawa. Terbuat dari adonan tepung dan air yang dibentuk menyerupai telur dadar lalu diisi dengan unti atau kelapa manis, dadar gulung biasanya jadi camilan favorit untuk menemani kopi di pagi hari. Kulit dadar gulung yang berwarna hijau muda karena diberi sari pandan rupanya cukup menarik perhatian anak-anak Amerika dalam video tersebut. Beberapa di antara mereka tampak jijik saat menyentuh kulit dadar gulung yang lembap, namun setelah mencobanya, ternyata hampir semuanya mengaku suka dan ketagihan!

Dari 4 makanan khas Indonesia tersebut, tampaknya hanya dadar gulung yang bisa diterima dengan baik oleh lidah anak-anak Amerika itu. Tapi tak perlu berkecil hati, sebab ternyata anak-anak tersebut bereaksi tak jauh berbeda saat mencicipi berbagai menu dari negara-negara Asia lainnya. Mungkin hal tersebut disebabkan karena banyaknya bahan dan rempah yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya.

Video ini sendiri telah ditonton sebanyak lebih dari 1 juta kali dan mendapat cukup banyak komentar dari orang asing. Sebagian besar di antara mereka mengaku pernah mencoba beberapa menu dalam video tersebut dan mengatakan bahwa rasanya sangat enak, terutama untuk nasi goreng. Mungkin anak-anak ini perlu dibawa ke Indonesia dan cobakan rendang. Pasti bakal nagih tuh!

Written by dwiandika

Leave a Reply

Inilah Makna Mendalam dari Warna Seragam Sekolah Indonesia, Jangan Asal Corat Coret!

9 Permainan Super Menyenangkan Cuma Bermodalkan Kertas dan Pulpen Ala Anak 90-an