in

5 Alasan Kenapa Perang Antara Amerika Serikat dan Iran Seharusnya Tidak Perlu Terjadi

Meningkatnya eskalasi konflik antara AS dan Iran semakin membuat kedua negara besar itu kian terjerumus dalam sebuah peperangan di babak awal. Iran yang marah atas kematian Jenderal Qassem Soleimani, membalasnya dengan menembakkan sembilan roket pada basis tentara AS di pangkalan udara Irak.

Peristiwa ini seakan membuat dunia khawatir akan terjadinya Perang Dunia III, yang jauh-jauh hari telah ramai menjadi spekulasi oleh banyak pihak. Mundur ke era PD I dan PD II, peristiwa tersebut justru membuat manusia di belahan Barat dan Timur bumi ini menderita. Maka dari itu, inilah alasan kenapa PD III tak perlu terjadi.

Perang besar yang akan mempengaruhi harga minyak dunia

Ilustrasi kilang minyak lepas pantai Iran [sumber gambar]
Serangan balasan berupa tembakan roket Iran pada basis AS di pangkalan udara Irak, menyebabkan harga minyak dunia mengalami kenaikan. Dilansir dari CNCBCIndonesia.com (o8/01/2020), angkanya melejit dari US$ 2,51 ke US$ 65,21 atau naik 4%. Jika peran benar-benar terjadi, tentu hal ini akan semakin memperparah harga minyak dunia. Di mana ada banyak negara (termasuk AS), yang membutuhkan pasokan ’emas hitam’ itu dari wilayah Timur Tengah.

Konflik antara AS dan Iran yang bisa menyulut peperangan baru di wilayah lainnya

Ilustrasi konflik antara Israel dan Palestina [sumber gambar]
Banyak pihak yang berspekulasi bahwa konflik antara AS dan Iran menjadi awal mula dari PD III. Dikhawatirkan, peristiwa tersebut akan berpengaruh hingga ke wilayah lainnya jika memang benar-benar terjadi. Seperti yang terjadi saat ini, ada banyak negara yang masih bertikai satu sama lainnya, seperti Israel dan Palestina yang juga saling adu senjata satu sama lain.

Amerika Serikat akan mengalami defisit keuangan yang luar biasa

Ilustrasi perekonomian AS bakal defisit [sumber gambar]
Seperti yang kita ketahui, AS merupakan negara yang getol menggelontorkan dana besar demi membiayai peperangannya. Salah satunya adalah konflik di Irak dan Afghanistan, yang membuat Negeri Paman Sam itu menghabiskan dana US$ 604 miliar sepanjang 2001-2007. Bahkan Menurut laporan Badan Anggaran Kongres AS yang dikutip dari CNBCIndonesia.com (24/06/2019), jumlah itu bisa bertambah menjadi US$ 1,05 triliun hingga tahun 2017 jika perang masih berlanjut.

Perekonomian dunia bakal terpuruk jika perang AS melawan Iran terjadi

Ilustrasi perekonomian dunia kolaps akibat perang AS dan Iran [sumber gambar]
Disebutkan di awal, harga minyak dunia yang naik dan keterpurukan ekonomi AS akibat perang dengan Iran tentu akan berimbas ke mana-mana. Hal ini dikhawatirkan terjadi karena negeri Paman Sam tersebut merupakan acuan ekonomi dunia lewat mata uang dollar miliknya saat ini. Jika semua harga naik, secara otomatis negara-negara yang tak ikut konflik akan terkena dampaknya.

Tragedi kemanusiaan di masa PD I dan PD II terancam akan terulang kembali

Korban Perang Dunia II [sumber gambar]
Salah satu hal terpenting dari sebuah peperangan adalah, adanya tragedi kemanusiaan berupa ribuan nyawa melayang. Tak hanya pasukan militer dari kedua negara yang bertikai, tapi juga rakyat yang bakal ikut menjadi korbannya. Terlebih, baik AS dan Iran sama-sama memiliki senjata nuklir yang notabene bisa mempercepat terjadinya ‘kiamat’ jika digunakan dalam perang.

BACA JUGA: 5 Senjata Perang ini Membuat Iran Jadi Negara yang Paling Ditakuti

Di mana-mana, peperangan tentu membawa dampak buruk bagi negara yang terlibat di dalamnya. Terlebih di era modern seperti saat ini, pemerintahan AS yang dikendalikan Donald Trump tentu akan berpikir keras jika hendak menyerang Iran. Selain berdampak pada kemanusiaan dan ekonomi, negeri Para Mullah itu juga tak mudah ditaklukkan karena sama-sama memiliki ‘Kartu AS’ berupa senjata nuklir yang siap diluncurkan kapan saja.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Luka Bakar Sampai Juru Kupas, Begini Cerita Pahit Juri MasterChef Indonesia di Masa Lalu

Melihat Tradisi Tingkok yang ‘Memesan Pengantin’ dari Kalimantan untuk Dijadikan Istri