in

Hindari Gonta-ganti Kartu SIM, Sebelum 5 Hal Mengerikan Ini Merusak Ponselmu

Zaman sekarang, internet menjadi kebutuhan yang paling diutamakan untuk setiap orang. Dengan begitu, semua operator berlomba-lomba untuk menyediakan kartu perdana harga murah disertai kuota yang melimpah. Sehingga para pengguna internet sekarang rela untuk berganti kartu SIM setiap kuotanya ludes. Padahal, berganti kartu perdana terlalu sering itu enggak baik lho Sahabat Boom.

Pasti kalian bertanya-tanya kenapa berganti nomor itu tidak baik. Sebenarnya, dampaknya bukan ke penggunanya kok Sahabat Boom. Efeknya lebih ke ponsel kesayangan kita. Seperti di bawah ini contoh akibat keseringan ganti-ganti kartu perdana.

1. Dudukan kartu bisa mengalami kerusakan

Dudukan kartu SIM longgar [Sumber Gambar]
Nyawa dari ponsel adalah kartu perdana. Yap, kalau tidak ada kartu SIM secara otomatis ia tidak akan bisa dihubungi siapapun. Lalu tidak bisa melakukan apa-apa terutama internetan. Hal ini akan terjadi kalau dudukan kartu sering digunakan untuk mengganti perdana. Benda tersebut akan mengalami yang namanya kelonggaran dan lama-lama tidak bisa digunakan untuk meletakkan kartu perdana. Sayang banget kan kalau sudah begitu? Kuota udah banyak tapi soket kartunya enggak bisa digunakan. Kalau begini harus buang uang lagi kan?

2. Kartu SIM enggak bisa terbaca di ponsel

Kartu SIM tidak terbaca [Sumber Gambar]
Masalah kedua yang akibatnya fatal adalah kartu perdana tidak bisa untuk dibaca. Ini juga akibat dari dudukan kartu yang sudah longgar tadi. Mau dicoba beberapa kali sampai tanganmu patah, juga tidak akan bisa terbaca. Dudukan kartu sudah terlanjur rusak sehingga tidak bisa diapa-apakan lagi. Ya solusinya sih hanya dengan dibawa ke tempat servis saja. Jadi kalau enggak mau ini terjadi pada handphone kalian, kegiatan berganti kartu jangan dilakukan lagi ya Sahabat Boom.

3. Ponsel juga akan lebih sering restart sendiri

HP sering restart sendiri [Sumber Gambar]
Mungkin beberapa dari kita pasti pernah mengalami yang namanya hp restart sendiri. Tapi itu adalah hal yang sangat biasa terjadi pada ponsel karena hp pasti ada masa lelahnya. Namun, kalau hp sudah terlalu sering mati dan nyala sendiri sih perlu dicurigai Sahabat Boom. Karena kalau sudah seperti itu, bisa jadi ini pengaruh dari terlalu seringnya berganti nomor pada ponsel kesayangan kalian. Sehingga sebisa mungkin, hentikan mulai sekarang kebiasaan itu.

4. Baterai juga bakal kena dampaknya

Baterai bisa mengalami kerusakan [Sumber Gambar]
Bukan hanya dudukan kartu yang kena dampak dari keseringan ganti kartu SIM. Tapi ternyata baterai juga terkena efek buruknya. Semakin sering handphone dibongkar pasang selama hidupnya, baterai akan mengalami kerusakan. Mulai dari yang cepat panas sampai dayanya lebih boros dari biasanya. Nah, tapi ada lagi yang lebih fatal dari ini yaitu baterai akan membengkak. Baterai yang menggembung merupakan momok bagi semua orang. Karena jika baterai sudah begini, kita sudah harus menggantinya. Atau yang lebih parahnya lagi kalau memakai baterai tanam, wah bisa ganti ponselnya sekalian.

5. Kartu SIM juga mengalami kerusakan lain

Kartu SIM mengalami penipisan [Sumber Gambar]
Kartu perdana selain enggak bisa terbaca, ia juga punya dampak buruk lain. Efeknya adalah kartu SIM akan mengalami yang namanya penipisan. Ini disebabkan gesekan akibat ganti kartu yang dilakukan secara terus menerus. Biasanya nih, kartu yang seperti itu akan langsung hancur Sahabat Boom. Emang sih kita bisa membeli kartu perdana yang baru, tapi kalau itu nomor utama bagaimana? Kita akan kehilangan kontak yang tersimpan di kartu SIM.

Itulah dampak buruk yang terjadi jika kita terlalu sering ganti kartu Sahabat Boom. Memang sih efeknya tidak ke diri kita secara langsung, tapi enggak mau juga kan ganti ponsel hanya karena masalah tersebut? Jadi, sebisa mungkin hindari berganti kartu terlalu sering ya. Karena ini demi keawetan handphone juga, biar kita tidak sampai merogoh kocek lebih dalam lagi.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Sempat Berjaya di Lapangan Hijau, Kabar 5 Pemain Ini Menggemparkan Publik

Dikenal Nyentrik, Kisah Perjalanan Hidup Mak Bongky Ini Sangat Menyayat Hati