in

Masih Berani? Pijat Sembarangan Bisa Mengakibatkan 5 Hal Ini

Kalau badan sudah pegal-pegal, apa yang bakal kalian lakukan? Hmm.. pasti enggak jauh-jauh dari yang namanya pijat. Yup, pijat ini selalu jadi alternatif tercepat supaya badan segar kembali seperti semula. Daripada ke dokter yang harus merogoh kocek dalam-dalam. Belum lagi diwajibkan membeli obat-obatan yang jumlahnya bejibun.

Memang, pijat adalah suatu kenikmatan yang hakiki. Namun kalian perlu tahu kalau sebenarnya ada dampak buruk dari pijat tersebut. Tapi, efek ini hanya akan berlaku ketika pijat dilakukan secara sembarangan.

Pijatan leher di salon yang bisa berujung lumpuh saraf

Kabar mengejutkan datang dari pria asal India bernama Ajay. Di tahun 2017 lalu, dirinya sempat viral di media sosial lantaran lelaki berusia 54 tahun tersebut merasakan sesak nafas setelah dipijat leher di barbershop. Setelah dibawa ke rumah sakit, pihak medis memberitahu bahwa Ajay mengalami cedera serius pada lehernya.

Ilustrasi pijat leher di salon [Sumber Gambar]
Sehingga merusak saraf frenikus yang berfungsi untuk mengendalikan diafragma. Dr Anand Jaiswal, Direktur Respiratory and Sleep Medicine di Medanta dan juga selaku dokter yang menangani Ajay mengatakan, kalau pria tersebut harus menggunakan ventilasi non-invasif untuk bantuan pernapasan. Dan parahnya, Ajay harus memakai alat bantu tersebut selama hidupnya.

Injak punggung yang bisa berakibat fatal

Mungkin Sahabat Boombastis waktu kecil dulu suka banget disuruh ayah untuk menginjak punggungnya. Ini dilakukan supaya pegal-pegal di punggung menghilang. Tapi apa kalian tahu kalau sebenarnya teknik penghilang pegal satu ini bisa berbahaya jika dilakukan sembarangan?

Pijat injak punggung [Sumber Gambar]
Menurut Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (SpKFR), Arif Soemarjono, teknik ini memang bisa menghilangkan rasa pegal di punggung. Namun perlu digarisbawahi kalau injak punggung juga harus dilakukan dengan teknik yang benar. Jika dilakukan ala kadarnya, teknik ini bisa menyebabkan tulang punggung bergeser lho. Serem enggak tuh?

Pijat di tempat refleksi yang belum tentu terjamin keamanannya

Siapa di sini yang suka pijat di tempat refleksi? Lebih baik dari sekarang, kalian perlu lebih hati-hati untuk memilih tempat pijat yang terbaik. Jangan cuma gara-gara namanya terkenal, Sahabat Boombastis jadi percaya di sana. Masalahnya, kita tak pernah tahu apakah orang yang memijat benar-benar tersertifikasi atau tidak.

Pijat di tempat refleksi [Sumber Gambar]
Dulu sempat ada peristiwa yang menimpa perempuan muda bernama Siska. Ia telah menghabiskan dana sebesar Rp17 juta untuk terapi di klinik chiropractic. Bukannya lebih enak, Siska merasa kalau tubuhnya seperti ada yang tak beres. Setelah diperiksa, ternyata pembuluh darah di bagian leher Siska pecah akibat pijatan tadi. Nah, ketika ditelusuri lebih dalam, pemijatnya yang bernama Randall Cafferty tidak mempunyai izin praktik resmi di Indonesia.

Pijat yang ternyata malah memperparah luka

Di Indonesia, patah tulang kerap kali disembuhkan dengan cara dipijat terlebih dulu. Ini dilakukan supaya kaki atau tangan tak terasa sakit lebih lama. Selain itu, agar tulang bisa segera menyatu lebih cepat kata tukang pijat.

Pijat cedera [Sumber Gambar]
Namun, pernyataan tersebut sepertinya perlu kita buang jauh-jauh dari sekarang. Dilansir dari laman detik.com, ada seorang pemain bola yang tak mau disebutkan namanya pernah mengalami patah tulang. Ia akhirnya memutuskan untuk menyembuhkan melalui cara tradisional. Tapi ternyata, tulang yang patah itu menjadi hancur dan ketika sembuh tidak tumbuh dengan benar.

Pijat perut bisa membuat tubuh keracunan

Beberapa orang mungkin menyukai pijat di perut. Namun, kalian perlu hati-hati karena jika dilakukan sembarangan, bisa membuat tubuh keracunan. Pada awalnya memang hanya merasakan ngilu dan sakit sedikit. Tapi biasanya rasa tidak nyaman tersebut akan terus terjadi beberapa hari setelahnya.

Pijat perut [Sumber Gambar]
Nah, efek tersebut terjadi dikarenakan racun sudah mulai beraksi. Dikutip dari laman hellosehat.com, racun ini berasal dari tekanan pada perut yang memicu produksi limbah berlebihan pada sistem pencernaan. Sehingga menyebabkan peradangan mengarah ke nyeri, bengkak dan kelemahan pada otot.

BACA JUGA : Tak Boleh Asal Pijat, Bagian Tubuh Satu Ini Bisa Menjadi Penyebab Stroke

Cara tradisional ini memang memberikan efek nyaman pada tubuh. Namun ada baiknya untuk melakukan pijat di orang yang sudah terpercaya. Sebisa mungkin sudah tersertifikasi agar tubuh kita aman dari segala cedera.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Jadi Imam Masjid Sejak Usia 12, Begini Kisah Syekh Ali Jaber yang Hijrah ke Nusantara

Masih Ingat Lalu Muhammad Zohri? Beginilah Kabarnya Setelah Asian Games 2018