in

Jangan Sepelekan Layar Smartphone Retak Kalau Tak Ingin 5 Bahaya ini Mengancammu

Smartphone udah menjadi barang yang wajib dibawa oleh setiap orang ke manapun. Dari pergi ke luar rumah sampai masuk kamar mandi barang ini tetap tak lepas dari tangan sang pemilik. Dari hal inilah yang menyebabkan smartphone sering terjatuh dan terjun bebas tanpa pamitan dari penggunanya. Ya tak heran jika ponsel pintar mengalami keretakan parah pada layarnya.

Tapi banyak orang yang tetap setia menggunakan smartphone layar retaknya. Tak peduli dengan layarnya, yang penting ponsel tetap bisa berjalan lancar seperti biasa. Padahal banyak dampak negatif loh kalau masih memaksa menggunakan ponsel pintar yang berlayar retak.

1. Efek buruk bagi ibu jari

Ibu jari terluka [image source]
Dalam memakai ponsel dengan layar retak itu punya beberepa efek yang sangat buruk bagi penggunanya. Salah satunya berdampak pada ibu jari kalian yang setiap hari menyentuhnya. Walaupun pada awalnya nggak menimbulkan efek apapun, tapi ternyata seiring berjalannya waktu bisa membuat ibu jari sahabat boom terluka. Ini disebabkan layar smartphone tak rata lagi dan pasti ada bagian yang tajam. Apalagi bagi kalian yang suka bermain game, risiko ini akan lebih besar untuk terjadi. Jadi kalian nggak mau kan jarinya terluka hanya gara-gara ini?

2. Nggak hanya jari, mata juga jadi sasaran

Mata bisa rusak jika terus dipaksakan [image source]
Dari awal sih pakai smartphone saja sudah banyak risikonya terutama pada mata. Ponsel yang digunakan terus menerus dengan jarak yang terlalu dekat membuat mata dipaksa untuk bekerja. Itu aja yang smartphonenya normal, apalagi kalau yang layarnya retak. Pecahan yang ada pada layar pasti membuat pandangan pengguna menjadi terganggu. Nah, dari situ aja sudah bisa dipastikan kalau mata harus lebih bekerja ekstra keras untuk melihatnya. Jika ini dilakukan terus menerus, mata kalian bisa cepat rusak sahabat boom.

3. Smartphone juga bakal kena dampaknya

Bisa kemasukan air dan debu [image source]
Apa kalian tau kalau sebenarnya layar smartphone berfungsi sebagai pelindung? Iya, benda satu ini berguna untuk memproteksi komponen penting yang ada di dalam ponsel pintar. Nah, bisa kalian bayangkan sahabat boom kalau pelindungnya sudah berantakan bagaimana dampaknya. Pastinya akan memiliki efek buruk untuk komponen yang ada di dalam smartphone. Biasanya efeknya berupa kemasukan air atau debu yang bisa menyelinap ke bagian dalam ponsel. Hal ini bisa mengganggu kinerja dari smartphone dan akhirnya ponsel kalian menghembuskan nafas terakhir.

4. Ada juga efek lain yang nggak kalah bahaya bagi smartphone

Adanya kerusakan di komponen bagian dalam [image source]
Merasa aman kalau layar smartphone retak tapi masih bisa berjalan dengan sempurna? Jangan sepelekan hal ini sahabat boom. Walaupun seperti nggak terjadi apa-apa, tapi belum tentu di dalamnya baik-baik aja. Coba kalian fikir, kalau ponsel jatuh sampai retak pasti ada benturan cukup keras mengenai komponennya dong. Kalau ini dibiarkan terus menerus, smartphone kalian tidak akan berumur panjang.

5. Efek buruk juga berdampak pada kondisi psikis kalian

Diejek karena layar smartphone rusak [image source]
Membawa ponsel dengan layar retak ke mana-mana menyebabkan stres sendiri. Ingin membeli baru tak mampu, tapi pengen diperbaiki juga harganya setara dengan ganti smartphone. Jadi mau tak mau harus mempertahankan smartphone tersebut. Di sisi lain juga ada yang membuatmu lebih stres, yaitu ejekan dari teman-teman. Mulai dari wallpaper keren, tema download di mana dan lain sebagainya. Hmm.. jadi apa harus dipertahankan smartphone layar retak ini?

Beberapa alasan di atas adalah contoh kalau menggunakan smartphone dengan layar retak harus dihindari. Itu karena bisa berdampak buruk bagi pemilik dan ponsel itu sendiri. Jadi sebaiknya jika smartphone kalian retak, harus segera dibawa ke tukang servis. Nah, tapi kalau ingin ponsel kalian baik-baik saja ya jangan bertindak ceroboh. Hati-hati dalam memegang maupun meletakkan hp kalian di tempat yang aman.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Inilah 5 Alasan yang Membuat Sri Mulyani Layak Dinobatkan Sebagai Menteri Terbaik Dunia

Kisah Cinta Abadi dan Kesetiaan Widyawati yang Tak Pudar Meski Sang Suami Telah Tiada