in

Inilah 5 Bencana yang akan Terjadi Pada Handphonemu kalau Gunakan Charger Palsu

Mengisi baterai ponsel sudah pasti kita lakukan setiap hari. Apalagi yang mempunyai ponsel pintar biasanya enggak cukup sehari sekali untuk mengecasnya. Tapi di dalam mengecas baterai HP biasanya orang-orang tak mempedulikan charger apa yang dipakai. Mereka menganggap semua charger sama saja, asalkan ponsel kesayangannya terisi dengan baik. Tak peduli charger tersebut KW atau abal-abal, yang penting bisa digunakan.

Nah, dalam mengecas baterai menggunakan charger KW  sebenarnya banyak banget risikonya. Itu karena perangkat pengisi baterai tersebut terkadang kapasitas dayanya tak sesuai dengan HP yang dimiliki. Kalau terus menerus memakai charger enggak orisinal alias abal-abal, akibatnya bisa begini lho.

1. Baterai akan cepat menutup usia

Baterai bisa membengkak [Sumber Gambar]
Setiap baterai yang ada di suatu benda pasti memiliki usia masing-masing. Salah satunya adalah baterai pada ponsel. Benda tersebut akan berkurang umurnya ketika charger yang dipakai memiliki voltase lebih rendah dibandingkan alat pengisi orisinal. Ya, walaupun charger KW memiliki waktu mengisi lebih cepat daripada pengisi yang asli, itu tetap enggak baik Sahabat Boom. Efeknya tetap jelek bagi kesehatan baterai. Lama-kelamaan, baterai membengkak dan akhirnya tidak bisa untuk dipakai kembali. Jadi, jangan sampai deh baterai kalian rusak cuma gara-gara hal sepele ini.

2. Komponen yang ada di dalam ponsel juga berada di ambang kehancuran

komponen ponsel bisa rusak [Sumber Gambar]

Siapa bilang kalau mengecas memakai charger KW efeknya hanya ke baterai saja? Sebenarnya dampak buruk juga diterima oleh komponen yang ada di dalam ponsel lho. Pengisian daya yang berasal dari charger palsu tidak akan berjalan secara sempurna. Sehingga komponen yang ada pada ponsel mengalami keausan. Nah, kalau sudah terjadi seperti ini dan enggak cepat dibawa ke tempat servis, HP bisa-bisa tidak dapat diisi kembali walaupun dengan charger yang asli sekalipun.

3. Baterai yang selalu merasa kenyang saat diisi

Baterai tidak bisa diisi penuh [Sumber Gambar]
Ada efek lagi yang berdampak kepada baterai ketika rutin menggunakan charger KW. Itu adalah baterai yang tidak bisa diisi penuh seperti dulu. Biasanya yang paling full adalah sekitar 80 sampai 90% saja. Walaupun sudah diisi berjam-jam, tetap saja tidak mau bertambah. Ada juga kalau dibiarkan mengisi terlalu lama, daya baterai akan berkurang dengan sendirinya. Oleh karena itu, jangan coba-coba untuk menggunakan charger KW.

4. Ponsel juga akan mengalami yang namanya mati suri

HP bisa mengalami bootloop [Sumber Gambar]
Penggunaan charger KW memang pengaruhnya sangat banyak sekali untuk kesehatan ponsel. Salah satunya adalah handphone yang selalu mati dan menyala dengan sendirinya. Hal tersebut bisa terjadi karena komponen dalam HP sudah ada yang aus sehingga tidak dapat berfungsi normal seperti biasanya. Bagi yang mengalami hal ini, sebaiknya segera dibawa ke tempat servis. Kalau terus dibiarkan, ponsel akan mengalami yang namanya bootloop atau hanya bisa menyala sampai menampilkan merk saja.

5. Dampak paling menakutkan ya yang satu ini

Ponsel bisa meledak [Sumber Gambar]
Pasti di antara kalian pernah melihat berita tentang ponsel yang meledak? Ya, kejadian tersebut adalah salah satu dampak dari penggunaan charger palsu. Biasanya meledaknya handphone terjadi ketika charger yang dipakai voltasenya lebih tinggi dari kapastitas daya aslinya. Jadi, ketika baterai diisi terus menerus menggunakan charger palsu, benda tersebut akan kelebihan muatan arus dan membuat ponsel menjadi meledak. Tuh, bahaya banget kan akibat dari pemakaian charger abal-abal itu.

Dengan dampak pemakaian charger KW yang telah dipaparkan, sudah sangat jelas kan Sahabat Boom kalau itu sangat berbahaya. Bukan bahaya untuk ponselnya aja, tapi bagi penggunanya pun juga. Jangan asal bisa mengisi daya handphone saja, tapi perhatikan juga efek bagi ponselnya. Sehingga, biasakan mulai sekarang untuk menggunakan charger bawaan HP supaya tidak terjadi hal-hal yang enggak diinginkan. Pasti enggak mau kan buang-buang uang untuk beli ponsel baru lagi?

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Misteri Terpecahkan! Inilah Alasannya Mengapa Mencium Bau Bensin Itu Bikin Nagih

Demi Bantu Masalah Sosial, 4 Barang Pejabat Ini Dilelang dengan Harga Merakyat