in

5 Fakta Daud Yordan, Sosok Petinju Kebanggaan Indonesia dengan Prestasi yang Mendunia

Nama-nama besar di dunia tinju Indonesia seperti Elyas Picall, Muhammad Rachman, dan Chris Jhon, adalah mereka yang banyak dikenal publik karena prestasinya di atas ring. Namun di antara para legenda tersebut, ada satu nama yang juga mencatatkan prestasi yang luar biasa bagi dunia tinju nasional.

Ya, sosok tersebut adalah Daud Yordan, petinju kelahiran Ketapang, Kalimantan Barat pada 10 Juni 1987. Tak hanya berjaya di dalam negeri, sederet juara bergengsi di pentas internasional juga berhasil direngkuhnya satu persatu. Seperti apa sosoknya? Simak ulasannya berikut ini.

Sukses mengukir prestasi yang menjadi rekor terbaru bagi dunia tinju Indonesia

Selama menjalani karir sebagai petinju profesional, sosok Daud Yordan sukses merengkuh berbagai gelar di level internasional. Bahkan, prestasi tersebut membuat dirinya sukses memecahkan rekor sebagai petinju pertama di Indonesia, yang keluar sebagai juara di tiga tingkatan berbeda, yakni super IBA, WBO Oriental, dan kelas bulu ringan versi badan tinju IBO sekaligus.

Deretan juara di level internasional yang membuat nama Daud Yordan semakin harum

Daud Yordan memegang piala usai menjuarai sebuah pertandingan [sumber gambar]
Sabuk WBO Asia-Pacific Youth merupakan gelar internasional pertama yang diraih Yordan pada 17 Mei 2007 silam. Saat itu, dirinya berhasil menyudahi perlawanan petinju Filipina, Reman Salim. Masih di tahun yang sama, ia juga berhasil sabuk kelas bulu WBO Asia-Facific di Jakarta, dengan mengalahkan Damian David Marchiano asal Argentina.

Anak petani karet yang memulai karirnya tinjunya dari bawah

Daud Yordan saat berlatih [sumber gambar]

Dilansir dari Viva.co.id, Daud Yordan merupakan anak dari pasangan suami istri petani karet, yakni Hermanus Lay Tjun yang berdarah Indonesia-Tionghoa dan Nathalia yang berasal dari suku Dayak. Pria berwajah oriental itu pertama kali mengenal tinju pada usia 6 tahun dari sang kakak, Damianus Yordan, yang juga menjadi pelatih pertamanya.

Sukses menumbangkan petinju andalan Rusia saat bertanding di sana

Sederet prestasi Daud Yordan di kancah Asia hingga Amerika Serikat, membuatnya mendapat kesempatan untuk menantang petinju asal Rusia, Pavel Malikov. Tak disangka, pertandingan tersebut ditutup dengan kemenangan Daud dan membuat dirinya naik peringkat di kelas ringan WBA. Padahal, saat itu dirinya bermain di Yekaterinburg, Rusia yang merupakan kandang lawan.

Sosok petinju hebat yang jadi andalan Indonesia di kancah internasional

Daud Yordan dengan sabuk juaranya [sumber gambar]
Sepanjang karir profesionalnya, Daud tercatat telah mengantongi 10 gelar internasional dan banyak menumbangkan petinju-petinju hebat di luar negeri. Menurut catatan yang dikutip dari Boxrec.com, atlet dengan nama alias ‘Cino’ itu membukukan 40 kemenangan dengan 28 di antaranya lewat KO (knockout), dan 4 kali kalah (3 TKO dan 1 KO).

BACA JUGA: Harumkan Nama Indonesia, 5 Petinju Indonesia Ini Sukses Capai Level Internasional

Melihat deretan prestasinya di atas, tak salah bila Daud Yordan merupakan petinju berbakat yang akan jadi bintang selanjutnya. Terlebih, sosok Ellyas Pical dan Chris Jhon telah menggantungkan sarung tinjunya. Semua mata pun tertuju pada Daud Yordan sebagai bintang tinju Indonesia yang selanjutnya.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

4 Teror Hewan Paling Menakutkan Sepanjang 2019, Harimau Hingga Kobra Turun ke Pemukiman

Mau Wajah Glowing Tanpa Keluar Banyak Biaya, Begini Loh Caranya