in

Mengenal Kisaeng, Para Wanita Penghibur di Korea Zaman Kerajaan

Pakaian Kisaeng [Image Source]

Jika di Jepang ada Geisha, maka di Korea mengenal Kisaeng. Sekilas keduanya memang mirip, sama-sama bekerja sebagai penghibur. Namun ada beberapa hal yang membedakan antara Geisha dengan Kisaeng.

BACA JUGA:5 Negara Asia ini Dikenal Dunia Sebagai Penghasil Banyak Wanita Cantik

Kisaeng bisa juga disebut dengan gisaeng atau ginyeo. Kisaeng merupakan sebutan untuk para wanita yang bekerja sebagai penghibur di Korea pada masa Dinasti Goryeo dan Dinasti Joseoan.

Pekerjaan Kisaeng

Kisaeng bekerja untuk menghibur raja dan bangsawan dan memiliki status legal dari pemerintah. Sama seperti Geisha, Kisaeng juga sangat terlatih dalam bidang seni. Tapi disamping itu mereka juga mengerjakan hal umum lain seperti tenaga kesehatan. Pada masa dinasti Goryeo dan Joseon, wanita dari kelas bangsawan tidak boleh diperiksa oleh seorang dokter pria. Karena itulah Kisaeng dilatih untuk memberikan perawatan terhadap wanita kelas bangsawan.

Pakaian Kisaeng [Image Source]
Pakaian Kisaeng [Image Source]
Kisaeng juga memiliki peranan penting dalam konsep budaya tradisional Korea. Beberapa cerita paling tua dan populer seperti Chunhyangjeon menceritakan tentang seorang kisaeng sebagai tokoh utama. Meski nama asli kisaeng sering kali terlupakan, beberapa dari mereka masih diingat karena karya, kemampuan, atau kesetiaan mereka.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

5 Peristiwa Bersejarah di Dunia ini Bisa Menjadi Film yang Sangat Hebat

HL

Sudah Pernah Nonton? 5 Variety Shows Korea Terpopuler yang Menyedot Perhatian Dunia