in

4 Fakta Kandungan ‘Racun’ dalam Air Zam-zam yang Malah Bikin Badan Jadi Sehat

Kita mungkin sudah akrab dengan air zam-zam yang dipercaya punya seribu manfaat. Bagaimana tidak, pasalnya sumber air yang ada di Mekkah ini menjadi saksi mukjizat nabi Ismail AS di dunia. Oleh sebab itu bukan hal yang aneh kalau banyak ilmuwan yang ingin menelitinya untuk membuktikan keajaiban yang ada.

Namun siapa sangka kalau air zam-zam ini sempat terbukti mengandung racun loh. Bahkan sempat jadi perdebatan dunia lantaran banyak ilmuwan saling mengemukakan pendapatnya. Lalu apakah air zam-zam ini benar berbahaya, atau sebaliknya menyembuhkan peminumnya? Simak ulasan berikut.

Kasus racun arsenik dalam air zam-zam yang sempat viral

Berita mengenai air zam-zam yang mengandung arsenik di Inggris tentunya sempat bikin dunia heboh. Bagaimana tidak, pasalnya air suci dari tanah Mekkah itu sudah dipakai oleh umat Islam sejak dulu bahkan jadi oleh-oleh wajib ketika bertandang ke sana. Dugaan paling awal merujuk pada penjualan yang sembarangan di Inggris, sehingga kemungkinan dicampur dengan senyawa lainnya.

Air zam-zam [sumber gambar]
Namun setelah diteliti lebih lanjut ternyata benar kalau kebanyakan air zam-zam memang mengandung arsenik seperti yang diberitakan. Tentu kejadian ini sempat menjadi pro dan kontra di masyarakat mengingat air yang satu ini sangat disakralkan oleh para muslim di seluruh dunia.

Penelitian lebih lanjut oleh organisasi dunia tentang air zam-zam

Mendengar berita mencuatnya mengenai kandungan arsenik pada air zam-zam pun akhirnya membuat organisasi dunia jadi ikut turun tangan. Akhirnya WHO pun mengabil beberapa sempel dari air yang dianggap suci oleh umat Islam ini. Beberapa dari toko di Inggris, sebagian langsung dari Mekkah.

Diteliti oleh WHO [sumber gambar]

Hasilnya pun masih sama, ada kandungan nitrat dan arsen dalam air zam-zam ini. Menurut WHO sendiri arsen merupakan zat yang disebut karsinogenik yaitu yang dapat menyebabkan kanker pada tubuh manusia. Namun tentu dalam takaran tertentu, makin tinggi maka akan bertambah resiko terkena penyakitnya, oleh sebab itu mesti hati-hati.

Sebuah jurnal ilmiah membuktikan kalau ‘racun’ zam-zam adalah penyembuh

Uniknya sebuah jurnal ilmiah malah membuktikan kalau adanya kandungan arsen dalam zam-zam malah jadi penyembuh dalam tubuh. Tepatnya dalam jurnal milik Shomar B. Chemosphere, 2012 Institute of Earth Sciences, University of Heidelberg menjelaskan kalau arsen tidak sendiri, ada zat kalium (K), kalsium (Ca) dan juga Li.

University of Heidelberg [sumber gambar]
Adanya Li dan Arsen ini bukannya memberikan racun dalam tubuh, sebaliknya malah jadi sebuah penyembuh atau healing power. Oleh sebab itu tak perlu dikhawatirkan lagi mengenai air zam-zam yang mengandung arsen beracun, pasalnya malah ‘racun’ yang disebut-sebut berubah jadi penawar penyakit. Mungkin ini adalah salah satu keistimewaan dari air suci dari Mekkah ini.

Penelitian lain mengenai kelebihan air zam-zam

Sebelumnya telah banyak penelitian yang dilakukan mengenai air zam-zam ini, dan dilakukan oleh banyak ahli. Semisal Hamdi Saif dari Alexandria University yang mengatakan kalau air ini mempunyai keseimbangan elektrolit dan mineral esensial yang baik untuk tubuh. Bahkan bisa menyembuhan penyakit ginjal dan jantung, masalah mata, migrain, dan sejumlah kondisi kronis lainnya.

Kehebatan zam-zam [sumber gambar]
Pun demikian dengan Dr. Ahmad Abdul-Qaadir al-Muhandiss yang mengungkapkan air ini tanpa warna dan bau, punya rasa khusus, dan mengandung hidrogen 7,5, dan sedikit banyak mengandung alkalin yang bisa menyehatkan tubuh. Begitu pula WHO meskipun sempat menemukan adanya arsen di dalamnya namun tetap menilai baik untuk kesehatan.

Mungkin itu adalah sebuah kelebihan dari air zam-zam yang selama ini dikatakan. Bukan hanya untuk tubuh namun juga pikiran. Ya, sebagai umat Islam air yang satu ini memang sangat disakralkan karena berhubungan dengan kisah nabi Ismail AS.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Meriam Hingga Calo, Inilah 4 Budaya Unik Berbuka Puasa yang Cuma Ada di Timur Tengah

Masjid Si Pitung, Tempat Ibadah Kebanggaan Betawi yang Dipercaya Dibangun dalam Sehari