in

Xin Zhui, Mumi yang Dianggap Paling ‘Cantik’ oleh Para Peneliti Meski Sudah Ribuan Tahun

Mumi menjadi salah satu  jejak sejarah yang menyimpan banyak misteri. Pasalnya jasad yang diawetkan oleh orang di masa lalu ini, disebut bisa mengungkap banyak hal yang terjadi di zaman itu. Oleh sebab itu, banyak peneliti yang rela pergi ke Mesir hanya untuk menelitinya, karena memang di sanalah banyak ditemukan mumi dari peradaban kuno.

Namun siapa sangka, di China juga ada mumi juga. Bahkan di negara tirai bambu itu sampai ada mumi yang disebut paling ‘cantik’ di dunia. Lalu kenapa bisa disebut seperti itu? Biar gak penasaran, simak ulasan berikut ini.

Siapa sebenarnya Xin Zhui ini?

Xin Zhui, juga dikenal sebagai Lady Dai, adalah salah satu putri bangsawan China kuno. Dilansir dari laman Kompas, dirinya hidup pada zaman dinasti Han. Dirinya ternyata juga punya seorang suami yang berasal dari golongan bangsawan pula yang bernama Li Cheng. Bersama dengan sang suami, dirinya menguasai daerah Dai yang saat ini bernama Changsa.

Rekonstruksi Xin Zhui [sumber gambar]
Xin Zhui sendiri berasal dari klan yang dianggap berpengaruh pula, hal itu dibuktikan dari nama marga ‘Xin’ yang  dia pakai. Dirinya diketahui punya seorang pewaris yang berjenis kelamin laki-laki, namun sayang tidak tercatat dalam catatan sejarah dan membuatnya masih misterius sampai sekarang.

Diketahui punya kehidupan yang mewah

Layaknya para bangsawan pada umumnya, Lady Dai ini juga lekat dengan kehidupan yang mewah. Dirinya diketahui suka jamuan makam malam yang super enak, orkestra musik, parfum super wangi, dan pelayanan kelas satu ala bangsawan-bangsawan.

Mumi Xin Zhui [sumber gambar]

Salah satu hobi yang paling dikenal dari sosok bangsawan China yang satu ini adalah doyan melakukan kuliner. Banyak sekali jenis makanan tak biasa yang dikonsumsi oleh bangsawan zaman dulu, begitu pula dengan Xin Zhui. Diketahui kalau dia pernah mengonsumsi daging angsa, burung pegar, serta daging anjing. Namun siapa sangka, justru karena kegemaran inilah yang membuat dirinya harus segera menjemput ajalnya.

Hobi yang membawa petaka

Satu hal yang umum ditemui oleh para bangsawan kaya adalah penyakit karena konsumsi makanan mewahnya. Ya seperti itu pula yang dialami oleh Lady Dai ini, yang ternyata setelah diteliti dari jasadnya, meninggal karena banyaknya komplikasi dalam tubuhnya. Dilansir dari laman Kompas, ada kolesterol tinggi, batu empedu kronis, hingga penyumbatan pembuluh darah karena lemak yang membuatnya semakin parah.

Keadaan mumi [sumber gambar]
Bahkan peneliti berhasil mengungkapkan penyebab kematiannya setelah otopsi, yaitu serangan jantung. Ya, karena kebiasaan konsumsi makan yang buruk dan jarang bergerak, membuat Lady Dai ini harus menghembuskan nafasnya di usia yang terbilang muda, sekitar 50 tahunan.

Dianggap mumi paling ‘cantik’ yang pernah ada

Ada yang unik dengan Xin Zhui ini, karena meninggal dirinya dimakamkan sekaligus dimumikan. Namun yang unik, dirinya dinobatkan sebagai mumi paling ‘cantik’ karena keadaan jasadnya yang lumayan bagus. Meskipun wajahnya tidak utuh seperti dulu, namun bagian dalam tubuhnya seperti pembuluh darah dan organ masih sangat bagus.

Patung Xin Zhui [sumber gambar]
Hal ini ternyata tidak terlepas dari teknik pemumian masyarakat China zaman dulu, yang mencapurkan banyak ramuan khusus. Selain itu dirinya dimakamkan dalam peti empat lapis dan banyak pembatas disekitarnya. Hal inilah yang membuat jasadnya jadi lumayan bagus karena udara dan air tidak masuk dalam petinya. Selain itu, cairan yang digunakan memumikannya tadi, membuat bakteri tidak bisa menghancurkan tubuhnya. Kini  tubuh Xin Zhui sudah direkontruksi ulang  jadi sebuah patung sebagai penghormatan. 

BACA JUGA: Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui

Penemuan mumi Xin Zhui tahun 1971 ini sebenarnya sebuah penelitian yang hebat. Pasalnya, dengan ini kita bisa mengetahui bagaimana kehidupan orang zaman dulu. Dengan itu diharap kita belajar dan diambil hikmahnya untuk menyongsong masa depan. 

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Bikin Heboh Dunia, Ini 5 Fakta Matahari Bakal Terbit dari Barat Akibat Pembalikan Magnet

Nekat Terobos Kamar Pengantin, Ini 5 Kisah Heboh Pernikahan yang Didatangi Mantan Pacar