in

10 Tempat Wisata Terunik yang Hanya Ada di Indonesia

Untuk masalah destinasi wisata, Indonesia adalah rajanya di kawasan Asia Tenggara. Sayangnya, wisata yang ada di Indonesia kebanyakan masih sangat mainstream. Sebut saja pantai yang ada di Bali atau Lombok. Selain di Indonesia, pantai indah juga bisa ditemukan di Thailand atau bahkan negara-negara di kawasan Eropa.

Sebenarnya, Indonesia memiliki banyak sekali wisata yang unik dan satu-satunya di dunia. Destinasi ini tidak bisa ditemui di negara lain sehingga layak untuk di-blow up agar banyak orang mengetahuinya. Oh ya, inilah tempat wisata di Indonesia yang benar-benar unik dan tidak akan kamu temui di belah bumi mana pun.

1. Danau Kakaban

Danau Kakaban [image source]
Danau Kakaban [image source]
Danau Kakaban adalah danau air tawar yang benar-benar unik dan tidak bisa ditemukan di kawasan lain di seluruh dunia. Di danau ini, kamu akan menemukan banyak sekali ubur-ubur yang tidak beracun. Ya, ubur-ubur ini telah terjebak di sini selama ribuan tahun sehingga racunnya hilang sehingga kamu bisa mencebur dan berenang di dalam sana. Saat ini, Danau Kakaban yang terletak di Kepulauan Derawan mulai dijadikan destinasi andalan yang mampu mengungguli Raja Ampat di Papua.

2. Kawah Ijen

blue fire, Ijen [image source]
blue fire, Ijen [image source]
Tempat wisata yang menawarkan kawah mungkin sudah banyak ditemui di banyak negara, termasuk Indonesia. Namun, kawah yang mampu memancarkan cahaya biru saat dini hari hanya ada di Ijen, Banyuwangi, Indonesia. Di kawah Ijen, kamu bisa melakukan dua aktivitas yang menarik. Pertama melihat blue fire saat dini hari dan yang kedua trekking sembari melihat para penambang yang lalu lalang tanpa lelah dengan batu belerang yang sangat besar.

3. Danau Toba dan Samosir

Pulau Samosir [image source]
Pulau Samosir [image source]
Yang menyebabkan Danau Toba menjadi sangat unik dan tidak bisa disamai oleh danau lain di dunia adalah adanya pulau di tengahnya. Di tempat ini, kamu bisa menjelajahi danau yang sangat luas sembari memancing atau mendarat di Pulau Samosir dan menikmati kearifan lokal dari para penduduk yang ada di dalam sana. Oh ya, saat mengunjungi tempat ini, jangan lupa nguliner karena makanan di sini dikenal unik dan nikmat.

4. Pulau Komodo

Pulau Komodo [image source]
Pulau Komodo [image source]
Penetapan Pulau Komodo sebagai salah satu dari seven wonder terbaru bukanlah tanpa sebab. Pulau ini sangat eksotis dan indah di setiap sudutnya. Kamu bisa menemukan spot menarik yang berisi komodo, kadal raksasa yang hanya ada di Indonesia. Selain komodo, kamu bisa mendapatkan pantai dengan pasir berwarna pink yang sangat indah. Mengunjungi Pulau Komodo akan memberikan pengalaman berharga kepada siapa saja termasuk para traveler asing yang rela datang jauh-jauh.

5. Tanjung Puting

Tanjung Puting [image source]
Tanjung Puting [image source]
Tanjung Puting adalah sebuah taman nasional yang di dalamnya banyak terdapat orangutan yang sangat menakjubkan itu. Saat mengunjungi Tanjung Puting, kamu bisa melakukan tur selama tiga hari. Pada sesi tur ini, kamu akan dibawa mengelilingi kawasan hutan sambil menyusuri sungai yang sangat lebar. Puas dengan pemandangan hutan serta orang utan yang kadang muncul, kamu bisa datang ke penangkaran untuk memberi makan satwa yang sudah langka itu.

6. Gunung Kelimutu

Kelimutu [image source]
Kelimutu [image source]
Keunikan dari Gunung Kelimutu adalah adanya tiga buah danau kawah pada puncaknya. Danau ini memiliki warna yang berbeda dan selalu berubah seiring dengan berjalannya waktu. Kadang berwarna hijau, hitam, hingga biru tergantung kandungan air dan juga pengaruh cuaca. Oh ya, bagi penduduk setempat, danau ini merupakan tempat arwah untuk pulang. Tidak heran, masyarakat di sini sangat menghormati Gunung Kelimutu yang kawahnya super unik ini.

7. Pemakaman Trunyan

Desa Trunyan [image source]
Desa Trunyan [image source]
Mengunjungi Bali tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Desa Trunyan. Di tempat ini, kamu tidak akan menemui objek wisata menarik seperti di Kuta atau Seminyak, tapi sebuah pemakaman tradisional yang sangat mengerikan. Di tempat ini, orang yang meninggal dunia tidak dikubur di dalam tanah. Mereka dibiarkan begitu saja di atas tanah dengan ditutup kain putih dan di sekelilingnya ditutup kayu. Meski dibiarkan mengurai di atas tanah, bau dari mayat sama sekali tidak tercium. Kawasan ini tetap segar karena bau dari mayat diserap oleh pohon Taru Menyan.

8. Kubur Bayi (Passiliran)

Kubur Bayi [image source]
Kubur Bayi [image source]
Masih tentang pemakaman, kali ini kita meloncat ke Tana Toraja. Di sini ada satu tempat unik bernama Kambira yang memiliki pohon untuk pemakaman bayi. Mereka yang meninggal sejak kecil dan belum memiliki gigi akan dikubur di dalam pohon Tarra. Pohon ini dipilih karena memiliki kandungan getah yang sangat tinggi. Masyarakat setempat menganggap bahwa getah ini adalah pengganti susu dari ibunya. Penguburan dengan cara ini dianggap mengembalikan bayi ke rahim ibunya untuk kelak dilahirkan kembali.

9. Kawah Dieng

Kawah Dieng [image source]
Kawah Dieng [image source]
Berbeda dengan kawah Ijen yang memiliki blue fire, kawah Dieng justru memiliki kawah yang bisa berpindah-pindah. Pada periode waktu tertentu, lontaran uap panas dan material vulkanik berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Tidak heran, kawah ini dinamai Sikidang yang diambil dari nama hewan Kidang (Rusa) yang suka melompat dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat. Kawah Sikidang menjadi daya tarik tersendiri meski lokasinya berada di dataran tinggi yang sangat dingin.

10. Gua Gong

Gua Gong [image source]
Gua Gong [image source]
Gua Gong yang terletak di Pacitan, Jawa Timur terlihat indah tidak hanya karena stalaktit dan stalakmitnya yang mengisi ruangannya. Tapi juga karena banyaknya batuan yang bisa menggaungkan bunyi. Setiap batuan dipukul, bunyinya yang menyerupai gong akan terdengar dengan sangat nyaring dan menggema. Dari batuan yang bisa dijadikan gong inilah guna ini mulai terkenal dan saat ini menjadi salah satu destinasi andalan yang ada di kawasan Pacitan.

Sepuluh tempat di atas memiliki keunikan yang susah ditemui di negara lainnya. Jadi, sebelum kamu punya obsesi untuk traveling ke banyak tempat di dunia, kenapa enggak mengunjungi 10 tempat di atas. Kalau bule saja rela jauh-jauh untuk datang, harusnya kita yang berada di Indonesia bisa lebih antusias untuk mendatanginya. Ya, enggak?

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Pusaka Raja-Raja Nusantara Ini Diburu Banyak Orang Karena Memiliki Kesaktian Luar Biasa

Snake Pit, Metode Hukuman Paling Menyakitkan yang Pernah Ada