in

Mars Tiruan Sampai Gunung Melayang, Destinasi Aneh Ini Hanya Akan Ditemukan di Tiongkok

Negara paling unik di Asia selain Jepang? Jawabannya jelas Tiongkok. Di negara ini, kamu bisa menemukan banyak hal luar biasa yang enggak akan kamu temukan di negara lain. contohnya saja, mie Panjang umur yang hanya dimakan pada waktu tertentu saja, ulang tahun yang dirayakan sepuluh tahun sekali, tukang cukur yang ada di mana-mana serta banyak hal lain yang enggak kalah absurd.

Meski begitu, Negeri Panda ini selalu ramai kunjungan turis, tak lain karena ia punya destinasi wisata yang beragam dan terkenal, seperti Great Wall. Sisi lainnya, jelas pasti ada wisata unik yang enggak bakalan kamu temukan di manapun, dari yang aneh hingga esstrem. Berikut Boombastis merangkum untuk Sahabat semua.

Mars ala-ala yang ada di Gurun Gobi

Hidup di Mars nampaknya memang sesuatu yang mustahil. Walaupun begitu, sudah banyak penelitian yang mengatakan jika planet tersebut memiliki sedikit kesamaan dengan bumi yang kita huni saat ini. Tapi, jika kamu memang sangat ingin mencoba mampir ke Planet Mars, kamu mungkin perlu berwisata ke Gurun Gobi. Berjarak sekitar 49 Km dari Kota Jinchang, Gurun itu disulap ala-ala Mars, penciptanya sendiri adalah perusahaan media dan pemerintah di Provinsi Gansu.

Mars KW versi China [Sumber gambar]
Saat berwisata, pengunjung akan merasakan sensasi berada di planet asing. Di sini ada Monolith, sebuah kawah dan gua. Ada pula tempat yang dikhususkan untuk melatih para astronaut. Pokoknya, rasa menjelajah luar angkasanya akan sangat terasa.

Gunung Melayang, destinasi indah tapi super ekstrem

Kalau kamu pernah melihat film Avatar, maka kamu pasti tau dong kalau di sana ada pegunungan melayang? Ternyata, film tersebut terinspirasi dari salah satu tempat di Tiongkok yang juga dinamakan dengan Gunung Melayang. Melayang di sini bukan dalam arti sebenarnya ya, hanya karena posisinya yang berada di ketinggian ribuan meter saja, sehingga terlihat seperti negeri atas awan. Destinasi ini adalah perbukitan batu di Zhangjiajie.

Gunung Melayang Tiongkok [Sumber gambar]

Untuk menuju tempat tersebut kamu harus melalui jalanan paling mengerikan, berada di atas ketinggian 1.041 mdpl dengan medan berkelok dan tikungan tajam. Memang sih bikin takut, tapi saat sudah berada di atas, kamu akan merasakan ketakutanmu terbayar sudah.

Toilet warna-warni yang ada di tempat wisata

Di balik keindahannya, ternyata Tiongkok merupakan negara yang paling banyak polusinya dan kotor. Beberapa tempat wisata punya fasilitas umum yang buruk. Contohnya saja toiletnya. Yang Sahabat lihat berwarna pink itu adalah tempat buang hajat. Ya, memang tanpa atap dan seseorang bisa saja mengintip dari atas bukit yang tak jauh dari sana.

Toilet di tempat wisata [Sumber gambar]
Makanya, tak heran jika ada yang sengaja membeli payung, agar aktivitas mereka tidak diketahui oleh orang lain. uniknya lagi, di gambar bagian kanan, sekilas tampak seperti bangunan bergaya Eropa (Taman Güell) kan, ternyata hanyalah tempat itu hanya sebuah toilet.

Terowongan Guoliang yang menembus dinding gunung

Tak jauh beda dengan akses jalan menuju Gunung Melayang, di Xinxiang ada sebuah terowongan yang dibuat menembus gunung. Terowongan yang dari atas tampak indah tersebut adalah jalan menuju sebuah desa kecil di Tiongkok. Dibangun pada tahun 1977, prosesnya sama sekali tidak menggunakan alat berat, melainkan digalih secara manual. Dibuat sepanjang 1,2 kilometer dan lebar sekitar 6 meter, terowongan ini tetap bisa dilalui oleh pejalan kaki, motor, bahkan bus sekalipun.

Terowongan maut [Sumber gambar]
Bahayanya, jika tidak hati-hati saat melewatinya, kamu bisa saja terjatuh ke jurang dengan kedalaman 120 meter. Nah, di sisi lain, tempat ini adalah wisata terfavorit para turis yang berkunjung ke Tiongkok.

BACA JUGA: 5 Fakta Kekuatan Militer Tiongkok Ini Harus Diwaspadai Indonesia

Sebenarnya, bukan empat itu saja wisata unik yang hanya akan kamu temukan di Tiongkok. Ada banyak destinasi lain yang enggak kalah seperti Gua Mogao atau Budha Raksasa Leshan. Mungkin nanti Boombastis.com akan membahas tempat indah tersebut di lain kesempatan. Jika kamu pernah mengunjungi destinasi unik atau absurd, silahkan beri komentar di bawah ya.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

5 Nasihat Menggetarkan dari Soeharto yang Relevan dengan Kondisi Indonesia Pada Saat Ini

Di Balik Avengers Endgame, Kisah-kisah Inspiratif Stan Lee Ini Bisa Digunakan di Kehidupan