in

Wajib Dikunjungi! 5 Pesona Surga Tersembunyi dari Kota Gudeg yang Bikin Liburan Tambah Seru

Indahnya bebatuan karang di Pantai Watu Lumbung [Sumber gambar]

Apa kata yang paling tepat untuk mendeskripsikan kota Yogyakarta? Setiap orang tentu punya kesan masing-masing ketika mengunjungi Jogja, dan pastinya semua bilang ‘Jogja itu istimewa dan ngangenin’. Ya, bagaimana tidak, kota gudeg ini menyimpan banyak sekali objek sejarah –karena memang pernah menjadi ibukota Indonesia, serta gudangnya kuliner enak.

Di samping itu, Jogja juga menawarkan panorama yang luar biasa indah, tak heran jika setiap sudutnya dipenuhi oleh turis lokal dan mancanegara. Nah, kali ini Boombastis akan membahas mengenai wisata yang bisa dikunjungi saat mampir di Jogja. Kabar baiknya, wisata kali ini adalah destinasi yang jarang dikunjungi oleh banyak orang alias masih asri. Yuk, langsung simak ulasannya!

Air terjun dua warna Kedung Pedut

Air terjun dua warna Kedung Pedut [Sumber gambar]
Mungkin kamu jarang sekali melihat ada air terjun dua warna, tapi jika mau melihat pemandangan yang luar biasa cantik ini, kamu bisa mengunjungi Air Terjun Kedung Pedut di Kulonprogo. Dari atas, aliran air terjun ini berwarna jernih dan hijau tosca, sedangkan di bawahnya aliran air menghasilkan kolam yang bisa dibuat pemandian. Berada di sini akan sangat menyenangkan karena lokasinya yang tersembunyi dan belum banyak dikunjungi orang. Spot air terjun ini baru saja resmi dibuka pada awal tahun ini, jadi buruan deh kunjungi!

Berburu sunset dari Puncak Suroloyo

Berburu sunset dari Puncak Suroloyo [Sumber gambar]

Kalau ke Jogja enggak usah jauh-jauh mendaki merapi untuk bisa menikmati sunset dan sunrise, kamu bisa pergi ke Puncak Suroloyo. Terletak di Pegunungan Menoreh, Kulonprogo, DIY, dari gardu pandang empat gunung akan terhampar di depan mata: Merbabu, Sindoro, Sumbing, serta Merapi. Sebagai tambahan, jika beruntung kamu bisa melihat bagaimana megahnya Candi Borobudur yang ketika sedang ditutupi hamparan awan. Tetapi, ada harga untuk keindahan tersebut, kamu harus menaiki 290 anak tangga untuk sampai ke puncaknya. Lumayan juga kan?

Indahnya perut bumi dari cave tubing di Kalisuci

Indahnya perut bumi dari cave tubing di Kalisuci [Sumber gambar]
Jika Goa Pindul tak pernah sepi pengunjung, Kalisuci ini kebalikannya Sahabat semua. Kamu bisa puas berwisata susur goa dan menyelami keindahan di perut bumi dengan hanya modal budget 70 ribu. terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Kalisuci sendiri adalah nama yang disematkan karena ada mata air yang sangat jernih, sekalipun air sungai mengeruh saat musim hujan tiba. Pesona stalagtit dan stalagmit akan memanjakan mata dan membuatmu tak berhenti berdecak kagum.

Indahnya bebatuan karang di Pantai Watu Lumbung

Indahnya bebatuan karang di Pantai Watu Lumbung [Sumber gambar]
Pantai memang pelarian terbaik untuk mengembalikan hati menjadi rileks dan tenang. Kalau biasanya kamu menemukan pantai dengan ombak tenang, pasir putih, serta bisa berenang, maka tidak dengan  Pantai Watu Lumbung. Ia menyajikan ombak menantang serta karang-karang yang tajam. Namun, justru itulah daya tarik dari tempat tersembunyi di Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, DIY ini. Lanskap yang ia tawarkan termasuk unik dan menunjukkan sisi lain dari deretan eksotisme laut pantai selatan. Mungkin inilah yang disebut anti-mainstream!

Candi Sambisari saksi peradaban Hindu Kuno

Candi Sambisari saksi peradaban Hindu Kuno [Sumber gambar]
Salah satu napak tilas sejarah dari Hindu kuno adalah Candi Sambisari yang terletak di Kecamatan Kalasan, Sleman, DIY. Namanya mungkin memang terdengar asing karena ia baru ditemukan pada tahun 1966, oleh seorang petani di kawasan yang dulunya merupakan persawahan. Proses penyusunan batu-batunya hingga menjadi satu kesatuan utuh juga membutuhkan waktu 21 tahun. Ada yang unik dari saksi peradaban kuno ini, tanah tempat candi berdiri lebih rendah 6,5 meter. Meskipun memang tak seindah Prambanan karena tak punya banyak relief, ada patung Dewi Durga –istri Dewa Siwa yang bisa kamu jumpai. Selain itu, masuknya juga tak dipungut biaya alias gratis tis tis.

Tempat-tempat di atas berada di tempat yang sebagiannya jauh dari area perkotaan. Menjelajah sepanjang hari pastinya membuatmu lelah, oleh karena itu pilihlah tempat istirahat ternyaman di Jogja. Tak perlu susah kok, ada aplikasi Airy Rooms yang bisa memanjakan kamu saat liburan.

Kamar Airy [Sumber gambar]
Fasilitas yang ditawarkan penginapan ini juga komplit banget loh, ada WiFi, tempat tidur yang super nyaman, TV, perlengkapan mandi, serta AC. Bagaimana dengan budgetnya? Aman, dengan kantong tipis kamu dipastikan tetap bisa puas liburan, lebih lengkapnya silakan deh berkunjung ke web resmi Airy Rooms.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Meski Nyaman, Sandal Jepit Hasilkan 5 Risiko Kesehatan Bagi Penggunanya

5 Fakta Sapi Limousin, Hewan di Indonesia yang Bobotnya Saingan dengan Kontainer Barang