in

5 Wisata Kuliner Batam yang Bisa Jadi “Obat Lapar” Saat Asyik Traveling

Kota Batam yang letaknya sangat strategis, menjadikan wilayah tersebut sebagai destinasi favorit bagi para turis. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Wilayahnya yang juga berdekatan dengan negara tetangga Singapura, membuat Batam kaya terkenal dengan beragam atraksi wisata. Termasuk sajian kuliner.

Ngomong soal makanan, Batam tak kalah dengan tempat lain di Indonesia. Beragam jenis masakan bisa ditemui di sana. Mulai dari cita rasa khas lokal, sajian laut, hingga masakan melayu, semua ada di Batam. Tentu saja, rasa lezatnya yang membuat lidah bergoyang, bisa menjadi “obat lapar” bagi mereka yang kebetulan mengunjungi kota Batam.

Mie Lendir yang jadi favorit

Mie Lendir Batam [sumber gambar]

Kuliner mie memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya. Tak terkecuali di Batam, mereka pun mempunyai salah satu makanan yang diberi nama unik, Mie Lendir. Kuliner berkuah yang paling tersohor di Batam tersebut kerap menjadi incaran para wisawatan saat bertandang ke sana. Disajikan pada piring dengan ciri khas kuah kental yang berwarna kecokelatan, teksur mie-nya terasa berlendir berkat campuran tepung yang digunakan. Potongan telur, tauge segar dan irisan bawang goreng, menjadi teman setia yang meleleh di lidah saat menyantap kuliner tersebut.

Lembutnya sajian Luti Gendang

Luti Gendang Khas Batam [sumber gambar]

Kue spesial berbentuk mirip kroket itu, merupakan sajian kuliner yang mudah ditemui di Kota Batam. Menggunakan bahan dasar berupa tepung gandum, tekstur Luti Gendang sangat lembut di lidah. Karena kandungan seratnya sangat tinggi, makanan ini paling pas jika disantap dengan sajian es buah. Belum lagi isian abon daging ikan di dalamnya. Rasa gurih dan nikmat, bercampur menjadi satu di setiap gigitannya. Pendek kata, Luti Gendang memang juaranya kuliner di Batam.

Gong gong, makanan laut khas Batam yang menggoda

Gong gong khas Batam [sumber gambar]

Tak lengkap rasanya jika tak mencicipi Gong gong saat berkunjung ke Batam. Kuliner laut itu, merupakan spesies sejenis siput namun memiliki cangkang yang lebih tebal. Hewan ini kemudian direbus terlebih dahulu sebelum disantap. Setelah matang, isi dalam cangkang kemudian dikeluarkan dengan cara dicongkel menggunakan lidi khusus. Daging yang empuk, bisa langsung dinikmati dengan cocolan sambal asam, asin dan manis yang menggoyang lidah. Sebagai penutup, segelas air kelapa muda yang segar bisa menjadi pelepas dahaga setelah kenyang menyantap Gong gong.

Icip-icip gurihnya sup ikan khas Batam

Sup Ikan Batam [sumber gambar]

Batam memang dikenal kaya akan kuliner lautnya. Setelah Gonggong, ada pula sajian sup ikan yang juga menjadi primadona bagi wisatawan. Menu satu ini, biasanya disajikan dengan menggunakan potongan daging ikan tengiri segar yang berwarna putih. Selain itu, tambahan udang, cumi-cumi, mie, sawi serta bawang goreng, membuat sup ikan ini semakin menggoyang lidah. Aroma kuahnya juga terlihat jernih dan tidak kental berkat aroma bumbu yang berbau tidak terlalu tajam. Alhasil, cita rasa ikannya pun semakin terasa saat pertama dihidangkan.

Goyang lidah dengan Mie Tarempa

Mie Tarempa Batam [sumber gambar]

Siapa yang tak kenal dengan Mie Tarempa? Kuliner satu ini memang menjadi makanan wajib untuk dicoba saat berlibur ke Batam. Sajian ini sejatinya berasal dari Kota Tarempa, Kabupaten Anambas, Kepulauan Natuna, namun sangat mudah di jumpai di Batam. Diolah dengan tiga bentuk berbeda yakni kering, basah, dan lembab, citaras Mie Tarempa semakin gurih berkat aroma rempahnya yang kuat dengan irisan daging ikan tongkol. Rasanya yang sedikit pedas, membuat kuliner ini sanggup menggoyang lidah para wisatawan yang berkunjung.

Jika ingin berlibur sembari mencicipi kuliner di Kota Batam, jangan lupa untuk mencari penginapan atau hotel terlebih dahulu. Salah satunya bisa melalui Airy Rooms. Kenapa? Selain bisa diakses secara online lewat aplikasi iOS maupun Android, Airy Rooms sangat mudah ditemukan dan tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Airy Room Batam [sumber gambar]

Sebagai jaringan hotel dan guest house terbesar, fasilitas yang disediakan pun sangat lengkap. Seperti AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis, dan WiFi gratis sehingga Anda tidak akan kecewa saat menginap di Airy Rooms. Airy Rooms juga memudahkan pelanggan dengan pembayaran fleksibel melalui transfer bank, kartu kredit dan gerai Indomaret.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Miris! Di Negara Ini Pesangon 5 Tahun Hanya Cukup untuk Beli Kopi

Wajib Tahu! Inilah 5 Tanda Kalau Tubuhmu Sudah Mulai Kecanduan Kopi