in

Meski Hidup Pas-pasan, Winarto Tetap Sedekahkan Kue Jualannya Kepada Anak dan Warga Sekitar

Melihat orang kaya bersedekah adalah hal yang biasa. Sepertinya, wajar mereka berbagi lantaran sudah hidup berkecukupan. Namun, lain halnya jika yang bersedekah adalah seseorang yang hidup sederhana.

Baca juga: Cek Pulsa AXIS Terbaru, Ada yang Gak Pakai Kuota!

Inilah yang terjadi pada seorang pedagang bernama Winarto. Meski tak berlimpah harta, Winarto kerap menyedekahkan barang dagangannya kepada orang-orang yang ditemui. Simak kisah selengkapnya berikut ini.

Bagikan roti dagangannya pada anak-anak kecil di pinggir jalan

Sehari-hari, Winarto mencari nafkah dengan berjualan kue tradisional. Uniknya, Winarto selalu membagikan roti jualannya pada anak-anak kecil di pinggir jalan. Ia juga membagikan roti tersebut pada beberapa warga yang ia temui saat berjualan.

Kakek Winarto [sumber gambar]
Ia sendiri berasal dari Blitar dan tinggal di sebuah kontrakan bersama anaknya di Surabaya. Sedangkan istrinya sudah berpulang sejak 10 tahun silam, dikatakan akibat sering mengonsumsi jamu herbal.

Alasan Winarto sedekahkan dagangannya

Meski sering membagikan dagangannya, Winarto mengaku sama sekali tak merasa rugi. Pria 65 tahun ini punya alasan tersendiri melakukan hal yang mulia ini. Menurutnya, sisa kue yang tak laku lebih baik disedekahkan daripada basi.

Pasalnya, kue jualannya memang tak bertahan lama. Meski penghasilannya tak menentu, Winarto tak mengeluh sama sekali. Ia berprinsip pasti akan ada rezeki lebih saat ia bersedekah.

Kebaikan Winarto viral setelah diangkat konten kreator dari Sidoarjo

Kisah Winarto pertama kali diunggah oleh akun Instagram @rizkey_pradana. Awalnya Rizky mendapat informasi tentang Winarto dari temannya. Konten kreator asal Sidarjo, Jawa Timur, itu pun langsung bergegas menemui Winarto. Kala itu, Winarto sedang berada di dekat Rumah Sakit Mitra Keluarga Kenjeran, Surabaya, untuk menjajakan kuenya.

Kisah winarto diangkat oleh konten kreator [sumber gambar]

Sekitar jam 7 pagi, Winarto terlihat sedang menunggu pembeli. Rizky menghampiri Winarto dan meminta izin untuk mengangkat kisahnya di media sosial. Kebetulan, Rizky adalah pemilik akun Instagram @pedagangkecil.id yang memang membantu mempromosikan pedagang kecil.

Rizky borong dagangan milik Winarto

Kue jualan Kakek Winarto [sumber gambar]
Tersentuh dengan ketulusan hati Winarto, Rizky membeli semua dagangan Winarto hari itu. Konten kreator tersebut mengatakan ia melakukan ini sebagai bentuk apresiasi karena kebaikan Winarto. Kemudian Rizky membagikan kue tersebut pada warga sekitar, agar Winarto bisa pulang lebih cepat.

BACA JUGA: Buat Hidup Sendiri Saja Susah, Namun Orang-orang Ini Malah Rutin Bersedekah

Banyak warganet yang kagum saat mengetahui kisah Winarto. Mereka memberikan semangat dan doa untuk sang pedagang kue basah tersebut. Ada juga yang tertarik untuk memesan kue padanya. Kebaikan Winarto mengajarkan kepada kita bahwa berbagi tak harus menunggu kaya. Kita bisa berbagi sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.

Written by F A Agustina

Pembawa Rezeki sampai Kesayangan Nyi Roro Kidul, Inilah 5 Mitos Bunga Wijaya Kusuma

Mensos Risma Debat Soal Bansos dengan Mahasiswa, Kerap Dibela Publik Kali Ini Tuai Kritik