in

Belajar dari Ahmad Sahroni, 5 Wawasan Hadapi Hidup Sulit yang Bisa Mengubah Nasib

Siapa yang tidak kenal dengan Ahmad Sahroni? Sosok yang dikenal dengan julukan Crazy Rich Tanjung Priok ini namanya cukup bersinar beberapa tahun terakhir. Kisah hidupnya yang merangkak dari nol sampai menjadi sukses, serasa memberikan harapan bagi bahwa keberhasilan itu bisa diraih siapa saja.

Boombastis sering mengulas tokoh-tokoh yang juga punya jalan hidup mirip dengan Ahmad Sahroni dan jika dilihat-lihat, ada wawasan hidup yang hampir serupa di antara mereka. Buat Sobat Boombastis yang sedang di titik cemas atau merasa sulit, yuk coba simak beberapa hal yang sering dilakukan oleh orang-orang sukses meniti tujuannya berikut ini.

1. Kemauan keras

Di salah satu wawancara Boombastis dengan Ahmad Sahroni beberapa waktu silam, pria yang tengah menjabat di Komisi III DPR RI ini sempat menceritakan masa sulitnya. “Miskin aja saya dulu orangnya nggak pernah mau nyerah,” ujarnya.

Sahroni mengenang masa lalunya ketika masih hidup susah [Sumber gambar]
Dalam jabaran Sahroni, kemauan keras itu adalah komposisi antara keinginan, usaha dan keikhlasan. Bahkan di masa sekarang ketika sudah mapan, dia mengaku tidak bisa seenaknya mendapatkan sesuatu.

Ikhlas adalah produk dari latihan sabar atas setiap hambatan yang kita alami ketika mengejar kemauan itu. Semakin sering berlatih, tanpa disadari kita sudah menemukan banyak cara untuk bertahan dalam kondisi sulit. Nah pertanyaannya, kalau belum apa-apa seringkali kita sudah menyerah, seberapa keras sih kemauan kita mencapai sesuatu?

2. Menghargai dan menikmati proses

Seringkali kita protes sebelum proses, padahal sikap itu hanya akan bikin kita lelah saja. Banyak yang kecemplung dalam perbandingan saat melihat sukses orang lain. Sahroni pun mengalami hal ini. Diakuinya beberapa orang memandang keberhasilannya sekarang karena ia menjadi pejabat.

Sahroni mengalami proses hidup yang tidak mudah sebelum sesukses sekarang [Sumber gambar]

Publik seringkali tak melihat bagaimana seseorang menjalani proses sehingga kadang mudah menghakimi kesuksesan tersebut. Ada satu pesan menarik bagi kita yang masih berpikir seperti itu, “Tidak semua orang bawah, tidak bisa menjadi sukses.”

3. Belajar inovasi

Inovasi ini adalah kunci untuk memutar nasib. Sayangnya, tidak banyak orang mau meluangkan waktu memikirkan hal baru atau belajar, karena sering terlanjur tenggelam dengan beban hidup yang dialami atau hanya ikut-ikutan dan asal melakukan sesuatu.

Sahroni: Jadi youtuber pun perlu belajar inovasi dan bisnis [Sumber gambar]
Sahroni mencontohkan profesi Youtuber yang sedang beken. Banyak anak muda menuju ke sana, tapi ia mengingatkan jangan lupa untuk berinovasi dan belajar peluang bisnis di lapak tersebut. Bisnis bukan sekedar uang berapa yang didapat, tapi membangun sebuah jalur produktif yang bisa berkembang dan bertahan lama.

4. Pentingnya berdoa yang benar

Sebagai manusia ciptaan Tuhan, ketika ada keinginan dan kesulitan, kerap kali kita akan kembali dan memohon padaNya. Termasuk pria kelahiran 8 Agustus 1977 ini. Ia menjelaskan bahwa semua orang punya sisi spiritual.

Pengakuan Sahroni meski sudah jadi orang sukses [Sumber gambar]
“Minta dengan setulus hati kepada Yang Maha Kuasa. Nah, mau dikasih cepet, mau dikasih lambat, namanya minta. Kaya istilah kita minta sama orang, minta bantuan. Dibantu syukur, enggak ya jangan maksa.”

Agenda spiritual ini, menurut Sahroni, adalah bentuk doa dan jalur untuk ‘meminta’ akan sesuatu yang mungkin jadi rejeki atau pemecahan masalah kita. Kalau belum diberikan, jangan menyerah karena doa juga sebagian dari usaha.

5. Membangun koneksi

Salah satu hal yang menarik dari profil Sahroni adalah kemampuannya untuk bisa dekat dengan siapapun. Entah itu atasan, sesama teman, orang kecil atau sesama manusia yang lalu lalang dalam kehidupan sehari-hari kita. Sikap baik itu akan menjadi investasi dan nantinya berbalik kepada kita entah dalam bentuk rejeki, kesempatan kerja dan lain sebagainya.

Ahmad Sahroni mampu dekat dengan berbagai elemen masyarakat [Sumber gambar]
Membangun silaturahmi dan koneksi seperti ini bisa dilakukan lewat banyak hal, bahkan bagi kita yang paling introvert. Sesekali hubungan sosial memang terasa getir, namun fokus pada memilih teman atau koneksi dengan energi positif dan mengajak pada kegiatan yang produktif. Istilahnya, dari network menjadi networth. 

Setiap orang punya suksesnya dengan versi masing-masing. Kadang sukses itu berupa bisnis, tercapainya cita-cita, bersatunya keluarga dan lain sebagainya. Apapun itu, saat mengalami hal berat, coba ingat-ingat lima hal di atas. Sukses selalu, Sobat Boombastis.

Written by Orchid

Leave a Reply

Bangga dengan Orang Tuanya yang Menjual Bakso, Polisi Ini Cium Kaki Ayahnya di Muka Umum

Yoshio Kodama, Tokoh Yakuza yang Berjasa Menjaga Sukarno Selama Berkunjung ke Jepang