in

Menengok 5 Warung Makan Viral yang Beri Harga Selangit untuk Pengunjungnya

RM Bu Anny Tegal [sumber gambar]

Siapa yang enggak kaget kalau makan lalapan di warung makan pinggir jalan dengan harga jutaan. Lha, air kobokan untuk cuci tangan saja dihargai puluhan ribu, kok bisa sih? kalimat di atas mewakili suara hati netizen yang geram dengan warung-warung kaki lima yang menjual makanan dengan harga sultan, setara hotel bintang lima.

Selain banyak netizen yang gemas dengan si pedagang, ada pula yang mengatakan kalau harga tersebut memang wajar. Ya, kebanyakan warung dari viral berharga mahal ini tersorot media karena pembelinya yang enggak terima. Sebelumnya sih mereka memang tak menanyakan harga, karena yakin akan murah seperti warung kebanyakan. Yuk lihat, warung apa saja sih?

Napinadar, Sumatera Utara

RM di Medan [sumber gambar]
Yang viral beberapa waktu lalu, RM. Napinadar yang terletak di tepi jalinsum Medan-Sidikalang Km 15, Desa Sitinjo, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi. Rumah makan khas Batak ini ramai dibicarakan karena harga makanannya yang mahal banget. Dua ekor ayam dihargai 400 ribu Rupiah. Plus air kobokan saja –untuk cuci tangan—juga harus membayar 50 ribu Rupiah. Makan ayam dengan petai, sambal, dan air minum saja lebih dari 800 ribu Rupiah. Pelanggan pun melakukan protes karena merasa seperti diperas pemilik rumah makan. Sedang pedagang mengaku bahwa harga tersebut normal karena harga ayam di pasaran memang sedang naik.

Warung Malioboro, Jogja

RM Malioboro [sumber gambar]
Yogyakarta terkenal dengan kota wisata yang murah meriah, termasuk dalam urusan makanan. Namun, pada tahun 2017 lalu, seorang pembeli complain di media sosialnya, ia mengaku kalau harga tersebut sangatlah mahal. Pembeli tersebut harus membayar Rp 88.000 untu tiga porsi nasi goreng dan tiga minuman. Pembeli lain juga mengaku dirugikan karena harus membayar Rp 250.000 untuk dua porsi gudeg, jus jeruk, dan es teh manis. Banyak warga net yang merespon dan menilai warung tersebut mematok harga yang tak masuk akal. Kalau menurut kalian mahal enggak nih?

Warung Bu Anny

RM Bu Anny Tegal [sumber gambar]
Nah, warung satu ini juga sempat viral dan menjadi bahan perbincangan di media sosial pada 2019 lalu. Warung lesehan Lamongan Indah Bu Anny ini berlokasi di Tegal, Jawa Tengah. Kisah viralnya warung ini berawal dari salah seorang pengunjung mengaku harus membayar Rp 700.000 untuk seporsi nasi dan tiga lauk.  Ia memposting kekesalannya melalui facebook. Akibatnya, pemerintah kemudian melarang warung Bu Anny untuk beroperasi karena dinilai merugikan banyak konsumen.

Rumah Makan di Anyer

RM Anyer [sumber gambar]
Sebelum warung bu Anny dan Rumah Makan di Medan viral, RM di anyer sudah lebih dulu dikenal oleh banyak orang karena harga makanannya yang selangit. Dalam kwitansi yang diunggah di media sosial terlihat pembeli harus membayar sebesar Rp. 1 juta untuk tujuh makanan yang dipesan. Detailnya, ia membeli dua ikan bakar yang dihargai Rp400.000, satu porsi cumi saus tiram Rp180.000, tiga cah kangkung Rp200.000, dua nasi putih Rp90.000, es teh manis Rp 80.000. Rasanya enggak rela pas mau bayar nih!

Restoran Elios, Samosir

RM Samosir [sumber gambar]
Yang paling anyar adalah kejadian di Restoran Elios, Samosir. Seperti diunggah dalam media sosial salah seorang pembeli, ia mengaku harus membayar Rp1.613.000 untuk lima ikan bakar dan air mineral saja. Meskipun sudah ditegur oleh sang pembeli, pemilik restoran justru membalasnya dengan kemarahan. Apakah ikannya adalah ikan langka?

BACA JUGA: Inilah 4 Kasus Warung Kaki Lima Namun “Harga Sultan” yang Bikin Netizen Geram

Tragedi semacam ini terjadi kalau pembeli tidak menanyakan harga lebih dulu. Untuk kalian semua, jangan sungkan dan malu untuk bertanya harga ya guys. Daripada endingnya kamu naik darah karena melihat tagihan bak di hotel bintang lima, kan?

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Heboh Ustaz Halalkan Sabu-sabu, Alasannya Tidak Dilarang Alquran Hingga Biar Kuat Ngaji

Diselingkuhi Hingga Naik Pelaminan, Ini Pengalaman Netizen yang Mencari Jodoh di Tinder