in

3 Waktu Terlarang untuk Mengonsumsi Kopi, Sudah Tahu Belum?

Kopi memang minuman yang paling difavoritkan oleh semua orang. Ya bagaimana tidak, minuman tersebut bisa menemani kita di saat terserang kantuk. Bahkan, kopi juga memiliki rasa yahut sehingga membuat kita yang menikmatinya jadi kecanduan.

Biasanya kita mengonsumsi kopi di pagi hari setelah bangun tidur. Ini dilakukan supaya badan lebih segar dan semangat untuk bekerja. Ada juga beberapa orang yang lebih menyukai minum kopi di malam hari untuk menemaninya di kala dingin. Tapi, tahukah kalian kalau sebenarnya minum kopi itu tidak boleh di sembarang waktu? Contohnya seperti waktu di bawah ini.

Pada jam delapan sampai sembilan pagi

Banyak orang yang terbiasa mengonsumsi kopi pada pagi hari sebagai penyemangat. Namun, menurut Steven Miller selaku ahli saraf dari Uniformed Services University of the Health Sciences menyatakan jika minum kopi di pagi hari itu tidak baik, khususnya pada jam delapan sampai sembilan. Ini dikarenakan, pada jam-jam tersebut kadar kortisol pada tubuh manusia sedang tinggi-tingginya. Kortisol merupakan hormon pada tubuh manusia yang biasa dikeluarkan pada saat mengalami stres dan semacamnya.

Minum kopi di jam delapan sampai sembilan pagi [Sumber Gambar]
Nah, kalau Sahabat Boombastis menyeruput kopi saat jam-jam tersebut, maka akan menyebabkan kondisi tubuh menjadi tidak stabil. Seperti dilansir dari telegraph.co.uk, minum kopi di waktu tersebut akan menimbulkan kecanduan bagi peminumnya. Sehingga, peminum akan menginginkan terus asupan kopi untuk tubuhnya. Padahal, kafein yang dikonsumsi terlalu sering bisa mengakibatkan gangguan kesehatan seperti sakit jantung.

Minum kopi setelah makan

Siapa di sini yang suka minum kopi setelah isi perut? Hmm.. bagi kalian yang terbiasa dengan hal ini, lebih baik kurangi dari sekarang deh. Sebab, menurut Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia, Profesor. Dr. Endang Achadi, jika konsumsi kopi tepat setelah makan itu kurang baik bagi kesehatan lho Sahabat Boombastis.

Minum kopi setelah makan [Sumber Gambar]

Ia menyebutkan lagi jika minum kopi yang kaya akan kafein setelah makan menyebabkan penyerapan zat besi pada makanan jadi kurang maksimal. Sehingga bisa mengakibatkan kadar zat besi dalam darah menjadi menurun yang biasa kita sebut dengan anemia. Kalau anemia itu terjadi pada tubuh kita, maka badan menjadi cepat lemas dan kurang bertenaga ketika beraktivitas.

Konsumsi kopi ketika ingin tidur

Meminum kopi ketika ingin tidur itu sudah bukan jadi hal aneh lagi. Banyak orang melakukan kebiasaan ini karena hanya ingin menghangatkan tubuh atau sekedar mengisi perut. Tapi, aktivitas ini sebaiknya enggak dilakukan setiap hari ya. Dikarenakan bisa membuat si peminum tidak bisa tidur dalam kurun waktu yang agak lama.

Konsumsi kopi sebelum tidur [Sumber Gambar]
Hal ini pun juga disampaikan oleh seorang peneliti dari Medical Research Council Laboratory of Molecular Biology di Cambridge. Ia mengungkapkan jika minum kopi sebelum tidur, bisa membuat orang tersebut tertunda kantuknya hingga 40 menit lamanya. Hal ini disebabkan kafein yang ada pada kopi dapat memperlambat kinerja hormon melatonin yang berfungsi membuat mata mengantuk.

Nah, bagi pecinta kopi sebaiknya memperhatikan waktu-waktu di atas. Ya daripada kopi bisa memperburuk kesehatan, lebih baik untuk menghindari jam-jam yang sudah disebutkan. Meski menurut Professor Derk-Jan Dijk dari University of Surrey kalau tidak semua orang mempunyai dampak yang sama ketika minum kopi, tapi kita juga perlu untuk waspada. Minumlah kopi sesuai dengan aturan dan jangan juga terlalu berlebihan.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

10 Tweet Lucu Tentang Jawaban ‘Super’ Pak Ketum PSSI Ini Dijamin Bikin ‘Bahagia’

4 Perang Melawan Musuh ‘Remeh’ Malah Berakhir Kekalahan yang Memalukan