in

Corona Sah Jadi Pandemi, Wabah Penyakit Ini juga Sempat Bikin Dunia Penuh dengan Maut

Semakin meluasnya wabah virus corona di berbagai belahan dunia, akhirnya membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) angkat bicara. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengumumkan bahwa virus yang dikenal sebagai Covid-19 itu sebagai pandemi.

Pandemi sendiri merupakan sebutan dari merebaknya sebuah wabah penyakit, dilihat dari persebarannya. Jika status telah ditetapkan, itu artinya virus corona telah terjadi pada lingkung pada geografis yang luas atau menyebar secara global. Sebelumnya, dunia juga pernah mengalami hal serupa. Di mana wabah penyakit menjadi maut bagi siapapun pada saat itu.

Wabah maut hitam (black death) yang menewaskan ribuan orang di Eropa

Ilustrasi wabah Black Death atau maut hitam [sumber gambar]
Benua Eropa pernah menghadapi wabah maut hitam atau Back Death yang mengguncang wilayahnya. Penyakit yang menjadi pandemi itu terjadi pada pertengahan hingga akhir abad ke-14 (1347 – 1351), di mana sepertiga dan dua pertiga dari populasi masyarakat Eropa menjadi korban. Meski sempat dimusnahkan di awal abad ke-19, wabah tersebut sempat terjadi di beberapa wilayah dunia, seperti Afrika Tengah, Asia, dan Amerika Selatan.

Pandemi Kolera yang menyerang dunia hingga Indonesia

Ilustrasi pasien kolera di Haiti [sumber gambar]

Penyakit kolera yang disebabkan oleh infeksi usus akibat bakteri Vibrio cholerae, sempat terjadi di beberapa negara Eropa. Pada tahun 1854, sebanyak 23 orang menjadi korban di Inggris, dan 5000 penduduk di Italia. Kematian tertinggi dialami oleh Rusia, di mana ada 200 ribu jiwa yang meninggal dunia pada tahun 1834-1894. Di Indonesia sendiri, wabah kolera menyebabkan 100 ribu orang di Pulau Jawa tewas pada tahun 1820.

Flu Spanyol yang menyebabkan kematian di mana-mana

Ilustrasi pasien flu Spanyol yang dirawat di Amerika Serikat [sumber gambar]
Flu Spanyol yang dianggap sebagai pandemi influenza ini, telah menular hingga ke beberapa negara di belahan dunia. Wabah ini sendiri bermula pada tahun 1918 dan akhirnya membunuh jutaan orang. Bahkan, Flu Spanyol diperkirakan sanggup membunuh dua hingga 20 persen dari mereka yang terinfeksi. Saking kuatnya, virologis asal Amerika Serikat Jeffery Taubenberger menyebut Flu Spanyol sebagai “The Mother of All Pandemics.” atau ibu dari segala pandemi.

Penyakit HIV AIDS yang jadi ancaman menakutkan hingga kini

Ilustrasi penderita HIV [sumber gambar]
Di antara beberapa wabah yang disebabkan oleh bakteri dan virus, HIV yang menyebabkan penyakit AIDS menjadi momok menakutkan bagi masyarakat dunia hingga saat ini. Dilansir dari News.detik.com (07/03/2020), perkiraan korban meninggal dunia akibat penyakit ini berjumlah 36 juta orang.

Virus SARS yang mengguncang dunia dan Indonesia

Ilustrasi penderita virus SARS [sumber gambar]
Jauh sebelum wabah virus corona (Covid-19), dunia juga dikejutkan sebuah penyakit bernama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus (SARS-CoV) yang kemudian menjadi pandemi. Menurut data epidemi 2002-2003 yang dikutip dari News.detik.com (06/03/2020), virus ini terjadi di 26 negara dengan jumlah kematian sebanyak 774 jiwa.

BACA JUGA: Misteri Wabah Mematikan yang Terjadi Tiap 100 Tahun Sekali, Konspirasi atau Kebetulan?

Hingga saat ini, wabah virus corona telah menular hingga ke seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Menurut Johns Hopkins CSSE yang dikutip dari CNBCIndonesia.com (11/02/2020), total korban terinfeksi corona sebanyak 118.582 di seluruh dunia dan korban meninggal sebanyak 4.262 orang. Dari jumlah yang ada, sekitar 81.000 kasus terpusat di China.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Jatuh Bangun Ronaldinho, Dulu Bergelimang Harta kini Penuh Hutang dan Terancam Penjara

Perjalanan Hidup Anang Hermansyah, Pernah Tinggal di Ruko Hingga Punya Bisnis Mentereng