in

Sangarnya Vissel Kobe, Klub Jepang yang Berisi Pemain-pemain Juara Eropa dan Piala Dunia

Dari sekian kompetisi sepak bola di Asia, Liga Jepang bisa dikatakan menjadi salah satu terbaik. Bahkan perkembangan tergolong cepat, meninggalkan negara-negara macam Indonesia yang lebih dahulu mendirikan kompetisi sepak bola. Selain itu, seperti halnya MLS atau Chinese Super League, peserta Liga Jepang juga mulai berani merekrut pemain mempunyai label top Eropa.

Malahan! kesebelasan Vissel Kobe memasukkan pesepakbola yang sudah pernah mencicipi beragam gelar bergengsi di sepak bola, mulai dari Piala Dunia untuk level Timnas dan Liga Champions Eropa untuk level klub. Lalu siapa sih sebenarnya kesebelasan bernama Vissel Kobe itu? Simak ulasan berikut untuk mengetahuinya.

Kesebelasan mempunyai usia yang tua

Vissel Kobe Starting Eleven [Sumber Gambar]
Meski dalam skuadnya banyak berisi pemain muda, tapi secara usia ternyata klub berada di wilayah Kobe ini mempunyai usia yang tua. Bahkan menjadi salah satu yang unsur di kompetisi Negeri Sakura. Dari penelusuran yang dilakukan oleh penulis Vissel Kobe sudah berdiri sejak 52 tahun lalu. Pada awalnya mempunyai nama Kawasaki Steel Soccer Club dan bermarkas di Kurashiki. Mulai kiprah di liga tahun 1986, hingga saat ini. Dalam perjalanannya prestasi tertinggi yang pernah mereka catatkan adalah peringkat tujuh di tahun 2016 dan semifinalis Emperor’s Cup.

Tim Jepang yang kerap jadi labuhan pemain jebolan Piala Dunia

Michael Lodrup bersama Vissel Kobe [Sumber Gambar]
Kendati mempunyai prestasi yang minim, namun kesebelasan tim mempunyai sejarah unik tentang pemain asing. Dimana kerap dijadikan tempat singgah pemain-pemain jebolan Piala Dunia yang ingin berkiprah di Jepang. Tercatat hingga kini sekurangnya ada enam pesepakbola dari ajang itu bermain di Vissel Kobe. Dimulai dari legenda Denmark yaitu Michael Laudrup di tahun 1996, lalu dilanjutkan Patrick M’Boma dan Ilhan Mansiz di 2000-an, serta sekarang ada Lukas Podolski, David Villa, Andres Iniesta. Beberapa pemain top Jepang juga sempat berlabuh di sana, sebut saja Yoshito Okubo bintang atau Kazuyoshi Miura.

Mempunyai pemain impor dengan label juara dunia

Mantan Barcelona bersama Vissel Kobe [Sumber Gambar]
Seperti telah diungkap tadi, Vissel Kobe merupakan klub yang acap kali dijadikan tempat singgah jebolan pemain Piala Dunia. Kalau sebelumnya ada Michael Laudrup atau Ilhan Mansiz, kini ada trio dengan mempunyai label juara Piala Dunia yaitu Lukas Podolski, David Villa dan Andres Iniesta. Terkhusus untuk kedua orang terakhir tadi bahkan sempat juga mencicipi gelar Piala Eropa, Liga Champions, Lali Liga Spanyol, sampai trofi Piala Dunia. Ya, seperti banyak diketahui baik Iniesta dan Villa adalah mantan skuad Barcelona yang beberapa tahun sempat mendominasi sepak bola Eropa.

Salah satu klub Jepang yang bekerjasama dengan Barcelona

Sama-sama Rakuten [Sumber Gambar]
Masih tentang Vissel Kobe, kesebelasan berusia 52 tahun ini rupanya juga mempunyai kerjasama baik dengan raksasa Spanyol Barcelona. Hubungan itu terjalin lantaran di bawah sponsor yang sama yaitu Rakuten. Ngomong-ngomong tentang brand tersebut, juga menjadi pemegang utama saham kesebelasan identik warna merah tersebut. Melansir dari laman Bola.com, Rakuten sendiri merupakan perusahaan e-commerce yang berbasis di Tokyo dan didirikan pada tahun 1997 dan disebut-sebut sebagai Amazon versi Jepang.

BACA JUGA: 5 Bukti Kehebatan Sepak Bola Tiongkok yang Siap Menjadikannya Terbaik di Asia dan Samai Eropa

Meski mempunyai sejarah positif dalam perekrutan pemain, Vissel Kobe tergolong kesebelasan yang minim prestasi. Bahkan sempat turun kasta sebanyak dua kali. Tapi pelajaran yang bisa dipetik dari mereka adalah mereka adalah semangat menolak menyerah untuk menjadi klub bola lebih baik di Liga Jepang. Ya, seperti diketahui hal tersebut adalah kunci kesuksesan.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

URC Ojol, Tim Driver Online Baik Hati yang Siap Bantu Korban Kecelakaan Tanpa Pamrih

4 Hewan yang Bisa Jadi ‘Dukun’ untuk Sembuhkan Penyakit Manusia