in

Utsman bin Affan, Sahabat Nabi Satu-satunya yang Mampu Membuat Malaikat Malu

Sering kita dengar kalau Nabi Muhammad SAW mempunyai banyak sahabat yang selalu setia mendampinginya. Dan bahkan semuanya mempunyai kelebihan masing-masing dalam segi sifat maupun harta bendanya. Salah satu sahabat yang begitu menarik perhatian adalah Utsman bin Affan. Beliau selain dikenal memiliki harta yang berlimpah juga disebut-sebut sangat disegani oleh para malaikat.

Bukan karena jumlah hartanya yang menjadikan malaikat segan kepadanya. Melainkan ketulusan hatinya dalam membantu sesama. Meskipun bantuannya harus menguras hartanya, tapi baginya itu tak jadi masalah. Hal terpenting yang beliau inginkan adalah hartanya dapat bermanfaat bagi seluruh umat. Lalu, hal apa lagi yang membuat malaikat malu kepada Sahabat Nabi satu ini?

Rela donasikan sebagian harta untuk momen perjuangan Islam

Di suatu hari, Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam sedang mengumandangkan pengumuman penting. Dilansir dari laman skifkunram.com, beliau bertanya kepada seluruh masyarakat, siapa yang bisa memenuhi dana untuk momen perjuangan Islam.

Utsman bin Affan dermawan [Sumber Gambar]
Tak lama, Utsman bin Affan pun melangkahkan kaki menuju Rasulullah. Dengan mudahnya ia mendonasikan sebagian hartanya untuk momen tersebut. Tidak hanya berjumlah jutaan, tapi triliunan. Sahabat Nabi yang punya wajah rupawan tersebut menuturkan kalau untuk Agama Islam ia akan rela melakukan apa saja.

Semua amalan baik yang tak pernah ia tinggalkan

Bukan hanya rela sedekahkan harta, Utsman bin Affan pun juga dikenal memiliki perangai yang sangat baik. Meskipun beliau sangat sibuk mengurus bisnisnya yang mengharuskan ia pulang pergi dari Madinah ke Mekkah.

Salat Tahajud tak pernah ditinggalkan [Sumber Gambar]
Kemudian memanajemen dan memantau perkembangan ekspor impor yang sedang diampunya. Ia tetap konsisten terhadap segala kewajibannya yang berhubungan dengan agamanya. Seperti Salat Tahajud dan juga mengkhatamkan Al-Qur’an di setiap harinya.

Rela tinggalkan kekayaannya demi menjadi khalifah

Ketika Kafir Quraisy melakukan penyiksaan terhadap kaum muslim, Utsman bin Affan melakukan hijrah bersama dengan teman-temannya. Ini ia dan sahabat-sahabatnya lakukan demi memenuhi perintah dari Rasulullah SAW. Nah, seperti yang kita tahu, jika hijrah harus dilakukan selama bertahun-tahun dan entah kapan berakhirnya. Sehingga, Utsman bin Affan pun mengambil keputusan terbesar dengan cara meninggalkan semua harta benda miliknya.

Hijrah dan tinggalkan kekayaan [Sumber Gambar]
Usahanya pun tak sia-sia, Utsman bin Affan diangkat menjadi seorang khalifah ketiga setelah Umar bin Khattab menghembuskan nafas terakhirnya. Tahun demi tahun ia berusaha menjadi yang terbaik untuk kaumnya, dan ternyata kepemimpinan Utsman bin Affan pun membuahkan hasil. Dilansir dari laman merdeka.com, masa kepemimpinan beliau menjadi yang paling baik daripada khalifah sebelumnya.

BACA JUGA : 5 Hal yang Membuat Umar bin Khattab Ditakuti Setan, Jin dan Manusia di Zaman Nabi

Itulah alasan mengapa para Malaikat menjadi segan dengan sahabat nabi satu ini. Bukan karena hartanya yang banyak, tapi lantaran sikap dermawannya. Beliau tak takut untuk memberikan sebagian hartanya karena ini dilakukan semata-mata supaya mendapatkan ridha dari Allah. Semoga kisah dari Utsman bin Affan ini bisa menjadi contoh untuk kita semua. Jika harta hanyalah sebuah titipan yang bukan milik kita seutuhnya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Kisah Abdul, Bocah yang Rela Merangkak Sejauh 3 Km Demi Sampai ke Sekolah

Samiri, Pencipta Patung Sapi di Zaman Nabi Musa yang Kisahnya Abadi di Dalam Al-Qur’an