in

Inilah 5 Cara Ampuh yang Mampu Usir Kantuk Saat Berkendara Sepeda Motor

Mengantuk sering kali datang pada saat yang tidak tepat. Salah satunya pada saat mengemudi sepeda motor. Padahal untuk mengendarai sepeda motor butuh konsentrasi penuh agar tidak terjadi hal-hal yang enggak diinginkan. Tapi, banyak juga orang yang nekat untuk meneruskan perjalanan walaupun kantuk sudah enggak bisa ditahan lagi.

Mungkin orang yang seperti itu sedang keburu waktu. Namun sebenarnya hal tersebut tidak boleh dilakukan lho Sahabat Boom. Itu bisa membahayakan diri sendiri maupun para pengguna jalan yang lain. Nah, untuk menghindari kantuk yang tiba-tiba datang ada beberapa trik ampuh nih untuk mengusirnya.

1. Bisa dengan manuver di jalan

Bisa melakukan manuver zig zag [Sumber Gambar]
Di sini yang dimaksud manuver bukan dengan cara salto lho Sahabat Boom. Manuver yang bisa dilakukan adalah dengan membuat gerakan zig-zag. Ketika bermanuver zig-zag, secara otomatis konsentrasi kita akan menjadi lebih tinggi lagi karena tidak berjalan lurus seperti biasanya. Selain itu, kita bisa sambil memainkan bukaan gas dengan kecepatan yang bervariasi. Nah, dengan kita melakukan hal tersebut, efeknya adalah hormon adrenalin akan jauh lebih meningkat. Sehingga rasa kantuk menjadi hilang secara perlahan. Akan tetapi, kalau ingin bermanuver zig-zag harus perhatikan kondisi jalan dulu ya Sahabat Boom. Kalau keadaan lalu lintas sedang ramai, lebih baik jangan dilakukan karena bisa bahaya.

2. Bekal minuman kopi kalau tidak ingin repot

Membawa bekal kopi [Sumber Gambar]
Kopi sebenarnya bukan minuman yang sehat untuk dikonsumsi. Itu disebabkan karena minuman tersebut mengandung zat yang tidak bersahabat bagi tubuh terutama bagian lambung. Oleh karena itu, hormon yang ada di dalam tubuh berusaha untuk melawan zat yang dikandung pada kopi. Tapi, perlawanan yang dilakukan ternyata bisa membuat orang yang mengonsumsinya menjadi lebih bugar dari sebelumnya. Sehingga rasa kantuk yang dirasakan sebelumnya akan menghilang seketika.

3. Gigit lidah juga bisa diterapkan kok

Menggigit lidah agar kantuk hilang [Sumber Gambar]
Trik ini sebenarnya sudah cukup lama digunakan. Bahkan biasanya para sopir truk menerapkan ini ketika kantuk tiba-tiba datang menyergap. Caranya adalah dengan menggigit lidah. Gigit lidahnya enggak perlu keras-keras kok Sahabat Boom. Cukup digigit pelan tetapi lakukan agak lama. Hal ini bisa membuat otak lupa dengan rasa kantuknya dan beralih ke bagian lidah. Tapi kalau tidak mau pakai cara ini, bisa juga menerapkan lidah yang digesekkan ke bagian gigi seri. Fungsinya juga sama kok Sahabat Boom. Jadi mau pilih yang mana?

4. Ini khusus untuk yang hobi nyanyi nih

Bernyanyi saat berkendara bisa hilangkan ngantuk [Sumber Gambar]
Hal yang paling mudah untuk mengusir ngantuk di jalan adalah menyanyi. Dengan menyanyi, otak seketika dapat melupakan rasa kantuk. Hal ini bisa dilakukan siapa aja kok Sahabat Boom. Enggak perlu khawatir kalau suara kalian sumbang, karena tidak akan terdengar oleh pengendara lain. Apalagi yang pakai helm full face, bisa nyanyi lagu kesukaan kalian sampai suara habis.

5. Kalau masih mengantuk juga, bisa pakai cara ini

Menepi jika kantuk tak kunjung hilang [Sumber Gambar]
Jika beberapa cara di atas tetap enggak bisa mengusir kantuk kalian, cara ini adalah yang paling manjur. Menepi di suatu tempat bisa jadi solusi terbaik bagi semua pengendara yang level mengantuknya sudah parah. Berhentilah di tempat yang aman serta nyaman seperti masjid, pom bensin atau bisa juga warung tepi jalan. Tapi jangan berhenti di sembarang tempat ya Sahabat Boom, agar tidak membahayakan diri sendiri.

Beberapa trik di atas bisa dicoba untuk Sahabat Boom yang merasa ngantuk saat berkendara di jalan. Cara tersebut cukup ampuh dan sudah digunakan oleh banyak orang. Tapi, alangkah lebih baiknya sih sebelum berkendara harus beristirahat terlebih dahulu dan jangan lupa untuk mengisi perut. Karena hal tersebut bisa mencegah kantuk yang tiba-tiba datang di tengah jalan.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Kabar Ezra Walian, Pemain Jempolan Timnas yang Nasibnya Disia-siakan Tim Belanda

Berikan Pelajaran Hidup Berharga, 5 Driver Ojol Wanita Ini Pantas Dijadikan Panutan