in

Jangan Khawatir Kalau Kamu Tidak Lulus UN atau SBMPTN, Sekian Usaha Ini Bisa Digeluti Sambil Menunggu Kesempatan Tahun Depan

Masuk perguruan tinggi itu memang tidak mudah. Seleksinya sangat ketat, apalagi perguruan tinggi favorit, jadi bukan orang sembarangan yang bisa menjadi mahasiswanya. Masuk di pilihan ketiga perguruan tinggi yang kamu pilih saja, itu sudah syukur banget.

Lalu bagaimana buat yang gagal dalam ujiannya? Jangan berkecil hati, tahun depan masih ada kesempatan lagi kok. Coba persiapan yang lebih matang biar bisa diterima. Tapi sambil menunggu ujian tahun depan, daripada nganggur coba deh beberapa usaha ini, sehingga waktumu tidak terbuang sia-sia

Ternak lele murah meriah

Ternak lele [image source]
Memang beberapa waktu yang lalu, hal ini menjadi salah satu guyonan bagi para netizen. Tapi ternyata guyonan tersebut ada benarnya loh. Dengan beternak lele, kamu bisa dapat untuk banyak duit. Pemeliharaan lele juga mudah, tidak perlu air bersih, malah semakin keruh bakal makin bagus. Lele termasuk hewan yang rakus, jadi tinggal kasih makan pelet, dalam waktu beberapa bulan kamu bisa panen. Harga lele juga terbilang lumayan, per kilonya bisa mencapai 23 ribu rupiah. Lumayan kan kalau ternyata setiap tiga bulannya kamu panen, bisa buat tabung buat biaya kuliah kelak. Jadi jangan pernah anggap remeh atau menjadikan guyonan lagi ya, kalau serius bisa bikin kamu kaya juga. Jadi kenapa tidak mulai cari bibit lele sekarang juga?

Daftar kerja paruh waktu

Kerja kafe [image source]

Kalau memang kamu merasa minder dengan skill dan pengetahuan kamu yang tidak mumpuni, coba deh daftar kerja di cafe atau tempat makan. Biasanya di sana tidak membutuhkan seorang pegawai dengan skill tinggi kok. Meskipun mungkin gajinya tidak begitu banyak, paling tidak lebih baik daripada kamu menganggur. Toh dengan bekerja di sana pula kamu bakal dapat skill baru dan  juga dapat merasakan rasanya dunia kerja lebih awal. Uang yang didapatkan coba ditabung deh, biar kelak bisa mengurangi beban orang tua.

Mengajar les SD atau SMP

Pengajar les [image source]
Kamu juga bisa kok memanfaatkan ilmu kamu selama ini buat mengajar les. Coba kamu cari di iklan-iklan lowongan, pasti ada selalu ada orang tua yang butuh guru les buat anaknya. Kalau sebatas anak SD atau SMP sih sepertinya ilmu kamu sudah cukup buat mengajari mereka sampai dapat nilai bagus. Memang sih bayarannya pasti tidak seberapa, paling tidak kamu dapat pengalaman mengajarkan kan? Jadi kelak kalau kamu mau melamar menjadi seorang guru, kemampuan sudah memadai.

Jadi seorang penulis

Penulis [image source]
Kalau kamu bakat dalam menulis, coba deh curahkan tulisan kamu dengan membuat novel. Mungkin memang jarang yang tahu, tapi bayaran seorang novelis itu lumayan loh. Apalagi kalau buku kamu masuk dalam jajaran best seller, lumayan bisa buat biaya kuliah. Selain dapat uang, kamu juga bakal dapat popularitas karena menjadi terkenal. Sudah kerjanya hanya di rumah, bisa dapat duit lagi. Buruan gih kontak para penerbit terkenal biar novel kamu segera dipublikasikan.

Buka usaha sendiri

Buka Warnet [image source]
Kalau memang pikiranmu benar-benar mentok, coba deh kamu buka sebuah usaha. Mau bisnis apa, semua terserah kamu, asal harus dipikir secara matang -matang. Terserah mau buka warnet, bisnis kuliner, dagang ayam pokoknya apapun yang bisa menghasilkan. Itu kalau ada modalnya, namun kalau tidak ada, coba deh pinjam sama orang tua atau kerabat. Kebanyakan seorang pebisnis juga berhutang dulu kok saat memulai usahanya. Tapi ingat, jangan terlalu besar pula kamu meminjam uangnya, ketimbang bingung sendiri ngembaliinya. Pinjam semampunya saja yang penting usaha bisa dimulai dengan lancar.

Bagaimana? Tertarik dengan usaha di atas? lumayan kan buat mengisi penantian kamu, menghasilkan uang lagi. Siapa tahu uang yang kamu dapat nanti bisa digunakan buat biaya kuliah, bangga dong tidak pakai uang orang tua.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Inilah 5 Perbedaan Kemajuan Teknologi Angkatan 90-an Dibanding Sekarang, Bikin Kamu Ngangguk Tanda Setuju

Menelisik Fenomena Kalung Amber yang Sedang Tren di Kalangan Ibu-Ibu Seleb Tanah Air