in

Dapat Gaji 2 Kali Lipat Tanpa Ganggu Jam Kantor, 4 Usaha Sampingan Ini Bikin Rekening Tabunganmu Gendut Luar Biasa

Sudah punya pekerjaan tetap tapi masih ingin cari penghasilan tambahan? Di sini kamu perlu pintar-pintar cari pekerjaan sampingan atau freelance yang bisa dikerjakan tanpa terikat tempat atau waktu. Belakangan Presiden Jokowi mengkritisi kabinetnya lewat sebuah pidato bahwa di era digital seperti sekarang, semua berkembang begitu cepat dan nggak bisa hanya ditangani rutinitas kerja yang itu-itu saja.

Nah, ini sebenarnya adalah kode keras bahwa cari duit di masa kini pun tidak hanya mengandalkan kesempatan, tapi juga kreativitas dan keuletan super tinggi. Kita lah yang harus menemukan atau menciptakan peluang tersebut, tapi tetap bisa menjaga etis dan dedikasi terhadap tempat kita bekerja sekarang.

Pekerjaan sampingan bisa dilakukan waktu istirahat atau selepas jam kerja. Memang usahanya dobel, tapi hasilnya juga berlipat-lipat. Sudah banyak yang mencoba pekerjaan sampingan. Pertanyaannya, apa saja sih pekerjaan lepas yang penghasilannya lumayan dan bisa dikerjakan dengan fleksibel? Berikut empat ide pekerjaan yang bisa kamu coba.

Penerjemah Lepas untuk Ragam Karya Ilmiah, Diam-diam Dompetnya Tebel Bingiiits..

Jurnal, artikel, skripsi, dan abstrak, semua jenis karya ilmiah itu biasanya butuh diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Kalau kamu punya keahlian menerjemahkan, pekerjaan ini bisa jadi kesempatan emas untuk dapat penghasilan yang lumayan.

Penerjemah [Image Source]
Anggap saja dalam satu bulan kamu dapat pekerjaan menerjemahkan satu jurnal ilmiah yang berjumlah 20 halaman. Per halaman jadi (misalnya hasil terjemahan dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris), kamu bisa mengantongi 100 ribu rupiah. Tinggal dikalikan dengan jumlah halaman jadi yang dihasilkan, maka kamu bisa mengantongi sedikitnya 2 juta rupiah. Pekerjaan menerjemahkan ini pun bisa kamu kerjakan di luar jam kantor. Tapi memang harus disiplin ya sama tenggat waktu yang ditentukan oleh klien.

Dengan Kreativitas, Kamu Bisa Jadi Mentor atau Guru Les Privat Bertarif Tidak Biasa

Nggak harus bergelar sarjana pendidikan untuk membuka jasa les privat ini. Selama kamu punya kemampuan menguasai mata pelajaran tertentu, kamu sudah punya bekal yang cukup untuk membuka usaha ini. Misalnya, kamu bisa membuka jasa les privat di rumah yang buka mulai petang hari.

Guru les privat [Image Source]
Jadi, anak-anak (dalam kelompok-kelompok yang sudah ditetapkan) akan datang ke rumahmu untuk meminta les. Jadwalnya bisa disesuaikan, nggak harus setiap hari. Bisa seminggu 3 kali atau disesuaikan dengan jadwal sekolah si anak. Kalau satu anak per bulannya membayar 100 ribu rupiah dan kamu memberi les pada 20 anak, uang 2 juta rupiah sudah bisa masuk ke kantongmu setiap bulannya. Semakin inovatif teknik mengajar yang kamu punya, semakin naik kelas level les privatmu dan tentunya harganya juga bisa dibikin beda dengan les belajar konvensional. Ingat lho, sekarang jamannya berinovasi..

Penulis Artikel dan Ahli SEO, Banyak yang Berani Bayar Kamu Lebih..

Pernah dengar SEO? Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO adalah optimasi mesin pencari. Berbagai situs dan web biasanya membutuhkan artikel dan skill SEO untuk meningkatkan jumlah kunjungan atau trafiknya. Jadi, artikel yang dibuat akan memuat kata kunci-kata kunci (keywords) tertentu. Intinya, di era digital seperti saat ini, banyak agen penulisan yang mencari keahlianmu ini dan, kenapa nggak dicoba?

Penulis artikel [Image Source]
Tarif yang didapat bisa beragam. Untuk pembuat artikel biasanya tergantung dari jumlah kata per artikel yang dibuat. Misal, untuk 1.000 kata dihargai 100 ribu rupiah. Kalau dalam satu hari kamu sanggup menulis 1.000 kata, maka dalam 20 hari saja kamu sudah bisa dapat 2 juta rupiah. Tapi memang, ketelitian dan konsistensi sangat penting di pekerjaan ini.

Jualan Aneka Produk Online, Jadi Pedagang Dunia Digital yang Bisa Punya Motor Tanpa Nyicil

Kamu bisa memanfaatkan waktu di sela-sela jam kerja dan hari libur untuk mempromosikan produk yang kamu jual secara online. Di sini kamu juga perlu pintar-pintar menetapkan harga jual. Misal, kamu membeli satu kodi kaos seharga 600.000 dengan biaya kirim 20.000. Jadi modal untuk per potong kaos 31.000. Kalau ingin dapat laba 5.000 per potong, maka kamu perlu menjualnya dengan harga 36.000.

Jualan online [Image Source]
Kalau semua produk terjual dalam waktu dua hari, kamu bisa mengantongi laba 100.000. Dalam sebulan bisa dapat untung 1,5 juta rupiah. Itu baru satu produk, kalau kamu bisa menjual aneka produk lain dengan margin untung yang lebih besar, maka keuntungan pastinya akan berlipat.

Gaji di kantor bakalan segitu-segitu aja, tapi dengan beberapa trik kita bisa mendapatkan penghasilan lebih. Namun ingat, konsistensi dan ketekunan sangat dibutuhkan untuk itu. Jangan cuma terima orderan tapi males. Itu malah jadi bumerang. Kerjaan freelance terbengkalai, kantor juga nggak konsen gara-gara klien menagih terus.

Written by Endah Boom

Leave a Reply

Segini Nih Biaya Liburan Obama, Ternyata Bisa Buat Memberi Makan Palestina Hingga Beberapa Tahun Lamanya

9 Artis Cantik Indonesia Ini Justru Makin Menawan di Usia Tua Dibanding Masa Mudanya