in

Untung Pranoto, Seorang Perwira Kopassus yang Ternyata Dulunya Preman Gahar

Menjadi anggota TNI tentunya bukan hal yang mudah. Mesti punya mental baja, fisik yang kuat dan tangguh, serta perilaku baik agar bisa bertahan di sana. Bayangkan saja, ada tato di tubuh saja bisa-bisa nama kita dicoret dari daftar pelamar. Intinya semua aspek harus baik kalau mau masuk TNI.

Namun ada loh anggota TNI yang berlatar belakang tidak biasa. Bagaimana tidak, mantan preman ternyata bisa mendapatkan jabatan yang tinggi di satuan ini. Lalu siapakah sosok tersebut dan kenapa bisa jadi anggota TNI? Simak ulasan berikut ini.

Untung Pranoto si preman terminal

Jika menilik nama Untung Pranoto sekarang, mungkin yang terlintas di benak kita sekarang adalah salah satu Letnan TNI yang disegani. Akan tetapi bila kita menengok ke belakang, ternyata ada kisah tidak biasa di baliknya. Ya, bukan berlatar belakang keluarga TNI ataupun orang pada umumnya, ia rupanya memiliki masa lalu sebagai mantan preman.

Ilustrasi preman [sumber gambar]
Terminal jadi tongkrongannya sehari-hari, lengkap dengan rambut gondrong dan penampilan yang gahar. Dulu banyak orang yang takut dengan Untung Pranoto kalau dirinya lewat. Yang jelas sosok Untung Pranoto yang dulu sangat jauh sekali dari image seorang TNI yang berjiwa patriot.

Mencoba tobat dan daftar menjadi anggota TNI

Semakin lama menjalani hidup sebagai preman rupanya membuat Untung bosan. Apalagi kerjaannya dulu hanya nongkrong di terminal tidak menghasilkan apa-apa. Hingga tiba di suatu saat keinginan dirinya untuk segera meninggalkan gaya hidupnya itu. Yang ada di benaknya kalau dia tidak menjadi tentara maka dirinya tak lebih hanyalah seorang bajingan.

Daftar jadi TNI [sumber gambar]

Oleh sebab itu Untung Pranoto pun membulatkan tekat untuk daftar menjadi anggota TNI. Namun semua tidak berjalan dengan mulus, Untung Pranoto sempat gagal dua kali untuk jadi prajurit. Pada percobaan ketiganyalah ia resmi menjadi salah satu tentara yang siap melindungi bumi pertiwi ini.

Awal masuk juga perjuangannya luar biasa

Lantara ijazahnya hanya SD dan SMP, tentunya jabatan yang tidak terlalu tinggi yang didapatkan. Namun meskipun begitu Untung merasa bangga dengan apa yang dilakukannya karena telah keluar dari lingkaran masa lalunya. Pun demikian gaji awal yang didapatkan tidak terlalu banyak, hanya Rp75 ribu saja.

Ilustrasi Kopassus [sumber gambar]
Lantaran masalah finansial ini akhirnya yang membuat dirinya tidak jadi menikahi gadis pujaannya. Hal ini dikarenakan sang calon mertua meminta uang mahar sebesar Rp2 juta. Tentu saja Untung belum bisa menyanggupinya dan akhirnya melanjutkan operasinya. Namun demikian hal ini jadi pengalaman yang tidak dilupakan oleh dirinya.

Naik pangkat dan jadi anggota Kopassus

Atas kegigihannya di TNI, Untung pun diangkat menjadi anggota Kopassus. Ya, satuan khusus tentara yang sudah sering kita dengar prestasinya. Tak sampai di situ rupanya, ia sudah beberapa naik pangkat karena prestasi-prestasi yang luar biasa. Tak tanggung-tanggung, sudah 17 kali Untung naik jabatan yang membuat namanya jadi sangat disegani.

Ilustrasi Letkol [sumber gambar]
Karier tertingginya adalah perwira Letkol, di mana tugas Untung untuk mendisiplinkan para tentara yang tidak taat dengan peraturan. Jika ditanya, mungkin ia dulu tidak membayangkan bisa ada di posisi seperti itu. Namun dengan usaha dan niat kerasnya semuanya jadi terasa mungkin dan dapat diwujudkan.

BACA JUGA: Kehebatannya Diakui, Inilah Pasukan Dunia yang Pernah Dilatih oleh Kopassus

Memiliki masa lalu yang lumayan buruk bukan berarti akan mempunyai masa depan yang hancur juga. Buktinya Letkol Untung telah berjuang mengubah nasibnya menjadi seorang yang lebih baik. Hal inilah yang harus kita pelajari dari sosok Untung Pranoto agar selalu semangat dalam menjalani hidup.

Written by Arief Dian

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Akui Positif Covid-19, Anies Baswedan dibandingkan dengan Habib Rizieq Shihab

Sebabkan Banyak Keresahan, Habib Rizieq Akhirnya Minta Maaf dan Sampaikan Ini Pada Pengikutnya