in

Sebelum Heboh di Debat, Ternyata Unicorn Sudah Terlebih Dahulu Ramai di Jagat Olahraga

Meski debat capres jilid kedua sudah berakhir beberapa hari yang lalu, gema mengenai kata unicorn agaknya belum-belum benar surut. Masih banyak para warganet yang diam-diam melakukan sindiran menggunakan kata tersebut. Bahkan beberapa meme-meme tentang unicorn juga masih kerap muncul di banyak media sosial. Sekedar mengingatkan, unicorn sendiri muncul lantaran ‘kegagapan’ capres nomor 2 mengulas hal tersebut pada debat Minggu (17/02/19).

Masih berbicara tentang hal tersebut. Sebetulnya, jauh sebelum kata tersebut heboh di Indonesia, unicorn sudah terlebih dahulu ramai di jagat olahraga dunia. Malahan, bayak cabang-cabang olahraga mengunakan kata tersebut sebagai lambang kehebatan seorang atlet atau sebuah tim. Mungkin mendengar fakta tersebut dahi kalian mengkerut karena tidak percaya, namun memang benar adanya dan berikut buktinya!

Di Liga India dan Inggris unicorn digunakan sebagai nama sebuah kesebelasan

Dalam dunia sepak bola istilah unicorn muncul menjadi sebuah identitas klub. Seperti contohnya adalah salah satu tim India yang berlaga di level amatir turnamen regional Sikkim Governor Gold Cup, menggunakan untuk nama yaitu Unicorn FC. Berdiri tahun 2014 lalu, tim ini juga gunakan hewan kuda bercula sebagai lambang di dada.

Aksi pemain Unicorn FC [Sumber Gambar]
Setali tiga uang dengan kesebelasan tadi, salah satu kesebelasan di liga amatir Inggris, Divisi Satu atau kasta kedua West Sussex Football League Inggris juga gunakan istilah tersebut sebagai identitas. Bernama The Unicorn Football Club kabarnya tim sepak bola ini tengah berada di puncak klasemen kompetisi yang diikuti.

Dunia basket gunakan unicorn untuk juluki pemain punya kemampuan habat

Selain dunia sepak bola, unicorn juga muncul dalam olahraga basket. Dimana istilah tersebut digunakan untuk melabeli para pebasket NBA yang mempunyai kemampuan jempolan. Dilansir dari Bolasport, unicorn akan diberikan kepada pemain yang punya kesempurnaan dalam melakukan tembakan, dribel, steal, menyerang, dan bertahan.

Aksi Kristaps Porzingis di lapangan basket [Sumber Gambar]

Baru-baru ini atlet basket asal klub Dallas Mavericks yaitu Kristaps Porzingis dijuluki sebagai seorang unicorn di NBA. Hebatnya, Kristaps menerimanya di usianya yang masih sangat muda yaitu 23 tahun. Sebagai seorang aktor lapangan basket, pemuda asal Latvia tersebut mempunyai posisi sebagai forward.

Unicorn digunakan di olahraga golf untuk melabeli 4 kemenangan beruntun

Tidak berhenti di dua hal tadi saja, istilah unicorn juga muncul di arena golf. Hampir sama seperti di basket tadi, kata tersebut di olahraga identik dengan kaum berduit itu, juga digunakan untuk melabeli kemampuan hebat atletnya. Dimana mereka yang mampu menang di empat kejuaraan besar beruntun akan dijuluki unicorn.

Penampilan sangar Tiger Woods [Sumber Gambar]
Meski kelihatannya gampang, tapi tidak banyak atlet golf yang bisa melakukan hal tersebut. Usut punya usut, nama Tiger Woods menjadi salah satu berhasil taklukkan hal tersebut. Ketika itu tahun 2000-an, ia sukses merengkuh empat gelar beruntun dalam dua belas bulan kalender yaitu menang di ajang The Masters, US Open, British Open, dan PGA Championship.

Tidak hanya sepak bola, klub bernama unicorn juga muncul di bisbol

Seperti telah dijelaskan di sub judul tersebut, ternyata tidak hanya klub sepak bola sebagai saja yang gunakan unicorn sebagai nama. Jauh dari itu, tim bisbol asal Korea Selatan tersebut juga gunakan istilah tersebut sebagai identitas klub. Bernama Hyundai Unicorns, tim ini bisa dikatakan sudah tua lantaran sudah berdiri sejak 37 lalu.

Pemian di Hyundai Unicorns [Sumber Gambar]
Kini Hyundai Unicorns mentas di KBO League, kasta paling tinggi dalam tingkatan ajang liga bisbol di wilayah Korea Selatan. Dalam sejarahnya klub kerap gunakan seragam warna hijau tersebut sudah sukses menjadi juara Bisbol di Korsel sebanyak empat kali di tahun 1998, 2000, 2003, dan 2004.

BACA JUGA: Belajar dari Bisnis Unicorn RI yang Bisa Digunakan Untuk Meningkatkan Kesuksesan Diri

Begitulah sobat Boombastis beberapa kata unicorn yang ada di jagat sepak bola. Kira-kira ada yang kalian kenal atau tidak? Kalau aku sih, jika bukan karena debat kemarin hal-hal tadi sangatlah asing di telinga. Besar harapan meski sempat menjadi kehebohan beberapa media sosial, kita sebagai bangsa selalu menjunjung persatuan tetap bisa hidup rukun dan damai.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Sudah Dandan Cantik, Pengantin Ini Terima Kabar Duka Bahwa Calon Suaminya Meninggal Dunia

Raffi-Nagita Dapat Kado Ulang Tahun Spesial dari Orang Tua, Katanya: Mumpung Mama Masih Ada