in

Mengenal Uitemate, Teknik Anti Tenggelam yang Bisa Selamatkan Jiwa Saat Keadaan Darurat

Di kala kita naik kapal laut atau perahu, pasti yang ada di pikiran adalah bagaimana kalau seumpama transportasi tersebut mengalami kebocoran. Lalu, kita tidak sedang membawa persiapan apapun seperti pelampung atau ban renang. Apalagi kalau kita tidak bisa berenang, niscaya hanya doalah yang mampu menyelamatkan diri dari ganasnya air laut serta hewan-hewan buas di bawah perairan.

Tapi, pikiran tersebut akan hilang kalau kita sudah tahu satu trik yang bisa selamatkan kita di kondisi darurat itu. Namanya adalah uitemate yang merupakan teknik mengapung sederhana dari Jepang. Berkat teknik satu ini, melansir dari bacaterus.com, ada anak SD di Jepang yang selamat saat terjadi hujan badai di Kobe tahun 2008. Jadi, tak perlu diragukan lagi bagaimana fungsi dari uitemate ini. Nah, untuk lebih jelasnya, simak ulasan tentang uitemate di bawah ini.

Harus tenang, jangan panik

Angkat dagu setinggi-tingginya [Sumber Gambar]
Pertama, kalian harus bersikap setenang mungkin. Dengan tenang, kemungkinan tenggelam akan sedikit untuk terjadi. Beda lagi kalau kalian sudah panik, yang ada badan tidak bisa menjaga keseimbangan dan alhasil tubuh jadi tenggelam. Nah, jika kalian sudah tenang, bernapaslah dengan cara mengangkat dagu tinggi-tinggi. Lalu, jangan lupa juga, pandangan harus lurus ke atas. Hal satu ini dilakukan supaya wajah tidak terkena air, sehingga kalian bisa mendapatkan oksigen secara leluasa.

Posisikan tangan menjadi seperti ini

Tangan diposisikan sejajar dengan bahu [Sumber Gambar]
Kemudian, kalian bisa merentangkan bagian tangan. Tapi, yang perlu diingat adalah posisi rentangan tangan harus sejajar dengan bahu supaya tubuh menjadi lebih seimbang di atas air. Lakukan hal yang satu ini dengan perlahan dan jangan terburu-buru. Supaya badan kalian tetap di atas air sehingga tidak akan tenggelam. Jika masih gagal, coba terus dan pelankan gerakan kalian ya.

Untuk kaki, kalian harus memposisikan seperti ini

Merentangkan kaki [Sumber Gambar]
Lalu, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah merentang kaki. Jangan lebar-lebar ya, apalagi sampai sejajar. Kalian sedang menyelamatkan diri, bukan cari sensasi. Sehingga rentangkan kaki secukupnya saja. Kalau kalian membuka kaki terlalu lebar, akibatnya tubuh menjadi tidak seimbang. Nah, satu lagi, jika kalian sedang dalam kondisi memakai sepatu jangan pernah dilepas ya. Alasannya bobot dari alas kaki bisa membantu kalian untuk mengapung lebih mudah.

Inilah cara terakhir yang bisa kalian lakukan

Memeluk botol [Sumber Gambar]
Terakhir, jika ada benda ringan dan bentuknya seperti pipa bisa kalian ambil. Contohnya adalah botol kosong. Guna benda satu ini yaitu untuk membantu kalian dalam proses mengapung. Cara menggunakannya adalah cukup dengan didekap pada dada atas atau perut kalian. Kemudian, peluk ringan botol tersebut sampai kalian menemukan tempat yang aman.

Dengan adanya teknik ini, Hidetoshi Saito selaku Profesor dari Universitas Teknologi Nagaoka Jepang berharap kalau uitemate harus segera diketahui oleh seluruh orang di dunia. Khususnya adalah orang-orang yang tinggal di Asia Tenggara karena di kawasan tersebut sering sekali terjadi banjir. Jadi, teknik uitemate penting sekali untuk kita, apalagi yang tinggal di dekat laut ataupun sungai. Dengan cara ini, risiko untuk tenggelam akan terkurangi sedikit demi sedikit.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Bukan Pelanggaran Berat, Melakukan 5 Hal Sepele Ini Bisa Berakhir Bui di Arab Saudi

Ariel Noah Gandeng Pacar Baru, Ini 7 Wanita yang Pernah Menghiasi Kehidupan Romansanya