in

Viral Lembaran 100 Ribu Tak Dipotong, Yuk Kenalan dengan Uang Rupiah Khusus dan Harganya

Bahas uang memang bisa bikin senang walaupun tak lagi dipegang. Misalnya salah satu kejadian yang baru-baru ini ramai di media sosial. Yakni seorang netizen yang menunjukkan ia memiliki uang kertas Rp100 ribu dalam 4 bagian, tapi kondisi belum dipotong. Hal ini sudah bisa memantik rasa penasaran followers-nya.

Sebenarnya, uang yang dipamerkan itu termasuk sebagai uang rupiah khusus (URK). Namun karena penerbitan dan kepemilikannya tak sebebas uang pada umumnya, jadi banyak yang masih belum tahu. Nah, buat yang suka koleksi uang antik maupun uang edisi khusus, mari mengenal lebih dalam uang jenis ini.

Apa itu uang rupiah khusus (URK)?

Uang rupiah khusus [Sumber Gambar]
Uang rupiah khusus atau disebut juga uang bersambung adalah jenis yang diterbitkan dengan tujuan umumnya bukan sebagai alat tukar. Biasanya yang mengincar adalah para kolektor, sehingga kondisinya sering berupa lembar besar yang belum dipotong atau koin, kemudian ditempatkan pada kemasan khusus. Tempat uang ini juga bentuknya cenderung unik dan menarik sebagai cendera mata. Meski demikian, uang ini tetap bisa kok dijadikan alat pembayaran yang sah. Salah satu jenis URK adalah pecahan Rp75.000 yang dikeluarkan saat memperingati hari ulang tahun kemerdekaan RI ke 75.

Ingin punya juga? Siapkan duit segini

Jika Sobat Boombastis mengikuti pemberitaan tentang terbitnya uang pecahan Rp75.000 tahun lalu, pasti tahu kalau harga yang dibayarkan tidak akan sama, malah lebih mahal dari nominalnya. Ya, karena ada penghitungan sendiri mengenai pembelian uang tersebut. Misalnya uang Rp100 ribu atau Rp50 ribu isi 4 tak dipotong, meski nominalnya seharga Rp400 ribu dan Rp200 ribu, akan dikenai pajak dan biaya lainnya.

Uang bersambung tak dipotong biasanya dikemas khusus dan harganya lebih tinggi [Sumber Gambar]

Total harga uang Rp100 ribu tak dipotong bisa mencapai Rp1.115.000 sedangkan uang Rp50 ribu tak dipotong bisa seharga Rp695 ribu. Variasi lainnya adalah pecahan seribu rupiah hingga Rp75 ribu. Tapi, jangan lupa siapkan budget ekstra kalau memang ingin memilikinya ya.

Ini reaksi masyarakat mengetahui URK

Meski ini sangat menarik bagi banyak orang yang suka berburu uang keluaran baru atau kolektor uang antik, bukan warganet Indonesia namanya kalau tidak memberikan reaksi lucu-lucu. Saat ini bahkan untuk makan, orang awam bisa berpikir dua kali sebelum membelanjakan uangnya. Apalagi untuk memiliki uang rupiah khusus ini. “Fiks kalau lihat harganya gue milih sambung sendiri dah,” ujar seorang netizen yang ciut saat mengetahui harganya bahkan lebih dari 2 kali lipat nominal. “Team uang sobek masih dilakban yuuuk mundur alon-alon,” komen netizen dengan argumen yang sama.

Beberapa uang kertas rupiah juga dikeluarkan dalam bentuk bersambung untuk kolektor [Sumber Gambar]
Ada juga yang tidak ambil pusing dengan URK mahal tersebut, “punya uang ga di potong kok bangga, gue punya uang disambung solatip berkali-kali biasa aja.” Yah, memang sebenarnya uang sambung ini tidak jauh berbeda dengan uang kertas yang kita pakai sehari-hari. Hanya beda bentuk dan kemasan saja.

BACA JUGA: Dihargai Sampai Rp100 Juta per Kepingnya, Uang Koin Seribu Ini jadi Barang Buruan

Barangkali bila bukan kebutuhan mendesak, untuk harga segitu bisa ditabung saja untuk Lebaran yang sebentar lagi tiba, atau beli kuota WFH (kerja dari rumah) sampai setahun penuh. Toh sebenarnya selama ini kita juga mengoleksi uang untuk biaya hidup sehari-hari. Hehe..

Written by Orchid

Leave a Reply

Putuskan Berhijab, Penampilan Baru Evelin Nada Anjani Bikin Netizen Adem

Makin Tak Ada Harga Diri, Pocong Apes Ini Lari Terbirit Ketakutan Gara-gara Dikejar Anjing