in

Baju Adat Cina hingga Logo Palu Arit, Uang-uang Rupiah Ini Sempat Bikin Heboh Netizen

Pemerintah baru-baru ini menerbitkan uang rupiah edisi khusus menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-75. Uang baru tersebut semakin istimewa lantaran dicetak terbatas dalam bentuk kertas. Berbeda dari era-era peringatan HUT RI sebelumnya yang diabadikan menjadi sebuah koin.

Hanya saja, keberadaan uang pecahan Rp75 ribu itu sempat jadi sorotan karena gambar salah satu anak di dalamnya dianggap netizen memakai pakaian adat Cina. Bukan sekali ini saja desain rupiah dipermasalahkan. Sebelumnya, uang keluaran BI itu pernah dituding menggunakan lambang palu arit. Selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Anggapan Habib Rizieq soal adanya logo palu arit di uang rupiah

Logo pada uang rupiah yang dipermasalahkan karena dianggap mirip palu arit [sumber gambar]
Sosok Habib Rizieq Shihab sempat jadi sorotan pada 2017 silam setelah mempermasalahkan adanya logo yang dianggap mirip palu arit di uang rupiah baru. Kasus ini pun membuat Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu diperiksa oleh Direktorat Kriminal Khusus Mapolda Metro Jaya. Dirinya bahkan berharap agar uang yang menggunakan logo tersebut ditarik dari peredaran.

Salah satu baju adat di uang baru pecahan Rp75 ribu jadi sorotan netizen

Uang baru pecahan Rp75.000 yang diterbitkan pemerintah untuk memperingati HUT RI ke-75 sempat ramai dibicarakan oleh netizen, setelah adanya tudingan soal gambar anak yang memakai baju adat Cina. Setelah ditelusuri, pakaian tersebut ternyata busana adat Suku Tidung, Kalimantan Utara. Hal ini juga diklarifikasi oleh Akun Twitter resmi Masyarakat Anti Fitnah (MAFINDO) Pusat, sekaligus mematahkan argumen baju adat Cina tersebut.

Wacana desain baru uang dengan nominal yang didenominasi

Ilustrasi desain redenominasi rupiah [sumber gambar]

Wacana redenominasi uang rupiah memang belum sepenuhnya berjalan. Namun netizen tiba-tiba dikejutkan dengan munculnya ilustrasi desain uang rupiah baru yang angkanya telah diredenominasi. Jika dilihat, gambar maupun warna yang digunakan lebih minimalis dan sederhana dengan angka nol yang telah dikurangi di masing-masing pecahan mata uang.

Keberadaan uang koin Rp100.000 bergambar komodo yang super langka

Uang pecahan Rp100.000 bergambar komodo yang langka [sumber gambar]
Tidak banyak masyarakat yang sadar bahwa pemerintah pernah menerbitkan uang logam dengan pecahan Rp100.000 pada tahun 1974 silam. Uang bergambar komodo itu dibuat dengan bahan emas yang memiliki kadar 900/1000. Karena dicetak secara khusus dan tidak diedarkan untuk umum, keberadaannya kini sangat bernilai dan langka sehingga banyak diburu kolektor.

Uang koin bimetal kelapa sawit dijual hingga puluhan juta rupiah

Koin kelapa sawit pecahan Rp1.000 yang dijual online seharga puluhan juta rupiah [sumber gambar]
Uang koin pecahan Rp1.000 bergambar kelapa sawit tahun emisi 1993 sempat viral beberapa waktu lalu lantaran dijual hingga puluhan juta rupiah di marketplace online. Beberapa bahkan dibanderol hingga menyentuh ratusan juta rupiah. Padahal, koin dengan desain bimetal itu masih dianggap laku sebagai alat pembayaran yang sah karena belum ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia (BI).

BACA JUGA: Dihargai Sampai Rp100 Juta per Kepingnya, Uang Koin Seribu Ini jadi Barang Buruan

Khusus untuk uang Rp75.000 yang diterbitkan untuk memperingati HUT RI ke-75, pemerintah mencetaknya dengan teknologi pengaman sehingga sulit dipalsukan. Desainnya pun menggambarkan semangat kebhinekaan yang diwakili oleh anak-anak berbaju adat dalam balutan warna-warni yang indah. Dirgahayu Negara Kesatuan Republik Indonesia ke-75. Merdeka!

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Sangarnya Unit Kidon, Mesin Pembunuh yang Membuat Israel Ditakuti Banyak Negara

Dipicu Soal Harta, Anak-anak Ini Dianggap Durhaka karena Konflik dengan Ibu Kandung