in

Mengenal Profesi Tukang Ojek Kambing, yang Mendadak Tajir Saat Hari Raya Kurban

Penghasilan lumayan [image source]

Datangnya hari raya Idul adha, rupanya menjadi berkah bagi sebagian orang. Ya, terutama para penjual kurban, pastinya dagangannya bakal laku tidak karuan. Tak jarang dari mereka yang penjualan kambing atau sapinya sampai meningkat tiga hingga empat kali lipat. Rezeki nomplok tuh.

Masih tentang kurban, rupanya ada lagi orang lain yang juga dapat untung banyak. Ya, kalian pasti dengan profesi ini, para tukang ojek kurban. Meskipun pekerjaannya memang musiman, ternyata untungnya juga sangat menjanjikan. Bukan hal yang aneh kalau profesi yang satu ini tiba-tiba menjamur di masyarakat. Agar lebih paham, mari mengenal pekerjaan tukang ojek kambing ini.

Profesi baru yang muncul musiman

Memang kalau pekerjaan yang satu ini kadang munculnya pada saat-saat tertentu saja. Namun demikian pastinya hasil yang didapatkan pun menjanjikan. Umumnya para ojek kambing ini hanya dapat ditemui saat idul adha atau pun idul fitri tiba.

Profesi musiman [image source]
Ya, mengingat pada saat itu konsumsi mengenai daging sangat meningkat drastis. Apalagi saat hari raya kurban, kadang para ojek kambing ini bisa sangat kewalahan jika harus menerima semua orderan. Ya, meskipun profesi ini baru muncul sejak beberapa tahun yang lalu, rupanya sudah banyak orang yang mengaku sangat terbantu dengan jasanya, oleh sebab itu kadang para ojek kambing ini sampai melimpahkan orderannya pada orang lain.

Umumnya bukan sebuah perkerjaan tetap

Bisa dibilang kalau pekerjaan yang satu ini bukanlah sebuah profesi tetap bagi mereka, alias waktu tertentu saja dilakukan. Umumnya, para tukang ojek kambing ini juga memiliki pekerjaan sendiri, entah itu petani, tukang kebun atau bahkan penjual kambing itu sendiri.

Banyak yang pesan [image source]
Meskipun begitu, rupanya banyak orang pula yang jadi menggeluti profesi dadakan seperti karena memang bisa menghasilkan untung yang luar biasa. Berbekal sebuah sepeda motor, para tukang ojek kambing ini memodifkasinya menjadi sebuah kendaraan pengangkut. Bahkan tak jarang ada orang-orang yang memodifikasi sepedanya sampai bisa muat mengangkut tiga kambing loh.

Di saat yang tepat, bayaran yang luar biasa

Umumnya para tukang ojek kambing ini mendapatkan untung luar biasa saat tiga hari sebelum lebaran ataupun sesudahnya. Meskipun dianggap sepele, ternyata bayarannya lebih besar dari tukang ojek biasa loh. Berkisar Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu sekali jalan.

Penghasilan lumayan [image source]
Bahkan kalau pun jarak yang ditempuh jauh, para ojek kambing ini berani memasang tarif dua kali lipat dari biasanya. Bisa dihitung sendiri deh, kalau dalam satu hari ada  sampai sembilan atau sepuluh orderan, bukan hal aneh jika sampai  1- 2 jutaan hasilnya. Bahkan para ojek ini mengaku, kalau pun sepi minimal mereka dapat Rp 200 ribu lah.

Sering kerja sama dengan pedagang

Agar makin mudah dalam mendapatkan orderan, para tukang ojek kambing ini biasanya melakukan sebuah kerja sama dengan para pedagang hewan kurban. Dengan begitu para tukang ojek ini tidak akan kebingungan mencari orderan karena mereka datang sendiri ke tempat penjual kurban. Cara lain yang juga sering digunakan adalah dengan mangkal di tempat penjualan kurban.

Tukang ojek kurban [image source]
Ya seperti para tukang ojek pada umumnya, mereka berjejer dan menawarkan jasa antar binatang kurban ini pada setiap pembeli yang datang. Rupanya keberadaan mereka ini diakui sangat membantu, para tukang ojek dapat untung, sedangkan para pembeli jadi tidak perlu pusing harus sewa pick up buat mengantar kurbannya.

Bisa dibilang para tukang ojek kambing ini menemukan kesempatan yang tepat dalam menjalankan usahanya. Memang sih kelihatannya pekerjaannya sangat biasa, tapi kalau lihat hasilnya kita juga bakal angguk-angguk juga.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

12 Meme Qurban Ini Bakal Bikin Kamu Ngakak Sampai Sakit Perut

Inilah Perbandingan Kecantikan Tentara Indonesia dengan Korea Utara, Pilih Mana Nih?