Sejauh kita mau berusaha, tak ada yang tidak mungkin bisa diraih di dunia ini. Mungkin, kata-kata inilah yang pantas disematkan pada kisah sukses seorang pria bernama Agung Darma ini. Meski berprofesi sebagai tukang galon, ia berhasil terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Dilansir dari kumparan.com, pria asal Kabupaten Muna Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ini, memanfaatkan jalur pertemanan dengan pelanggan dari usaha galon miliknya. Dirinya pun memantapkan diri maju sebagai calon legislator (caleg) melalui Partai Demokrat dengan nomor urut 2. Kisah suksesnya di bawah ini pun sangat menarik untuk disimak.

Pengusaha air mineral galon yang dikenal sebagai atlet berprestasi

Sebelum dirinya dikenal lantaran mencalonkan diri sebagai Anggota DPRD, Agung menekuni usaha penjualan galon air mineral Desa Guali, Kecamatan Kusambi, Muna Barat, Sultra. Di samping menjalankan bisnis yang dilakoninya sejak 2017 silam itu, Agung juga ternyata seorang atlet karate berprestasi sejak duduk di bangku SMA.

Mencoba maju menjadi caleg dan diusung oleh Partai Demokrat

Agung dikenal sebagai pengusaha air galon mineral [sumber gambar]
Awal mula Agung mengenal dunia politik adalah, saat dirinya mengetahui bahwa di daerahnya (Muna Barat), baru pertama kali menyelenggarakan Pemilihan Legislatif (Pileg). “Saya berani maju karena semua pemula. Untuk DPRD Muna Barat, ini adalah Pileg pertama, belum ada incumbent, makanya saya beranikan diri,” ujar Agus yang diusung oleh Partai Demokrat seperti dikutip dari kumparan.com.

Manfaatkan jaringan pelanggan usaha galon miliknya

Manfaatkan jaringan pelanggan usaha air galon miliknya [sumber gambar]
Untuk meraup suara, Agus mengandalkan jaringan perkenalan dari para pelanggan usaha air galon miliknya. Terlebih, dirinya juga tak memiliki cukup uang sebagaimana layaknya seorang caleg pada umumnya. Tak patah arang, Agung memilih pendekatan secara sosial pada masyarakat. “Strategi saya hanya dari jaringan galon. Rata-rata langganan galon saya memberi dukungan ikhlas, tanpa diberi uang, karena sebagian merupakan keluarga,” imbuh Agung yang dikutip dari kumparan.com.

Mampu kalahkan suara dari politikus yang lebih senior dari dirinya

Agung Darma bersama ibundanya di kediaman pribadinya di Muna Barat [sumber gambar]
Strategi Agung memanfaatkan jaringan pertemanan ternyata sangat jitu. Ia ternyata memperoleh suara yang cukup untuk mengantarkannya sebagai Anggota DPRD Muna Barat. Yang mengejutkan, ia sukses mengalahkan perolehan suara Ketua DPC Partai Demokrat Muna Barat, La Ode Abdul Gamal, di mana dirinya meraup dukungan sebanyak 734. Sementara itu, La Ode berhasil mengumpulkan 520 suara.

Rahasia Agung sukses terpilih sebagai Anggota DPRD

Rahasia jitu Agung hingga terpilih sebagai Anggota DPRD [sumber gambar]
Meski berawal dari coba-coba, upaya Agung mencalonkan diri sebagai caleg ternyata sangat berhasil. Rahasianya? Selain mengandalkan jaringan sosial yang telah terjalin, ia juga mengaku tak pernah mengumbar janji-janji manis di depan masyarakat. Sebaliknya, Agung hanya menjaga silaturahmi dengan baik sambil memberikan visi dan misinya sebagai caleg.

BACA JUGA: Bermodal Aktif Berorganisasi, Mantan Satpam Ini Sukses Lolos Menuju Kursi DPRD

Tak ada yang menyangka jika Agung berhasil terpilih menjadi Anggota DPRD Muna Barat. Padahal, dirinya pada saat itu hanya mencoba-coba saja. Berbekal semangat dan jaringan pertemanan yang dibangun oleh dirinya, ia justru berhasil terpilih tanpa harus mengeluarkan uang dan mengumbar janji-janji manis. Wah, hebat ya Sahabat Boombastis.