in

Heboh Tryout CPNS yang Dipandu oleh Satu Akun di Instagram, BKN: Awas Hati-hati!

Dua hari yang lalu, heboh pengguna Instagram memposting ajakan untuk ikut dalam tryout CPNS 2019 mendatang. Kabar tersebut didapatkan dari satu akun @cpnsindonesia.id, dan akan dilaksanakan secara serentak pada akhir bulan, Sabtu (29/6) jam 19.00 di seluruh Indonesia.

Dalam informasi yang beredar disebutkan jika tryout akan dilakukan menggunakan sistem Computer Assited Test (CAT) yang selama ini dimiliki oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Karena tes yang dilakukan secara gratis inilah, ada banyak sekali warganet yang mengisi form yang disediakan melalui Google Form.

Tryout yang disebut warganet ala Giveaway

Karena massive-nya pengguna Instagram yang mengunggah di instastory mereka, maka ada pengguna Twitter yang sengaja sharing terkait kebenaran berita tersebut. Menurut mereka tryout ini lebih mirip dengan giveaway, yang nantinya akun tersebut tiba-tiba ganti nama dan menjadi akun olshop.

Tryout ala Giveaway [sumber gambar]
Keberadaan akun ini sebenarnya sudah dari Desember tahun 2018 lalu. Postingan yang ada di akun ini pun hanya 48 foto. Hingga kini, akun yang tidak tau milik siapa ini sudah mempunyai 856 ribu pengikut, dan diperkirakan akan terus bertambah.

Hal yang mengganjal di hati netizen

Menurut akun @iRudisca, ada banyak sekali kejanggalan yang membuat curiga. Pertama, karena mereka meminta data-data nya terlalu detail perlu mulai dari asal wilayah, jurusan, asal kampus, Instagram, sama nama lengkap.

Form pendaftaran CPNS [sumber gambar]

Jadi, menurutnya, informasi dan data yang lengkap seperti itu bisa dijual dan digunakan untuk targeted ads. Setelahnya pun, bagi mereka yang sudah mendaftarkan diri, nomor registrasi yang diberikan semuanya sama.

Bantahan dari BKN yang tidak berkerjasama dengan siapapun

Sementara netizen ramai-ramai membahas perihal keraguan mereka apakah ini penipuan atau bukan, banyak pihak yang ngetag akun official @BKNgoid untuk memastikannya. Dan tanggapan BKN juga cukup mengejutkan. Instansi pemerintah menegaskan tidak bekerja sama dengan pihak mana pun untuk menggelar uji coba tes CPNS 2019 secara serentak.

BKN juga meminta warganet untuk berhati-hati dengan informasi tersebut. “#SobatBKN, hati-hati terhadap pihak yg mengaku mengetahui soal CPNS dan menggelar simulasi/tryout dengan bekerjasama dengan BKN,” cuit BKN. Mereka juga mengatakan jika segala macam yang berkaitan dengan CAT akan diumumkan melalui situs dan media sosial resmi mereka.

Tanggapan dari akun @cpnsindonesia.id

Tak terima, akun ini kembali mengungkapkan bahwa mereka tidak menipu netizen. Dalam unggahan isntastory-nya, admin akun ini mengatakan bahwa meskipun tidak bekerjasama dengan pihak BKN dan pemerintah, tetapi mereka tetap akan melakukan tryout secara serentak pada Sabtu malam nanti.

Cuitan akun penyelenggara [sumber gambar]
Si admin juga menerima segala cacian dan hujatan yang dialamatkan pada dirinya. “Hari Sabtu kita semua buktikan ya kak,” tulisnya. Awas kalau bohong, awto kualat ya min~

BACA JUGA: 5 Alasan Mengapa Kamu Tak Perlu Ngebet Jadi Pegawai Negeri

Entah ini memang penipuan atau bukan, yang jelas kita tetap harus membuktikan lebih dahulu dan lebih hati-hati lagi terhadap semua informasi yang datangnya bukan resmi dari BKN. Tambahan, jika memang tidak mau mengekspose data diri seperti yang diminta oleh Instagram tersebut, kalian bisa kok mencari contoh soal, atau mungkin membeli buku panduan untuk tes CPNS.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Lazim di Korea, Inilah 4 Fakta Operasi Plastik Pertama yang Ternyata Dilakukan Oleh India

Polosnya Anak Yatim Saat Pertama Masuk Mall, Merasa Gugup Hingga Membuat Karyawan Terharu