in

Trend Jamet, Potongan Rambut Ala Emo yang Wara-wiri di Internet Gara-gara Video Tik Tok

Akhir-akhir ini tengah viral video dari aplikasi Tik Tok yang menampilkan seorang pria dengan rambut gondong yang asyik berjoget-joget. Tak biasa, penampilan mereka sekilas mirip trend emo yang tenar di tahun 2004 hingga 2010-an. Rambut klimis berponi sebelah yang menutup sebagian mata, adalah gaya wajib dari mereka yang ada di video.

Jika digambarkan, mereka yang berdandan dengan gaya itu disebut sebagai Jamet. Oleh Indomeme, Jamet berarti “jawa metal” atau “jajal metal”. Di mana mereka yang menerapkan trend ini terinspirasi dari band-band screamo (scream + emo) metal macam Alesana, Asking Alexandria, dan Saosin. Namun karena agak ‘dipaksakan’ meski kurang pas, hasilnya pun malah terlihat norak.

Meski sempat tenggelam, kini gaya tersebut kembali dipopulerkan oleh para pengguna Tik Tok dengan jogednya yang khas. Banyak dari video yang bertebaran di YouTube menyebut mereka rata-rata merupakan Tiktokers asal Madura. Hal ni terlihat dari bahasa yang digunakan saat bercakap-cakap dalam beberapa video.

Uniknya, video mereka justru sering ditonton meski banyak yang menyebut hal tersebut terlihat absurd hingga cringe. Dari beberapa video yang ada, rata-rata menampilkan gerakan joget yang terkesan ‘itu-itu’ saja. Mencari keberadaan mereka pun cukup mudah di YouTube dengan kata kunci “Jamet Madura” hingga “Tik Tok Jamet”. Hasil yang ditampilkan akan mengarah ke sana.

Bagi mereka yang menghujat, video joged para jamet tersebut berulang kali diputar demi mendapat sensasi perasaan emosi sekaligus menghibur. Jika dilihat dengan seksama, ada beberapa dari mereka diduga berprofesi sebagai kuli bangunan yang tengah merekam kegiatannya di sela-sela pekerjaan maupun saat jeda istirahat. Hal ini terlihat dari pakaian yang digunakan berupa celana sobek di area lutut.

Dalam sebuah video berjudul TARIAN KHAS KULI #Bacotsantuy yang diunggah oleh YouTuber Qorygore, dirinya memilih beberapa video unik dan lucu secara acak untuk dikomentari. Salah satunya adalah para jamet plus goyangan khasnya yang berkali-kali tampil di videonya.

Videonya yang berjudul EBOYS KUPROY PYRAMID ILLUMINATI #bacotsantuy, YouTuber Qorygore juga berkali-kali dibuat kesal tapi terhibur dengan salah seorang pengguna Tik Tok yang dianggap sebagai jamet kuproy, dengan ciri khasnya berupa rambut gondrong dan aksen poni yang dibuat lancip ke atas.

Pengguna Tik Tok tersebut diketahui merupakan pemilik akun bernama Yusuf Shikuyus, yang videonya paling banyak dan mudah di cari di YouTube. Dengan ciri khas rambut gondrong dan poni lancip, sosoknya sukses memancing reaksi netizen yang rata-rata mengomentarinya dengan gaya satire namun pedas di telinga.

Tak hanya rambut gondrong, para jamet tersebut juga dikenal dengan gaya berpakaiannya yang terbilang unik untuk ukuran tahun 2020. Baju kedodoran, celana ketat yang dipotong hingga di atas mata kaki, plus goyangan khas ding bang ding yang fenomenal itu. Tak hanya menarik perhatian netizen, tapi juga memancing hujatan baik secara halus maupun terang-terangan dari komentar para netizen.

BACA JUGA: Kabar Terbaru Bowo Alpenliebe, Wajahnya Diblokir Tiktok Hingga ‘Sindir’ Netizen +62

Internet memang selalu menyajikan hal-hal yang unik dan tidak terpikirkan sebelumnya. Seperti fenomena jamet Tik Tok Madura di atas, banyak dari netizen yang menghujat, tapi juga malah bikin ketagihan untuk ditonton. Entah karena memang terpancing, atau sekedar pelarian demi membangkitkan asupan emosi sekaligus menghibur diri.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Walls Hadirkan Kembali Vianetta, 12 Es Jadul Ini juga Tak Kalah Legendaris Pada Masanya

Menikmati Belajar Islam ala Youtuber Korea yang Jadi Muallaf, Daud Kim (Jay Kim)