in

5 Kejadian Tragis Saat Saat Memancing, Tertusuk Ikan Hingga Meninggal Tak Tertolong

Kepala ikan Needlefish [sumber gambar]

Memancing ikan adalah aktivitas menyenangkan sebagai upaya mengusir stress. Apalagi kalau bisa mendapatkan ikan, kebahagiaannya bisa bertambah double deh. Namun, ada banyak hal yang harus kamu waspadai saat memancing. Pasalnya ada banyak sekali bahaya yang mengintaimu.

Bukan hanya kesalahan dari si pemancing saja loh, ada beberapa ikan yang bisa menyerang balik saat mereka merasa terancam. Seperti yang terjadi pada bocah 16 tahun di Buton Selatan, Sulawesi Tenggara beberapa waktu yang lalu. Sebelumnya, ada banyak sekali kejadian tragis yang dialami oleh orang-orang saat memancing.

Leher tertancap moncong Needlefish

Kepala ikan Needlefish [sumber gambar]
Tragedi yang bikin ngilu satu ini dialami oleh Muhammad Idul (16). Saat itu, ia ikut orang tuanya memancing di Pulau Siompu bersama temannya. Saat sedang mencari ikan, teman Idul menyenter ke arah dasar laut dan tiba-tiba saja seekor needlefish loncat ke permukaan dan moncong tajamnya langsung menancap ke leher Idul hingga menembus. Saat kejadian itu Idul sampai terpental dari perahunya. Idul dibawa ke rumah dengan kondisi ikan yang masih menancap di leher. Kondisi itu dibiarkan selama 2 hari, sebelum akhirnya Idul dibawa ke rumah sakit. Untung nyawanya masih tertolong.

Masuk rumah sakit karena sengatan Ikan Sembilang

Sengatan Ikan sembilang [sumber gambar]

Kejadian tragis lain dialami oleh Fredi Tambunan. Saat itu, ia memancing ikan dan kerang di kawasan Pantai Tanjung Uma, Batam. Saat hendak mengambil ikan yang masih berada di dalam air, tangan Fredi langsung disambar oleh Ikan Sembilang. Ikan yang mirip dengan lele ini terkenal memang beracun. Akibatnya, Fredi sempat menggigil dan demam. Sehingga pada akhirnya ia memilih untuk pergi ke rumah sakit.

Tewas karena serangan Ikan Caroang

Ikan Caroang [sumber gambar]
Ikan Caroang ini mirip dengan Needlefish, punya moncong yang panjang dan gigi tajam. Serangan ikan inilah yang membuat Andri, seorang nelayan di Pangandaran tewas saat memancing dan mencari lobster. Andri saat itu menyelam menggunakan senter. Cahaya senter itu ternyata memicu seekor Caroang menyerang Andri –karena ia merasa terancam. Andri meninggal di tempat karena tragedi tersebut. Di kalangan para pemancing, Caroang memang terkenal berbahaya karena agresif saat mereka merasa terancam.

Dipatil ikan lele

Ilustrasi patil [sumber gambar]
Lele atau catfish terkenal dengan patilnya yang membahayakan. Kajadian nahas ini dialami oleh seorang pria asal Darwin, Australia. Saat itu, ia tengah memancing di pantai Vestey pada pukul 9 malam dan mendapatkan seekor lele. Sayang saat diangkat, lele tersebut langsung mematil wajahnya sampai berdarah-darah. Untung, ada warga sekitar yang kemudian menolongnya dan membawa ia ke rumah sakit.

Tewas karena tusukan Ikan Todak

Tewas karena Ikan Todak [sumber gambar]
Sama seperti Needlefish dan Caroang, Todak merupakan ikan yang tak kalah berbahaya karena punya moncong yang tajam untuk menyerang musuhnya. Seorang pria bernama Randy Lianes di Amerika dilaporkan tewas saat memancing ikan di Dermaga Honokohau. Saat itu dari atas dermaga ia melihat ikan todak. Randy berniat menangkap ikan, ia malah diserang di bagian kiri tubuhnya. Meski sempat ditolong oleh para pemadam kebakaran, nyawa Randy tetap tak bisa diselamatkan.

BACA JUGA: Mengenal Catfish, Ikan Lele Raksasa yang Sanggup Telan Manusia Bulat-bulat

Maka dari itu, saat memancing harus sangat hati-hati ya. Karena ada banyak sekali makhluk laut yang bisa membahayakan dan membuatmu kehilangan nyawa. Cerita-cerita di atas bisa dijadikan sebagai pelajaran, kalau beberapa ikan agresif terhadap cahaya dan dapat menyerang tiba-tiba.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Celoteh Lucu Soal Netflix dan MUI, Netizen: Hanya Rumah Uya dan Acara Gosip yang Halal

Heboh Ustaz Halalkan Sabu-sabu, Alasannya Tidak Dilarang Alquran Hingga Biar Kuat Ngaji