in

5 Fakta Menilik Jejak Kelam Tragedi Kerusuhan Mei 1998

5. Kemunduran Presiden Soeharto

Puncaknya, penguasa Indonesia kala itu mengundurkan diri. Setelah 32 tahun memimpin Indonesia, Soeharto akhirnya mengumumkan pengunduran dirinya. Hal ini disambut sorak-sorai para mahasiswa yang telah berhari-hari menduduki gedung MPR. Sebelum pengunduran dirinya, Indonesia telah berada di krisis moneter sepanjang 6 hingga 12 bulan.

Pengunduran Diri Soeharto
Pengunduran Diri Soeharto [imagesource]
21 Mei 1998, sang diktator akhirnya menghentikan masa jabatannya setelah serangkaian paksaan dari berbagai pihak. Namun hal ini bukanlah penyelesaian dari semua. Bangsa kita masih memiliki banyak sekali misteri berdarah yang hingga kini tidak tersentuh pengadilan.

Kita berdoa dan berusaha semoga peristiwa pahit ini tidak akan pernah menimpa bangsa kita lagi. Semoga hati kita dilembutkan agar sesulit apapun keadaan kita, meski kita berada dalam pendapat dan pandangan yang berbeda, semoga kita tidak terpancing untuk melakukan kekerasan. Sudah cukup bangsa ini melakukan saling bantai dan bunuh di antara sesama anak bangsa.

Sebagai generasi yang hidup di jaman ini kita juga dituntut untuk “melek” sejarah. Agar peristiwa hitam itu tidak terulang lagi di generasi kita. Apapun yang kita hadapi, betapa berbedanya pun kita, semoga kita tetap bisa menjaga persatuan. (HLH)

Written by Centralismo

Leave a Reply

Harpitnas Akhir Pekan Ini, Saatnya “Bolos” Kerja dan Traveling ke 6 Tempat Paling Hits di Dalam Negeri

header

Saking Cintanya, Bule Cantik Ini Bawa Kesenian Indonesia ke Amerika Serikat