in

Tradisi Unik Saat Ramadan di Seluruh Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

Ramadan adalah bulan yang dimuliakan oleh umat Islam di mana pun berada, dengan banyaknya kebaikan yang kita tebarkan maka akan semakin banyak pula pahala yang dilipatgandakan. Namun sadar atau tidak, bulan ini bukan hanya tentang ibadah pribadi, tapi juga saat tepat untuk lebih peduli pada sesama dan juga menumbuhkan rasa kebersamaan yang tinggi dengan lingkungan sekitar kita.

Beragamnya manusia di dunia yang menjalani bulan Ramadan tentu melahirkan tradisi tertentu. Uniknya setiap daerah di dunia juga punya beberapa kebiasaan yang nggak hanya melibatkan masyarakat tapi juga alam. Bahkan ada juga yang menggunakan peralatan militer seperti meriam lho! Kira-kira negara mana aja ya yang punya tradisi unik? Simak ulasan menarik berikut ini!

Perempuan bersama mengecat henna – Pakistan

Nggak hanya untuk pernikahan, tapi juga untuk Ramadan [sumber gambar]
Berkumpul untuk merayakan hari raya Idul Fitri memang selalu menyimpan kenangan, apalagi kalau ada kegiatan unik yang dilakukan bersama. Seperti para perempuan di Pakistan yang menutup bulan suci Ramadan dengan saling mengecat kuku juga bagian tubuh mereka dengan henna. Wah lumayan nih untuk jadi aksesoris tambahan!

Puasa tenang bersama Nafar, peniup terompet sahur – Maroko

‘Profesi’ ini sudah ada sejak zaman dahulu [sumber gambar]

Kalau puasa di Indonesia biasanya dibangunkan dengan suara tabuhan, beda dengan di Maroko yang bangun dengan tiupan terompet. Nafar adalah orang yang bertugas untuk keliling kota melakukan hal ini, biasanya ia menggunakan gamis dan topi khas Maroko.

Sambut bulan suci dengan meriam – Lebanon

Tenang aja, hanya dinyalakan kok! [sumber gambar]
Saat ada pengumuman bulan suci Ramadan akan dimulai, salah satu raja di daerah Arab yang pernah berkuasa tidak sengaja menyalakan meriam. Uniknya ketidaksengajaan ini justru dilakukan sebagai tanda sampai saat ini, bahkan pernah sampai di seluruh area Timur Tengah. Namun karena sudah dianggap sebagai senjata militer, akibatnya tradisi ini ditiadakan.

Sambut Ramadan dengan lentera warna-warni – Mesir

Jadi pengen ngerasain nggak sih? [sumber gambar]
Terbayang nggak sih cantiknya langit malam ketika ada banyak lentera warna-warni yang berterbangan? Pemandangan itulah yang akan kamu saksikan saat menjalani bulan puasa di Mesir, jika tradisi ini tidak dilakukan maka banyak warga yang berinisiatif untuk berkeliling sendiri. Biasanya mereka juga mengajak anak kecil sekalian memberikan warga yang lewat dengan makanan manis. Lucu banget!

Membersihkan diri dengan mandi di sumber air – Indonesia

Apakah di daerahmu ada yang seperti ini? [sumber gambar]
Bulan suci Ramadan identik dengan hal-hal yang bersih, wajar jika kita harus menyambutnya dengan kebersihan diri pula. Hal inilah yang dipahami oleh masyarakat Jawa khususnya saat Ramadan tiba, banyak yang melakukan ritual ‘padusan’ yaitu mandi di dekat sumber air sebagai symbol menyucikan diri.

BACA JUGA: 6 Tradisi Asli Indonesia Untuk Menyambut Ramadan

Beragamnya tradisi yang ada saat bulan Ramadan menjadi hal unik yang biasanya ditunggu, selain untuk memeriahkan hal ini juga membuktikan kalau budaya bisa menyatukan kita semua. Ada nggak sih hal seru yang biasanya dilakukan saat bulan suci ini tiba di daerahmu? Kalau ada, share yuk di kolom komentar!

Written by Fany

Leave a Reply

Tiga Waktu dalam Bulan Ramadan Ini jadi Momen yang Paling Dianjurkan untuk Berdoa

Dikabarkan Akan Menikah, Inilah 4 Lelaki yang Pernah Mengisi Hati Naysila Mirdad