in

Tradisi di Indonesia Yang Ternyata Berasal Dari Agama Hindu Kuno

Turun tanah
Turun tanah

Indonesia adalah negara yang kaya akan tradisi dan budaya. Harus kita akui kekayaan tradisi dan budaya kita mendapat banyak sekali pengaruh dari kebudayaan bangsa lain. Jika ditelisik lebih jauh, banyak sekali budaya bangsa kita yang berakar pada kebudayaan Hindu atau India.

Berikut ini adalah beberapa tradisi-tradisi yang sering kita lakukan dalam even-even spesial dalam hidup kita. Namun, sedikit sekali dari kita yang mengetahui bahwa tradisi tersebut merupakan hasil akulutrasi dari budaya hindu atau India. Berikut tradisi budaya Hindu yagn hingga saat ini masih lumrah dipakai di Indonesia.

1. Nujuh Bulanan

Dalam masyarakat Jawa, upacara ini disebut dengan “mitoni” yang berasal dari kata “pitu” atau “tujuh. Upacara ini dilaksanakan di bulan ketujuh kehamilan. Upacara ini dilaksanakan untuk keselamatan ibu dan sang jabang bayi.

Nujuh bulanan
Nujuh bulanan

Ternyata, kebiasaan ini juga ada di India. Dalam tradisi India, sang ibu akan dinaikkan di pelaminan dengan baju yang indah layaknya seorang pengantin. Kemudian para sanak-famili dan pandit mendoakan keduanya.

Written by Centralismo

Leave a Reply

Mahar Anak kesayangan mira

“Mahar” diantar ke Peristirahatannya oleh Para Laskar Pelangi

Lihatlah Penyandang Disabilitas Dari Kacamata Seorang Anak Kecil YOUTUBE

Lihatlah Penyandang Disabilitas Dari Kacamata Seorang Anak Kecil