Banyak hal terjadi selama virus corona yang terus dilaporkan banyak menjangkiti masyarakat Indonesia. Selain kasus positif Covid-19 yang bertambah menjadi lebih dari 200 orang, para pejabat publik yang terkait dengan penanganan wabah tersebut juga menjadi sorotan masyarakat.

Salah satunya adalah Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, yang justru didesak untuk mundur dari jabatannya oleh beberapa pihak. Dilansir dari Tirto.id (17/03/2020), hal itu terjadi lantaran dirinya dianggap tidak becus mengurus wabah corona di Indonesia. Tak hanya Menkes Terawan, sejumlah tokoh ini juga ikut menjadi sorotan.

Soal wacana lockdown ibu kota yang membuat Anies Baswedan jadi sorotan

Beberapa waktu lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat menjadi sorotan lantaran berbincang soal kebijakan yang mengarah pada lockdown (penguncian) ibu kota. Namun, hal tersebut urung dilakukan karena kebijakan Presiden Joko Widodo yang melarang kepala daerah melakukan hal tersebut. “Kebijakan ini tidak boleh diambil oleh pemerintah daerah,” ucap Jokowi di Istana Bogor yang dikutip dari Tirto.id (17/03/2020).

Upaya Menteri BUMN Erick Thohir yang ubah hotel sebagai ruang isolasi pasien corona

Menteri BUMN Erick Thohir juga menjadi perhatian publik saat mengutarakan rencana menyulap hotel menjadi ruangan isolasi. Nantinya, Hotel Patra Comfort, Jakarta yang akan digunakan oleh mereka yang masuk dalam kategori orang dalam pengawasan (ODP) virus corona. Tak hanya hotel, Wisma Atlet juga rencananya akan digunakan sebagai ruang isolasi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang positif virus corona

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dikabarkan tengah menjalani perawatan karena positif virus corona. Saat itu, kabar dirinya yang terinfeksi Covid-19 disampaikan langsung Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratiko. Setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, kondisinya dikabarkan berangsur-angsur membaik.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang didesak untuk mundur dari jabatannya

Menteri Kesehatan Dokter Terawan Agus Putranto [sumber gambar]
Anggapan ketidakbecusan mengurusi pandemi Corona COVID-19 di Indonesia, membuat Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto didesak mundur dari jabatannya oleh 13 Koalisi Masyarakat Sipil. “Kami mendesak Presiden Joko Widodo untuk mengganti Menkes Terawan dengan figur yang lebih paham kesehatan publik, punya kepekaan krisis, yang akan memandu kita melewati krisis kesehatan terburuk ini,” ucap Haris Azhar mewakili KMS yang dikutip dari Tirto.id (17/03/2020).

Sosok Achmad Yurianto yang menjadi jubir penanganan Covid-19 di Indonesia

Sosok Achmad Yurianto menjadi figur yang paling ditunggu banyak pihak, lantaran dirinya merupakan Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona atau Covid-19. Dari dirinya, beragam informasi terkini mengenai perkembangan wabah dan kejadian yang ada di masyarakat, banyak ditunggu oleh warga sipil, pemerintah, hingga media.

BACA JUGA: Efek Gawat Jika Lockdown karena Corona Dilakukan, Hambat Aktivitas Hingga Ancam Ekonomi

Selain nama-nama di atas yang menjadi sorotan publik, pemerintah Indonesia secara perlahan juga mulai mencanangkan berbagai strategi untuk menekan penyebaran virus corona. Bahkan, beberapa dari mereka yang sempat positif Covid-19, telah berhasil sembuh dari penyakit tersebut.