in

Tak Boleh Asal Pukul, 4 Titik Lemah Manusia Ini Bisa Membuat Kehilangan Nyawa

Pasti kalian sudah tak asing dengan berita mengenai anak-anak kecil yang saling baku hantam lalu meninggal. Biasanya, banyak orang bertanya mengapa anak tersebut sampai meregang nyawa, padahal memukulnya hanya pelan saja. Ternyata setelah ditelusuri lebih dalam, si korban dipukul pada bagian tubuh yang merupakan titik lemah manusia.

Mungkin semua orang sudah tahu kalau di dalam badan manusia ada titik lemahnya. Namun, bisa dipastikan nih kalau hanya beberapa orang saja yang mengetahui di mana titik fatal seseorang. Kalau begitu kita bahas saja bagian tubuh mana yang bisa fatal jika sembarang dipukul. Cekidot!

Bagian dada manusia

Pukulan pada dada [Sumber Gambar]
Bagian tubuh manusia pertama yang paling rentan adalah dada. Ini disebabkan karena dada berdekatan dengan organ dalam penting yaitu jantung. Nah, jika bagian depan tubuh itu dipukul, otomatis jantung juga terkena dampaknya Saboom. Buktinya dari 128 kasus di dunia, sekitar 84% di antaranya meninggal. 50% tewas seketika dan sisanya membutuhkan waktu satu sampai dua menit sebelum jantungnya berhenti berdetak. Parahnya lagi, itu semua dipukul menggunakan tangan kosong dan hantaman yang dilayangkan tidak terlalu keras. Jadi, untuk kalian jangan pernah main-main dengan pukulan di bagian dada ya. Akibatnya bisa fatal dan pelakunya dapat dimasukkan ke penjara.

Bagian leher yang terdapat banyak pembuluh darah

Memukul bagian leher [Sumber Gambar]

Kalian pasti sering melihat aksi bela diri di televisi yang memukul bagian leher. Ya, ini memang cara ampuh untuk melumpuhkan lawan. Sebab, korban yang dihantam pada bagian leher akan langsung pingsan dan baru bisa bangun beberapa waktu kemudian. Tapi, itu untuk pukulan yang tidak parah ya Saboom. Kalau libasan sudah sangat keras, bisa-bisa si korban akan mengalami kelumpuhan, bahkan kematian. Hal ini bisa terjadi lantaran leher mempunyai banyak pembuluh darah yang dinamakan Carotid Artery. Fungsinya yakni menyalurkan oksigen ke otak, jadi jika pembuluh darah tersebut rusak maka itulah akibatnya seperti yang dikatakan tadi.

Kepala bagian belakang yang terdapat sistem otak

Menghantam kepala [Sumber Gambar]
Titik paling mematikan ketiga pada tubuh adalah bagian belakang kepala. Kalau bagian tersebut dipukul dengan keras, si korban akan pingsan saat itu juga. Parahnya lagi, ia juga bisa meregang nyawa. Meninggalnya orang tersebut dikarenakan kerusakan sistem otak yang mengatur kesadaran bernama Reticular Activating System. Disembuhkan sih bisa, namun kemungkinannya sangat kecil Saboom. Itu juga harus menjalani operasi terlebih dahulu karena tak ada jalan lain lagi. Sehingga, jangan pernah untuk memukul bagian kepala khususnya area belakang ya.

Jakun yang terhubung langsung dengan sistem pernafasan

Memukul bagian jakun [Sumber Gambar]
Jakun ternyata termasuk salah satu titik lemah pada manusia lho Saboom. Kalau bagian tersebut ditekan, maka pasti akan terasa sakit. Nah, beda lagi jika jakun dipukul dengan keras, hal itu bisa menyebabkan rusaknya sistem pernafasan. Selain itu dampaknya juga dapat merusak sistem pencernaan, bahkan pita suara. Kabar buruknya lagi ini bisa mengakibatkan kematian pada si korban. Maka dari itu, sangat tidak disarankan untuk memukul bagian jakun, kecuali dalam keadaan terdesak demi keselamatan.

Nah, itulah beberapa titik lemah pada bagian tubuh manusia. Sungguh sangat berbahaya dan jangan sampai kita memukul bagian-bagian tersebut. Ini hanya pengetahuan saja dan tidak boleh untuk disalahgunakan. Oke, cukup sekian artikel ini, semoga bermanfaat untuk para pembaca semua ya..

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Patuhi 6 Aturan Ini Saat Mendaki Merbabu, Gunung Legendaris yang Penuh Cerita Mistis

Pakai Harley Hingga BMW, Begini Potret Angkutan Ojek Luar Negeri yang Bikin Melongo