Keberadaan virus corona membuat semua kalangan menjadi cemas. Di beberapa negara bahkan, pemerintah telah melakukan lockdown atau menutup akses masuk dan keluar di suatu wilayah. Indonesia sendiri memang tak ada kebijakan untuk melakukan hal itu, namun pemerintah mengambil langkah dengan memberlakukan work from home atau bekerja dari rumah.

Tak hanya itu, sekolah, kampus, bahkan beberapa instansi juga memberlakukan hal yang sama. Kegiatan yang banyak dilakukan di luar rumah, seperti arisan, kumpul-kumpul bersama teman, bahkan salat jamaah di masjid juga diimbau untuk dilaksanakan di rumah. Namun, bagi yang masih mau melaksanakan ibadah di masjid, maka kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut ini.

Mencuci tangan dengan sabun saat wudhu

Cuci tangan dengan sabun [sumber gambar]
Lagi lagi, yang paling penting dari usaha untuk mencegah virus corona ini adalah mencuci tangan dengan sabun. Untuk kamu yang mau salat berjamaah, maka cucilah tangan terlebih dahulu. Kegiatan ini bisa dilaksanakan berbarengan saat kamu mengambil air wudhu. Dengan begitu, saat selesai berdoa, kamu bisa menyentuh area wajah tanpa takut tanganmu sedang tidak bersih.

Memakai hand-sanitizer

Hand sanitizer [sumber gambar]
Setelah selesai solat dan sampai ke rumah, maka pakailah hand-sanitizer. Lagi-lagi, selama di dalam perjalanan pulang, kamu tentu tidak akan sadar benda apa saja yang sudah kamu pegang. Dengan memakai hand-sanitizer ini, maka risiko menempelnya virus di tangan juga akan berkurang. Beberapa masjid sekarang sudah menyediakan hand-sanitizer gratis untuk para jamaahnya.

Jaga jarak selama melaksanakan salat

Jaga jarak selama salat [sumber gambar]
Selanjutnya adalah social distancing atau menjaga jarak satu sama lain. Saat solat berjamaah, kalau dilakukan di masjid, sudah barang tentu kamu akan berkumpul bersama orang lain. Namun, mengingat keselamatan, maka tak adalah salahnya untuk menjaga jarak dengan jamaah lain. Kalaupun ingin melaksanakan salat berjamaah, umat islam diharapkan untuk memperhatikan hal-hal yang telah ditetapkan oleh WHO. “Jarak antara satu orang dengan orang lain itu sekitar 2 meter. Dan masjid istiqlal melakukan hal seperti itu” seperti yang dikatakan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, melansir kompas.tv.

Bawa peralatan salat sendiri

Bawa peralatan salat sendiri [sumber gambar]
Yang terakhir adalah dengan membawa peralatan salat sendiri. Membawa sajadah, mukenah, ataupun sarung dapat meminimalisir risiko kamu bisa tertular virus corona. Karena, peralatan sendiri sudah bisa dipastikan dalam keadaan bersih. Kita enggak bisa memastikan alat salat yang disediakan di masjid itu sudah dipakai siapa saja, bukan?

BACA JUGA: Perjuangan Tenaga Medis Indonesia untuk Atasi Virus Corona, Ada yang Harus Bertaruh Nyawa

Saat memutuskan untuk salat berjamaah di masjid, maka tak ada salahnya kalau kamu lebih waspada dan tetap menjaga diri sendiri. Bila setelahnya mengalami gejala tertentu seperti demam, flu, batuk, yang tak kunjung membaik, maka periksakanlah dirimu ke dokter.