Semua orang mendambakan perut rata dan kencang ya guys. Ya, sebab bentuk perut seperti itu sangat menunjang penampilan. Sebaliknya, perut buncit tentu membuat penampilan jadi janggal dan nggak enak dilihat. Hasilnya kepercayaan diri kita jadi turun.Parahnya lagi, sebagian besar perut buncit berbanding lurus dengan beberapa penyakit yang mengancam tubuh kita lho.

Nah amannya, perut buncit harus segera dihempas biar tubuh indah plus nggak beresiko terkena penyakit macam-macam. Tapi tahu nggak sih, meski kelihatannya sama, ternyata  perut buncit itu punya bentuk plus ukuran yang berbeda lho. Dan untuk menanganinya, masing-masing punya cara berbeda pula. Karena itu, kamu wajib banget tahu jenis perut buncitnya, baru tahu deh penanganan secara efektif sesuai bentuknya. Seperti apa ya kira-kira? Yuk simak.

Perut kembung terlihat seperti balon

Ciri perut kembung adalah bentuknya yang menyembul serupa balon. Sebelum makan, perut jenis ini datar. Tapi seusai terisi makanan, perlahan mengembung. Penyebab utama perut kembung umumnya gas yang dihasilkan oleh bakteri dalam usus yang memungkinkan kesulitan penghancuran makanan yang masuk ke perut. Selain itu sembelit, makan terlalu banyak, minum menggunakan bantuan sedotan, dan mengunyah permen karet pun jadi pemicu perut menyembul ke luar.

Perut kembung [Sumber Gambar]
Cara mencegah perut kembung adalah mengurangi konsumsi makanan yang sulit dicerna seperti gandum, bawang putih, bawang merah, plum, dan jamur. Sedangkan cara ampuh untuk membuat perut kembung menjadi normal adalah dengan diet bebas laktosa, menghindari begadang, rutin melakukan relaksasi sebelum tidur, dan off sejenak dari olahraga kardio.

Stress tummy, perut mencuat ke depan

Stress tummy merupakan bentuk perut yang mencuat ke depan di area perut bagian atas membentuk gulungan ke bawah. Umumnya tekstur perut ini lembut dan kendur. Penyebab gangguan ini adalah stress berlebihan yang membuat hormone kortisol membantu gula masuk dengan mudah ke dalam aliran darah. Kondisi ini diperparah dengan rendahnya aktivitas yang dilakukan, makan tidak teratur, dan makan minum yang tidak sehat menyebabkan gula menjelma menjadi lemak yang menumpuk

Stress tummy [Sumber Gambar]
Cara mengatasi gangguan ini bisa dengan relaksasi seperti yoga yang mampu meringankan stress. Mengurangi begadang, konsumsi makanan rendah karbohidrat. Dan tak ketinggalan, konsisten membuat kebiasaan makan secara perlahan-lahan.

Pear tummy, pinggul bawah hingga pinggul membesar

Orang-orang yang bentuk perutnya pear tummy memiliki tanda pinggang ramping namun membesar di bagian bawah sampai bagian pinggul. Penyebab kondisi ini adalah dominasi esterogen yang terjadi karena faktor genetik, ketidakseimbangan hormon seksual wanita, ibu yang melahirkan, atau makanan yang monoton setiap harinya.

Pear tummy [Sumber Gambar]
Mengatasi gangguan ini dengan menghindari makanan yang mengandung esterogen. Contohnya susu kedelai, buncis, tahu tempe, bawang putih, biji wijen dan lainnya. Selain itu, ganti makanan yang rutin kamu konsumsi seperti biji-bijian dan sayuran.

Mummy tummy, dialami wanita setelah melahirkan

Gangguan bentuk perut satu ini hanya dialami wanita setelah tiga bulan melahirkan. Penyebab dari perut buncit jenis ini adalah karena dinding perut sangat lemah dan tidak mampu lagi menahan organ perut. Kondisi seperti ini juga disebut dengan diastasis rekti.

Mummy tummy [Sumber Gambar]
Nah, untuk cara mengatasinya bisa melakukan olahraga seperti plank secara teratur dan sit-up kegel setelah 2-3 bulan paska melahirkan. Selain itu, tidur siang dengan peregangan juga bermanfaat. Tak ketinggalan konsumsi lemak kategori sehat seperti minyak sayur, minyak zaitun, dan kacang-kacangan.

Tiroid tummy, melebar di beberapa bagian termasuk perut

Kamu yang alami tiroid tummy akan mengalami perut buncit disertai melebarnya beberapa bagian tubuh. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak mampu membakar semua kalori. Alhasil, sisa-sisa kalori yang tidak terbakar disimpan sebagai lemak. Untuk mengatasi gangguan ini perlu konsultasi dokter sebelum melakukan tindakan.

Tiroid tummy [Sumber Gambar]
Sedangkan secara alami, mengonsumsi makanan yang mengandung yodium baik untuk penderita tiroid tummy. Selain itu makanan laut seperti kerang dan sayuran berwarna hijau gelap juga sangat direkomendasikan.

Wine tummy, hanya perut yang menonjol ke depan

Kalau kamu pernah liat seseorang badannya kecil tapi perutnya doang yang menonjol, maka itulah yang disebut wine tummy. Penyebab kondisi ini adalah terlalu berlebihan mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat olahan serta alkohol.

Wine tummy [sumber Sumber Gambar]
Kita tahu ya, kedua jenis makanan ini cepat menjelma lemak di bawah lapisan kulit dan di balik dinding otot perut. Untuk cara mengatasinya yaitu dengan mengendalikan jumlah kalori dari karbohidrat olahan serta alkohol.

BACA JUGA: Totoro,Tradisi Unik Dari Jepang, Melukis Perut Wanita Hamil

Nah, itu dia beberapa jenis-jenis perut buncit dan cara tepat untuk mengatasinya. Kalau Sahabat Boom, termasuk jenis apa nih perutnya? Segera tangani ya dengan tips trik di atas. Biar nggak kelamaan, nanti bertambah buncit dan buncit lho. Kan nggak banget tuh. Oke, selamatkan perutmu dan silakan mencoba ya.