Kalau kamu adalah seorang pekerja kantoran, yang seharian harus berada di depan laptop, hal ini pasti membuatmu sangat capek. Mulai dari memandang layar laptop, duduk seharian, atau mungkin sambil memikirkan banyak hal yang membuatmu cepat lelah. Maka, dalam kondisi seperti ini, harus ada tips tertentu yang wajib kamu lakukan untuk membuat dirimu tetap sehat.

Nah, buat Sabat Boombasti semua, yang kesehariannya bekerja di hadapan laptop, coba deh lakukan tips ini agar kamu tidak gampang kelelahan. Karena, lelah saat bekerja itu juga bisa memicu kematian loh, guys.

Istirahatkan matamu sejenak

Istirahatkan mata [sumber gambar]
Menghabiskan waktu di depan lebih dari 5 jam sehari saja sudah tidak sehat. Apalagi kalau pekerjaan mengharuskan kamu memelototi layar komputer sampai 9 jam sehari, mata mungkin bisa sakit atau menjadi sangat lelah. Untuk itu, amat sangat penting kamu mengistirahatkan mata setiap beberapa jam sekali. Cara mengistirahatkan mata ini adalah dengan menghindari melihat layar elektronik terlebih dahulu, dan kalau bisa tutuplah mata selama 5-10 menit untuk kembali menyegarkan mata.

Jaga jarak antara mata dan laptop

Jaga jarak mata ke laptop [sumber gambar]
Nah, poin pertama tadi masih berkaitan dengan poin yang satu ini. Bisa dipastikan, matamu akan jauh lebih cepat lelah jika berjarak 5 sentimeter saja dari layar laptop. Semakin dekat matamu dengan layar itu, maka semakin cepat matamu akan lelah saat bekerja. Buatlah jarak minimal 30 sentimeter di antara mata dan layar agar matamu tidak cepat lelah.

Minum air putih dan suplemen yang cukup

Minum air selama bekerja [sumber gambar]
Tubuh yang kurang cairan dan asupan akan jauh lebih mudah lelah. Oleh karena itu, penting bagi Sahabat Boom semua untuk minum air putih yang cukup, kalau bisa dengan tambahan suplemen juga. Untuk air putih ini, kamu bisa gunakan tumblr dan letakkan di atas meja kerja, sehingga tidak akan bolak-balik untuk mengisi air. Minum air ini tak hanya menghindari kamu kekurangan cairan saja, tetapi juga bisa menghilangkan rasa kantuk.

Stretching setiap dua jam sekali

Strectching [sumber gambar]
Tidak banyak bergerak saat bekerja di depan laptop tak berarti tubuhmu tidak akan terasa pegal. Apalagi kalau harus duduk di kursi kerja selama lebih dari 8 jam sehari. Streching menjadi wajib untuk meregangkan anggota badanmu, sehingga bisa mengurangi rasa pegal. Perlu dicatat, kalau stretching ini minimal harus dilakukan setiap dua jam sekali ya!

Atur posisi duduk senyaman mungkin

Posisi duduk saat kerja [sumber gambar]
Nah, tips yang ini memang sangat susah sekali untuk diterapkan dalam bekerja. Lebih sering lupanya daripada ingat. Namun, kalau kamu menekuni yang satu ini, duduk dengan posisi yang benar, maka kamu akan nyaman saat bekerja, serta mungkin bisa meningkatkan produktivitas kerja. Pastikan bahwa kamu sudah duduk dengan tegak dan jaga jarak antara kepala dan layar laptop, lalu letakkan tangan pada sandaran tangan yang tersedia.

BACA JUGA: Bekerja 60 Jam Lebih Per Minggu, Begini Mirisnya Realita Pegawai di Negeri Sakura

Dengan melakukan beberapa tips di atas, maka kamu secara tidak langsung sudah mengurangi risiko kelelahan berlebih saat bekerja seharian di depan laptop. Berikutnya, kamu hanya perlu mengimbangi dengan istirahat yang cukup dan tidak sering begadang. Kalau sudah melakukan