in

Kelelahan Kerja Bisa Memicu Kematian, Ini 5 Cara Menanggulanginya

Tahukah kamu kalau kelelahan dalam bekerja bisa dikategorikan sebagai gangguan medis. Bahkan, kelelahan dan overwork bisa memicu kematian. Ada banyak sekali orang yang sangat lelah bekerja tetapi masih tetap memaksakan stay di kantor (walau jam kerja sudah lewat) atau membawa pekerjaan hingga ke rumah.

Nah, kebiasaan seperti ini harus dihindari. Bagaimana pun, mencari uang dan berdedikasi kepada perusahaan memang perlu, tapi bukan berarti kamu harus mengorbankan kesehatan kamu sendiri ya. Bagaimana cara menanggulanginya? Simak tipsnya berikut ini ya!

Lakukan stretching selama berada di kantor

Stretching saat bekerja [sumber gambar]
Stretching atau meregangkan tubuh sangat dan harus dilakukan, apalagi untuk para pekerja yang selama seharian bekerja di hadapan laptop. Sudah pasti dong, duduk dalam waktu lebih dari 8 jam bisa membuat urat tubuh kamu tegang, bahu menjadi sakit, dan kepala terkadang pusing. Solusi yang paling ringan adalah meregangkan tubuhmu setiap dua jam sekali. Selain stretching di tempat duduk, kamu bisa berjalan-jalan sebentar, melihat langit di luar kantor mungkin, agar tidak terlalu suntuk.

Jangan membawa pekerjaan ke rumah

jangan bekerja di rumah [sumber gambar]
Durasi waktu bekerja yang ideal itu adalah 8 jam. Kalau lebih dari 8 jam, maka kamu sudah termasuk orang yang overwork. Membawa pekerjaan ke rumah mungkin memang dengan niat bahwa kamu tidak ingin pekerjaan tambah menumpuk keesokan harinya, kan? Tapi, hal ini adalah kesalahan karena kamu tak bisa mengistirahatkan pikiran karena masih punya beban kerja. Ya, kuncinya sih pandai-pandai memanage waktu saja, kapan satu pekerjaan harus selesai. Dengan begitu, tak akan ada pekerjaan tambahan yang dibawa ke rumah.

Tidur yang cukup dan konsumsi makanan sehat

Tidur yang cukup [sumber gambar]
Klise memang, namun inilah kenyataannya. Sebagai seorang pekerja yang sehari-harinya berada di kantor atau mungkin lapangan, tubuh kamu butuh supply makanan dan minuman yang cukup agar tetap bertenaga. Makan makanan sehat adalah kuncinya. Makanan sehat yang kamu konsumsi akan membantu tubuh tetap bugar. Hmm, tapi bukan berarti kamu tak boleh memakan fast-food ya, sesekali boleh lah.

Minum vitamin agar tubuh tetap sehat

Minum vitamin [sumber gambar]
Ada berbagai jenis vitamin yang bisa membantu kamu yang berstatus sebagai full-time worker. Setiap vitamin ini juga macam-macam khasiatnya. Ada yang membantu agar tubuh tetap bugar, tidak gampang mengantuk, membantu saat kamu lembur, dan banyak khasiat lain. Pastikan kamu membeli vitamin yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kamu ya.

Sesekali kamu perlu hangout dan mencari hiburan

Hangout [sumber gambar]
Di hari libur, gunakanlah waktu kamu untuk istirahat dan merefresh pikiran. Kalau bisa sih jangan mengambil pekerjaan tambahan jika memang tidak butuh. Sabtu dan Minggu bisa kamu gunakan untuk melakukan hobi, misalnya membaca buku, menonton film, keluar dengan teman, atau leyeh-leyeh di kasur sambil mendengarkan lagu favorit. Dengan begitu, seninmu tidak akan sambat dan penuh beban.

BACA JUGA: Banyak Petugas KPPS Meninggal Dunia, 5 Penyakit Ini Bisa Timbul Akibat Lelah Bekerja

Cara di atas setidaknya akan membantu kamu lebih waras dalam menghadapi deadline, pekerjaan, dan klien selama 5 atau 6 hari ke depannya. Mencari uang memang keharusan, namun menjaga tubuh dan otak tetap sehat juga merupakan hal yang wajib bagi tiap orang.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Kisah Mantan Preman yang Bertaubat dan Mendirikan Panti Asuhan bagi Anak Yatim Piatu

Siapa Bilang Arab Saudi Tak Punya Santet? Ini Buktinya!