in

Gali Mandiri dengan Peralatan Seadanya, Warga Desa Ini Buat Terowongan Demi Dapatkan Air

Sebuah terowongan yang berada di Banyumas mengalirkan air yang melimpah ke beberapa desa di sekitarnya. Ternyata, terowongan ini tidak terbentuk secara alami. Namun ada orang-orang yang sangat berjasa di balik berdirinya terowongan ini.

Tanpa alat bantu yang memadai, orang-orang mampu membuat terowongan hingga lebih dari 500 meter. Berkat adanya terowongan ini, desa-desa tak lagi kekeringan. Lalu, bagaimana sih kisah orang-orang yang membangun terowongan yang amat bermanfaat bagi kehidupan di desa sekitar ini? Simak ulasan berikut.

Sanbasri menjadi pencetus pembuatan terowongan

Terowongan ini bernama Terowongan Air Tirtapala, namun banyak orang menyebutnya sebagai Terowongan Sanbasri. Terowongan ini berada di Desa Kalisalak, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah. Berawal dari seorang warga yang melihat desa yang begitu kekeringan, ia pun mencari solusi agar air dapat mengalir ke desa.

Terowongan Sambasri [sumber gambar]
Ialah Sanbasri, seorang petani yang memiliki ide untuk membangun terowongan demi mengalirkan air. Bersama dengan 7 orang lainnya, Sanbasri merencanakan dengan sangat matang. 7 orang tersebut adalah Tadirana, Sadirana, Sanwiraji, Sumardi, Ngalireja, Sanbesari, dan lurah pertama yaitu Darwan.

Mulai dibangun tahun 1952

Pada tahun 1949, penggagasan dilakukan oleh Sanbasri dan ketujuh orang yang bakal membantunya. Kedelapan orang ini tidak berasal hanya dari satu desa saja, melainkan dari 3 desa dan dibantu oleh belasan warga lain untuk pengerjaan terowongan.

Terowongan kini dijaga oleh penjaga [sumber gambar]

Sanbasri sendiri bertindak sebagai penanggungjawab pembuatan terowongan, sedangkan Tadirana seorang insinyur yang berperan sebagai perancang terowongan. Setelah melalui proses perizinan hingga perencanaan, terowongan mulai dibangun pada tahun 1952.

Kerja keras para warga demi mendapatkan aliran air

Written by Galih Hayu

5 Kontroversi Fuji Sejak Mendadak Terkenal, Begini Kata Artis Senior

Selain Rusia-Ukraina, Ini 4 Negara yang Masih Berperang