Karakter animasi asal negeri jiran, Upin dan Ipin memang selalu menarik komentar dari netizen Indonesia. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, sosok Fizi menjadi bahan perbincangan warganet tanah air lantaran ucapannya pada Upin dan Ipin soal surga di telapak kaki ibu. Hal ini terekam pada dalam adegan film Upin & Ipin Syahdunya Syawal.

Meski hanya adegan fiksi, tapi episode spesial Upin dan Ipin itu sempat meletupkan spekulasi kocak antar warganet. Bahkan ada yang membuat meme kalau Fizi meminta maaf dan melakukan klarifikasi di ruangan podcast Deddy Corbuzier.

Usai sosok Fizi yang jadi sorotan, kali ini netizen Indonesia kembali berulah dengan kembali menjadikan Upin dan Ipin sebagai bahan guyonan. Sayangnya kali ini bukan candaan yang bisa diterima semua pihak, melainkan hal yang dirasa sangat tidak pantas oleh warganet Malaysia lantaran menjurus ke arah hal-hal yang berbau dewasa.

Gara-gara teori asal-usul Upin dan Ipin

Hal ini terjadi setelah akun Twitter @bintangforza mengunggah video berjudul “Kisah Upin dan Ipin, sudah jadi anak yatim piatu tapi dijadikan teori konspirasi juga,” dari tayangan TikTok akun bernama @aldokuyy pada Senin, 29 Juni 2020. Dalam video tersebut, kisah Upin dan Ipin dikatakan memiliki sebuah konspirasi.

 

Dalam video Tik Tok berdurasi 34 detik itu, ia menjelaskan bahwa Upin Ipin bukanlah anak yatim piatu melainkan anak dari Kak Ros, kakak mereka. Sembari menjelaskan, dirinya berargumen dengan memperlihatkan sejumlah bukti untuk memperkuat teori konspirasi tersebut.

Kartun Upin dan Ipin [sumber gambar]
Hal pertama yang disorot adalah soal ukuran tubuh Kak Ros yang dinilai janggal dan tak sesuai dengan tanggal kelahirannya. Pria itu menyimpulkan bahwa Upin Ipin merupakan anak dari Kak Ros da menyebut Opa sebagai janda. Tuk Dalang pun dianggap berbuat khilaf pada Kak Ros sebagai argumen konspirasi tersebut.

Opah adalah janda kemudian dia menikah dengan Tok Dalang namun suatu hari Tok Dalang berbuat hilaf kepada Kak Ros dan Kak Ros pun menjadi hamil, untuk menutupi ini semua mereka pun bercerai dan menutupinya kepada Upin Ipin,” ucap pria dalam video Tik Tok tersebut.

Dikecam netizen Malaysia

Alhasil, hal tersebut menuai kecaman dari warganet Malaysia yang merasa hal tersebut tak pantas diutarakan. Mereka tidak terima lantaran Upin dan Ipin merupakan serial kartun dan dikonsumsi untuk anak-anak. Teori konspirasi yang menjurus ke persoalan orang dewasa itu dinilai oleh mereka sudah terlalu melenceng jauh dari esensi kartun Upin dan Ipin sendiri.

“Kami warga Malaysia malu dengan rakyat Indonesia yang menjadikan semua perkara bahan jenaka yang tidak patut. Kurang matang pemikirannya apa ya? Kartun yang dasarnya untuk anak kecil dijadikan bahan lucah negara kalian. Ada apa?” cuit waganet Malaysia bernama @syahid_azizan.

“Hentikan tolong orang Indonesia, kartun dibuat untuk hiburan anak-anak tapi beberapa dari kalian menggunakannya untuk candaan seksual dan animasi seks yang bisa diakses di YouTube. Berharap sekali kebodohan yang sedang viral ini berhenti. Kami warga Malaysia membencinya dan begitu juga kalian,” kata akun @amiruluzae.

“Upin ipin je kartun buatan Malaysia.. Anda yg dari Indonesia senang senang je nk bagi fakta yg salah, padahal upin ipin bukan buatan anda.. Kerja nk claim jee. Kira okay yg Malaysia ni keluarkan kartun upin ipin sampai Indonesia.. Tpi korang senang senang burukannya. Buat malu je,” demikian bunyi akun @pizzzaah.

Habis bikin teori, terbitlah minta maaf

Ramainya kecaman dari warganet Malaysia, akhirnya membuat pria dalam video Tik Tok tersebut meminta maaf. Dirinya juga memberikan klarifikasi soal tayangannya yang dianggap telah meresahkan banyak pihak. Ia pun membalasan cuitan @bintangforza seraya mengunggah video berjudul “Semoga Permintaan Maaf saya dapat diterima oleh semua nya. Terima Kasih Tangan melipat” pada Selasa, (30/06/2020).

Tokoh Upin, Ipin dan Kak Ros [Sumber Gambar]
“Saya memohon maaf untuk seluruh pihak yang merasa tersinggung atau marah atau jengkel terhadap video yang saya buat. Awalnya saya anggap ini bisa diterima sebagai bercandaan karena banyak hal-hal serupa yang dapat dijumpai di internet, namun saya sadari bagi beberapa orang itu tidak lucu dan saya menyadarinya. Sekali lagi saya Aldo saya mengucapkan permintaan maaf yang sebesar-besarnya, semoga dapat diterima, terima kasih,” ucapnya.

BACA JUGA: Drama Kisah Cinta Kartun Karakter Upin-Ipin yang Bikin Pusing Tapi Lucu

Bagi warganet Malaysia dan Indonesia, Upin dan Ipin telah menjadi sebuah hiburan yang mewarnai keseharian. Tak hanya sekedar film animasi anak-anak, jalan ceritanya terkadang mengandung kisah dan hikmahnya tersendiri. Tak heran jika banyak yang keberatan jika kartun tersebut dikait-kaitkan dengan konspirasi yang belum jelas asal-usulnya.