in

5 Wisata di Indonesia yang Suasananya Mirip Luar Negeri, Ada ‘Selandia Baru’ di Mojokerto

Indonesia memang beruntung memiliki deretan tempat wisata yang tak kalah dengan negara lain. Selain ditunjang dengan keindahan panorama alamnya, nuansa yang ditawarkan pun cukup unik dan tak biasa. Beberapa tempat wisata yang ada bahkan menawarkan sesuatu yang tak bisa dilupakan oleh pengunjungnya.

Salah satu dari keunikan itu adalah adanya kemiripan dengan suasana alam yang ada di luar negeri. Ya, pemandangan wisata seperti di luar negeri ternyata bisa ditemui di beberapa tempat Indonesia. Tingkat kemiripannya pun bahkan terlihat hampir sama. Meski demikian, hal tersebut tak mengurangi cita rasa Indonesia di dalamnya. Penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Wisata padang pasir ala Timur Tengah yang bisa ditemui di Yogyakarta

Gumuk Pasir Parangkusumo di Yogyakarta (kiri) dan Gurun Pasir di Timur Tengah (kanan) [sumber gambar]
Meski padang pasir identik dengan kawasan negara-negara di Timur Tengah, hal tersebut ternyata bisa dijumpai di Yogyakarta, tepatnya di wisata Gumuk Pasir Parangkusumo. Hanya saja, lokasi tersebut memiliki banyak spot foto yang menarik bagi para wisatawan dan berbagai permainan seru, seperti sandboarding yang menantang nyali.

Arc De Triomphe ala Paris yang bisa dijumpai di Monumen Simpang Lima Kediri

Gerbang Arch de Triomphe (kiri) dan Monumen Simpang Lima Kediri (kanan) [sumber gambar]
Saat berkunjung ke Kota Kediri, ada sebuah bangunan yang mirip dengan Arc De Triomphe di Prancis, yakni Monumen Simpang Lima Gumul. Sekilas, keduanya memiliki kemiripan yang sama yakni dari segi desain dan bentuk bangunan. Perbedaannya hanya terletak pada corak ornamen dan patung yang digunakan.

Ranu Manduro Mojokerto yang viral karena dianggap mirip suasana alam Selandia Baru

Nama Ranu Manduro belakangan ini tengah viral lantaran dianggap mirip dengan suasana alam di Selandia Baru. Saat berkunjung ke sana, kita pasti akan teringat akan nuansa The Shire, tempat tinggal para Hobbit yang ada di trilogi film Lord of The Rings dan The Hobbit. Sama-sama bernuansa hijau dan memiliki kontur berbukit-bukit, Ranu Manduro dianggap mirip dengan Selandia Baru, tempat di mana The Shire berada.

Patung Megalitikum Lore Rindu Sulawesi yang mirip dengan sosok wajah Pulau Paskah Inggris

Patung Megalitikum di Taman Nasional Lore Lindu (kiri) dan tugu wajah di Pulau Paskah [sumber gambar]
Jika Pulau Paskah di Inggris dikenal dengan peninggalan masa lalu berupa Patung Batu, Indonesia juga memiliki tempat yang serupa di Taman Nasional Lore Rindu Sulawesi Selatan. Selain menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, Lore Lindu juga memiliki kumpulan patung peninggalan dari zaman Megalitikum.

Kemiripan antara Cukang Taneuh Ciamis dan Grand Canyon Amerika Serikat

Cukang Taneuh Ciamis (kiri) dan Grand Canyon AS (kanan) [sumber gambar]
Lokasi di dalam negeri lainnya yang mirip dengan tempat wisata mancanegara lainnya juga bisa dijumpai di Cukang Taneuh Ciamis, Jawa Barat. Ngarai eksotis yang berada di sana – ditambah dengan aliran sungai, sekilas mirip dengan Grand Canyon yang berada di Colorado, Amerika Serikat. Hanya saja, Cukang Taneuh Ciamis lebih hijau dan teduh dibanding Grand Canyon yang terlihat kering.

BACA JUGA: 6 Destinasi Wisata Aneh yang Bikin Geleng Kepala

Beberapa dari kalian pasti pernah mengunjungi tempat-tempat luar biasa di atas. Bukan hanya soal liburan belaka, menangkap sinyal-sinyal alam dengan mengagumi keindahannya adalah esensi dari wisata yang sebenarnya. Selain itu, kita juga menyadari adanya kemiripan dari lokasi di atas dengan tempat-tempat terkenal yang ada di mancanegara.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Cerita Anak yang Bertemu Pelaku Bom Bali yang Sudah Tewaskan Orang Tua Mereka

Tak Ada Duanya! 7 Daerah Unik Ini Punya Nama Panjang dan Susah Dibaca