in

Teknologi Futuristik Yang Ternyata Sudah Tercipta

Talos Suit, terinpirasi dari baju besi milik Iron Man

Pasti ada di antara kamu yang mengkhayal seru sehabis nonton sebuah film sains fiksi. Misalnya aja menonton film bergenre robot dengan membayangkan nantinya dunia ini bakal dipenuhi oleh mesin-mesin berbentuk manusia tersebut. Well, meskipun nggak secanggih yang ada di berbagai film, diam-diam para peneliti hebat udah bikin lho berbagai alat canggih yang mungkin kamu belum tahu kalau udah eksis.

Mulai dari lengan bionik yang terkoneksi dengan otak, robot keluarga yang  bisa diajak curhat, sampai deretan alat keren yang bikin tugas manusia jadi jauh lebih mudah. Nah, apaan aja sih teknologi futuristik yang udah tercipta saat ini? Simak deh ulasan keren berikut.

1. Thought Controlled Prosthetics

Yup, seperti namanya, Prosthetics sederhananya adalah cara gimana untuk membuat organ tubuh palsu yang bisa dipakai manusia. Pada perkembangannya, Prosthetics hanya sebatas aksesoris aja, namun kini peneliti udah berhasil membuat level up dari benda ini.

Tangan bionic yang bisa dikendalikan otak udah ada lho [Image Souce]
Tangan bionic yang bisa dikendalikan otak udah ada lho [Image Source]
Nggak hanya digunakan sebagai pelengkap aja, kini udah ada organ gerak buatan yang benar-benar berguna sebagaimana seharusnya. Lewat mekanisme rumit yakni menghubungkan kabel-kabel organ buatan dengan otak, si pengguna mampu untuk mengontrol organ buatan tersebut. Kira-kira mirip Terminator deh, dimana kamu pasti pernah menyaksikan adegan ketika Arnold schwarzenegger mengupas lengannya yang terdiri dari kabel dan besi-besi. Keren yah?

2. Robot Jibo

Khayalan manusia tentang robot udah ada sejak dahulu. Pasti kamu juga pernah membayangkan asiknya berteman dengan robot ala Astroboy atau Chappie. Nggak perlu nunggu puluhan tahun lagi, karena hal tersebut udah bisa kamu lakukan sekarang juga. Lewat sebuah robot unik bernama Jibo ini.

Temen curhat robot? Bisa! [Image Source]
Temen curhat robot? Bisa! [Image Source]
Mungkin bentuknya sama sekali jauh dari dugaanmu, tapi kalau dilihat dari fungsinya benar-benar seperti robot canggih. Jibo bisa dibilang sebagai asisten rumah tangga terbaik. Ia bisa mengontrol semua device rumahmu, merekomendasikan hiburan apa yang pas, dan juga yang paling penting adalah bisa diajak curhat alias udah mampu berkomunikasi penuh. Bisa jadi temen terbaik manusia tuh!

3. 3D Printing

Terasa nggak kalau beberapa tahun ini dunia seakan makin pesat perkembangan alat-alatnya? Bisa dibilang hal tersebut lantaran alat printing 3 dimensi ini. Berkat 3D printing, kini manusia nggak perlu lagi susah-susah ketika mendesain sesuatu. Cukup masukkan kode-kode, biarkan alat ini bekerja dan hasilnya sangat fantastis.

3D printing berperan penting menciptakan masa depan [Image Source]
3D printing berperan penting menciptakan masa depan [Image Source]
Kalau dulu sih 3D printing hanya bisa bikin benda-benda yang nggak rumit konstruksinya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, alat ini udah berkembang lewat kemampuannya mencetak objek 3 dimensi yang rumitnya luar biasa. Penggunaannya pun untuk berbagai hal. Mulai bidang konstruksi sampai medis. Kehadiran alat ini sebenarnya udah membawa kita ke masa depan sedikit demi sedikit.

4. Lily Drone

Drone lagi happening banget nih, tapi kalau ngomongin yang paling canggih maka nggak ada yang bisa mengalahkan keunggulan Lily Drone. Ada banyak alasannya kenapa bisa begitu. Misalnya, kamu sama sekali nggak perlu kontroller untuk mengendalikan alat ini. Cukup di lempar ke udara, si drone canggih ini bakal mengikutimu kemana pun pergi.

Lily Drone, quadchopter paling canggih saat ini [Image Source]
Lily Drone, quadchopter paling canggih saat ini [Image Source]
Yup, terlebih dulu kamu haru memakai semacam wearable device agar si Lily ini selalu mengikutimu. Seperti drone yang lain, alat canggih ini juga dibekali kamera dengan spesifikasi mumpuni. Sehingga hasil yang didapatkan nanti bisa sangat keren. Selain multi manuver atau bisa melakukan berbagai gerakan sesuai keinginan si empunya, Lily juga bisa waterproof alias tahan air. Mana ada sih yang lengkap kayak gini?

5. Tesla Car

Parahnya tingkat polusi di berbagai negara memaksa peneliti untuk memikirkan alternatif yang bisa membantu. Misalnya aja membuat mobil testa. Belakangan, mobil bertenaga listrik ini ramai dibicarakan karena semua keunggulan yang ada di dalamnya. Misalnya, zero emission karena pakai listrik hingga segala kecanggihan yang ada di dalamnya.

Tesla car, awal dari masa depan dunia otomotif [Image Source]
Tesla car, awal dari masa depan dunia otomotif [Image Source]
Paling keren adalah teknologi canggih yang ada di dalamnya. Mulai dari sematan fitur keselamatan mutakhir hingga keunggulan integrasi dengan mobile device. Canggih, bebas polusi dan modelnya yang keren, udah pasti era otomotif masa depan bakal nggak jauh dari ini.

6. Talos

Ngomongin alat militer masa depan bernama Talos bisa berarti baik dan buruk. Baik, ketika alat ini digunakan semestinya, seperti memerangi kejahatan, terorisme dan lain sebagainya. Buruk, kalau di masa depan nanti bakal banyak negara yang memfasilitasi tentaranya dengan alat ini dan bakal pecah perang sengit tiada akhir.

Talos Suit, terinpirasi dari baju besi milik Iron Man [Image Source]
Talos Suit, terinpirasi dari baju besi milik Iron Man [Image Source]
Yup, army suit bernama Talos ini mungkin bakal jadi awal mulanya. Benda militer canggih ini benar-benar alat perang sempurna. Ketika dipakai, si user-nya bakal kebal peluru, serta sentuhan robotik di dalamnya juga membuat pengguna sama sekali nggak merasakan beban berat. Belum lagi sensor canggih untuk mengetahui medan sekeliling. Bisa dibilang alat ini mirip dengan Iron suit milik Tony Stark walaupun nggak bisa terbang.

7. Touch Table PC

Pernah lihat control room S.H.I.E.L.D yang ada di film Avenger? Di sana ada deretan meja yang yang permukaannya tergambarkan banyak proses canggih. Kalau kamu menyangka bakal lama banget alat semacam ini diciptakan, maka tebakanmu sama sekali salah. Udah ada lho touch table PC seperti itu dan tinggal tunggu dirilis aja.

Ngopi sambil menikmati hiburan bisa langsung dari meja [Image Source]
Ngopi sambil menikmati hiburan bisa langsung dari meja [Image Source]
Dilihat dari namanya, mungkin kamu udah mengerti fungsi dari alat tersebut. Ini adalah benda yang menggabungkan pc touch dan sebuah meja. Jadi, sambil kamu ngopi di pagi hari, bisa tuh baca headline di berbagai lini masa online. Penggunaannya sendiri juga seperti PC dimana kamu bisa melakukan apa pun. Mulai hal-hal yang berkenaan dengan produktivitas hingga hiburan.

8. Bendable Smartphone

Apple dulu bikin gebrakan karena untuk pertama kali menciptakan smartphone yang nggak ada tombolnya alias touch screen. Perkembangan smartphone layar sentuh sendiri sekarang masih berkisar di ranah spesifikasi. Belum kepada teknologi yang benar-benar baru. Nah, kalau ngomongin teknologi apa yang bakal berkembang setelah layar sentuh, mungkin jawabnya adalah Bendable Smartphone.

Setelah layar sentuh, bendable smatphone bakal happening nanti [Image Source]
Setelah layar sentuh, bendable smatphone bakal happening nanti [Image Source]
Seperti namanya, smartphone ini punya fleksibilitas yang keren dengan kemampuan lengkungnya. Bentuknya juga tipis dan ringan sehingga bakal aman ketika terjatuh. Keunggulan lain adalah smartphone ini dibuat dari material berkualitas anti rusak dan juga waterproof. Dilansir dari berbagai media, beberapa waktu lagi para brand besar bakal merilis smarphone dengan keunggulan semacam ini. Tungguin aja!

9. Bionic Eye

Human health juga jadi fokus penelitian para teknokrat saat ini. Selain Prosthetics yang bisa dikontrol, satu yang jadi concern mereka adalah bionic eye. Bakal jadi langkah besar nih kalau sampai benda ini tercipta. Pasalnya, kehadirannya bakal sangat berguna khususnya untuk mereka yang mengalami disabilitas dalam penglihatan.

Bakal banyak orang buta terselamatkan lewat teknologi bionic eye [Image Source]
Bakal banyak orang buta terselamatkan lewat teknologi bionic eye [Image Source]
Udah ada progres baik tentang alat ini. Bionic eye udah pernah diuji coba kepada salah satu pasien buta yang untuk pertama kali bisa melihat outline dari obyek yang dilihatnya. Tinggal sedikit penyempurnaan, maka alat ini bisa difungsikan penuh.

10. AeroMobile

Salah satu konsep masa depan yang banyak digadang adalah mewadahi berbagai fungsi hanya dengan satu alat aja. Ambil contoh misalnya mobil terbang. Dulu, mungkin kendaraan ini cuma impian bocah di tidur siang aja, tapi siapa yang menyangka kalau saat ini udah ada mobil semacam itu.

Ketika mobil terbang udah bukan imajinasi lagi [Image Source]
Ketika mobil terbang udah bukan imajinasi lagi [Image Source]
Perkenalkan AeroMobile, mobil yang nggak hanya bisa dipakai di jalan aja, tapi juga bisa diajak terbang. Bentuknya compact sehingga nggak ubahnya seperti mobil biasa. Namun ketika dibutuhkan, sayap yang foldable itu bisa dikembangkan dan terbang. Uniknya lagi, AeroMobil juga bisa disimpan di garasi rumah.

Nggak nyangka kan kalau deretan alat di atas benar-benar udah ada? Padahal dulu sih cuma jadi imajinasi yang bikin kita ditertawain banyak orang. Setelah ini mungkin manusia bakal mampu melakukan perjalanan lintas dimensi atau bahkan ke luar tata surya seperti yang ada di film-film. Kita tunggu aja deh gimana perkembangan teknologi ke depan.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

7 Istilah Dalam Bahasa Indonesia yang Susah Diterjemahkan ke Bahasa Asing

7 Foto Misterius Yang Pernah Tertangkap Kamera