Dari tahun ke tahun, semakin banyak tayangan televisi yang digantikan oleh program terbaru. Sejak zaman dahulu kala, ada banyak sekali tayangan yang kita cintai dan dianggap legendaris. Sebaliknya, saat ini, kebanyakan program yang ada di televisi dianggap tidak bermutu, hanya cari sensasi, dan tak mendidik.

Sekarang, mari kita flashback ke beberapa belas tahun silam, saat tayangan-tayangan televisi menjadi hiburan utama netizen. Kita mulai dari tayangan yang ada di Indosiar dulu ya. Inilah jenis program yang bisa membuat para penonton enggan beranjak dari tempat duduknya.

Serial Misteri a.k.a naga-nagaan

Kamu yang lahir di tahun 90-an pasti paham betul dengan serial kolosal yang tayang di Indosiar ini. Serial Misteri ini meliputi Misteri Gunung Merapi, Angling Dharma, Tutur Tinular, hingga Keris Empu Gandring. Semuanya bercerita tentang kerajaan zaman dahulu kala yang pernah eksis di Indonesia. Yang khas dari tayangan ini adalah dandanan para aktor dan aktrisnya, serta efek CGI yang tidak begitu memukau. Tetapi, untuk saat itu, menonton serial kolosal ini hingga beratus episode adalah hal yang menyenangkan.

Sinetron Si Doel

Si Doel [sumber gambar]
Tayang pada tahun 2002-2006, Si Doel bercerita tentang kehidupan keluarga Doel, keluarga Betawi yang tetap mempertahankan nilai-nilai tradisional meskipun hidup di tengah-tengah arus perkotaan dan modernisasi. Tayang selama 7 musim, serial Doel ini menjadi tontonan wajib yang enggak boleh dilewatkan. Bahkan, sekarang ada Si Doel The Movie (1-3) yang tayang di bioskop.

Indonesia’s Got Talent

Indonesia’s Got Talent atau Indonesia Mencari Bakat (IMB) adalah ajang pencarian bakat, di mana setiap orang bisa ikut asalkan punya keahlian yang bisa ditampilkan di depan kamera. Tayang pada 2020 di Indosiar, ada banyak sekali orang yang betah berlama-lama menonton program televisi yang satu ini. Ada banyak sekali nama dan talent yang menjadi lulusan IMB ini, seperti Klantink, Fay Nabila, Hudson, Putri Ayu, dll.

Take Me Out Indonesia

Take Me Out Indonesia ini terinspirasi dari pencarian jodoh Take Me Out yang ditayangkan di televisi Amerika Serikat. Take Me Out sendiri akan menghadirkan pria dan wanita lajang yang sedang mencari pasangan. Orang yang mencari jodoh akan unjuk kebolehan, memperkenalkan diri, serta menjelaskan tipe pasangan ideal mereka. Take Me Out sendiri dibagi menjadi dua, seleb dan non-seleb. Acara ini cukup menarik perhatian, terutama mereka yang jomblo dan hanya bisa melihat ke-uwu-an pasangan lain di televisi.

Ajang pencarian bakat bidang tarik suara

Dari dulu hingga sekarang, ajang tarik suara menjadi hal yang terus berkembang. Di Indosiar sendiri cukup banyak ajang tarik suara yang sempat populer dan banyak diikuti oleh para penyanyi. Mulai dari MamaMia Show, The Voice Indonesia, serta acara-acara dangdut yang masih berlangsung hingga saat ini. Siapa yang betah nonton dangdut hingga tengah malam, yuk ngacung!!

BACA JUGA: Lama Tak Ada Kabar, Begini Penampilan Para Pemain Kolosal yang Pernah Hits Pada Masanya

Program-program televisi tersebut menjadi penghibur, karena zaman dulu belum ada smartphone dan teknologi tidak secanggih saat ini. Sekarang? Wah, mungkin jarang sekali ada orang yang mau berlama-lama di depan televisi. Kebanyakan mereka lebih memilih media sosial dan juga YouTube, yang konon katanya lebih dari televisi.